Mobil Listrik BYD di Indonesia Pakai e-Platfrom 3.0 dan CTB Technology, Apa Hebatnya?

Sebagai salah satu produsen mobil listrik terkemuka di dunia asal Negeri Tirai Bambu, BYD Indonesia menawarkan kendaraan listrik dengan mengusung teknologi modern yang dapat memberikan kenyamanan sekaligus keamanan selama berkendara.

Menginjak usia yang ke 29 tahun, awalnya BYD merupakan sebuah perusahaan yang berfokus dalam industri baterai.

BYD F3

“Dimulai dari tahun 1995 dari perusahaan baterai yang berkejasama dengan beberapa perusahaan handphone dunia, BYD masuk ke industri otomotif pada 2003. Mobil pertama BYD saat itu adalah BYD F3, mobil bermesin ICE (Internal combustion engine),” ujar Jacob Ma, Head of Training BYD Asia Pasific; Assistant President Director BYD Motors Indonesia kepada rekan media dalam acara “Tech Auto Talk”,  Rabu (21/2).

Ditambahkan Jacob, setelah BYD F3 perusahaan meluncurkan BYD F3DM, "BYD F3DM ini pertama kalinya BYD memproduksi mobil hybrid di dunia. DM sendiri merupakan singkatan dari Dual Mode," imbuhnya.

Baca juga: BYD dan Bank Mandiri Kerjasama, Bakal Lebih Banyak Kredit Mobil Listrik Terjangkau

BYD Dolphin

Sebagai pelopor dalam kendaraan dengan teknologi New Energy Vehicle (NEV), pada 2021 BYD memperkenalkan teknologi seperti Blade Battery, DM-I Super Hybrid, e-Platform 3.0, CTB Technology, e4 Plattorm, DiSus Intelligent Body Control System dan beberapa lainnya.

Sebagai informasi, ketiga mobil listrik BYD Indonesia yang sudah dijual di dalam negeri, semuanya ditopang menggunakan sasis dengan struktur e-Platform 3.0.

"BYD Dolphin merupakan produk pertama yang menggunakan e-Platform 3.0 dan disusul dengan model lainnya Atto 3 dan Seal," jelasnya.

Dirancang secara khusus untuk mobil listrik BYD, e-Platform 3.0 merupakan susunan struktus sasis yang terinspirasi dari pola sarang lebah.

BYD Atto 3

e-Platform 3.0 diklaim mampu memberikan keamanan lebih baik saat mobil menerima impact tabrakan.

Energi impact dari tabrakan bisa diserap dari susunan yang terinspirasi dari pola sarang lebah tersebut.

Tak hanya itu, dengan penggunaan platform ini baterai yang terpasang juga dapat meningkatkan susunan struktur sasis yang aman terhadap benturan.

Baca juga: Jadi Raja Mobil Listrik China, BYD Mau Buat Rekor Baru di Indonesia

Mobil Listrik BYD Seal Indonesia Dilengkapi Teknologi CTB Technology

BYD Seal

Selain e-Platform 3.0, teknologi lainnya yang menjadi keunggulan mobil listrik BYD adalah CTB Technology.

“Selain e-Platform 3.0, khusus BYD Seal mengadopsi teknologi CTB (Cell-to-Body technology) pada struktur rangkanya. Teknologi yg ada di Seal ini merupakan sebuah formula yang disematkan dan bisa membuat kendaraan itu mendukung safety dilain sisi juga bisa membantu handling, dimana bisa meningkatkan safety namun juga kenyamanan,” serunya.

Menempati segmen sedan medium, untuk pasar Tanah Air BYD Seal hadir dalam dua varian, yakni; Premium Extanded Range yang dibandrol Rp629.000.000 dan Rp719.000.000 untuk tipe teratasnya Performance.

CTB Technology

Varian Premium Extanded Range mengandalkan motor listrik tunggal yang diletakan di belakang dengan perolehan tenaga maksimal 313 PS, serta torsi maksimal 360 Nm.

Sedangkan tipe teratasnya Seal Performance dipadukan dua motor listrik yang dapat menggerakan semua roda dengan menghasilkan tenaga sebesar 530 PS dan torsi 670 Nm.

Keduanya sama-sama dibekali baterai berkapasitas 82,56 kWh, dengan varian Premium Extanded Range memiliki jarak tempuh 650 kilometer, dan 580 kilometer untuk tipe Preformance.

Untuk akselerasi tercepatnya 0-100 km hanya membutuhkan 3,8 detik, dengan pengisian daya cepat 150 kW dari 30% hingga 80% cuma perlu 26 menit.

BYD Seal tes akselerasi

“CTB Technology ada pada Seal karena sedan butuh handling bagus. Teknologi ini diterapkan lebih ke sedan supaya dapet center gravity kebih bagus. Dengan adanya CTB maka rangkanya juga bisa dibikin ringan namun harus kuat supaya dapat handling bagus dan kaku supaya depan belakang akan saling mengikuti,” tutup Jacob.

Baca juga: Mau Kredit BYD Seal? Segini DP dan Cicilan Bulanannya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

BYD Seal

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise baru-baru ini diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Kehadiran Ertiga Hybrid Cruise menggantikan Ertiga Hybrid Suzuki Sport sebagai varian teratas. Pada peluncurannya, Ertiga Hybrid Cruise dibandrol mulai dari Rp288 juta sampai dengan Rp301 juta OTR Jakarta. Harga Suzuki Ertiga Hybrid Cruise OTR Jakarta All New Ertiga Hybrid Cruise (AT / Cool Black): Rp299.000.000 All New Ertiga Hybrid Cruise (AT / Two Tone Pearl Snow White): Rp301.000.000 All New Ertiga Hy
Mobil terlaris di Januari 2024 ternyata jatuh pada Daihatsu Sigra dengan penjualan mencapai 5.659 unit. Berdasarkan catatan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada Januari 2024, total wholesales atau penjualan pabrik ke dealer mencapai 69.619 unit. Jumlah penjualan di Januari 2024 ini juga mengalami penurunan sekitar 18,4 persen dari bulan sebelumnya yaitu Desember 2023 yang tercatat 85.284 unit. Baca juga: Toyota Kijang Innova Jadi Mobil Terlaris 2023, Bagaimana Nasib Avanza?
Sejumlah perusahaan pendukung otomotif ikut meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, tak terkecuali PT Elangperdana Tyre Industry yang dikenal dengan brand ban Accelera turut meluncurkan produk terbaru. Tak tanggung-tanggung, Accelera menghadirkan tiga ban anyar yaitu Accelera 351 Sport GD, Forceum EXP Sport, serta Accelera Badak X-Treme dengan ukuran baru. Menurut Managing Director PT Elangperdana Tyre Industry Dicky Mursalie, ketiga ban baru ini sengaja dihadirkan untuk
Tengok dulu spesifikasi lengkap Chery Tiggo 5X yang baru diluncurkan oleh Chery Indonesia. Ya, Chery Tiggo 5X ternyata bukan cuma sekedar ditampilkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, namun SUV terkecil Chery ini sudah mulai dijual. Selasa, 20 Februari 2024, PT Chery Sales Indonesia (CSI) secara resmi mengumumkan harga Pre-Booking untuk Tiggo 5X. Harga Chery Tiggo 5X ditetapkan mulai dari Rp269 juta sampai Rp299 juta, tapi menariknya, selama perhelatan IIMS 2024 di JIExpo
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) terus memanjakan hati konsumen di Tanah Air yang telah melakukan pembelian produknya, baik model konvensional maupun listrik. Ya, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, konsumen yang membeli mobil Hyundai bisa mendapatkan penawaran dua program terbaru, yang sebelumnya disebut Hyundai Owner Assurance, yaitu Hyundai Jaga, Hyundai Jamin. Menurut Head of Sales Strategy Department PT Hyundai Motors Indonesia, Christian Abraham Gandawinata, program

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Milyar

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • BYD Seal
    Belum Tersedia
    VS
    Toyota bZ4X
    Belum Tersedia
    Seal vs bZ4X
BYD Seal
Lihat