BYD Seal U SUV 2024 Bakal Rubuhkan Dominasi Tesla di Eropa

BYD Seal U SUV 2024 resmi memulai kiprahnya tahun ini setelah melantai di pameran Geneva International Motor Show (GIMS) 2024.

Strategi tampil di GIMS 2024 memang bagian dari rencana BYD untuk menawarkan varian terbaru dari Seal untuk pasar Eropa.

Di sana, Seal U akan berjuang merebut hati para penggemar yang kebanyakan sudah fanatik dengan brand-brand dari Benua Biru.

Karenanya, Seal SUV harus menghadapi persaingan dari Peugeot 3008 atau Skoda Karoq, yang secara dimensi punya ukuran cukup identik.

Adapun Seal versi SUV ini sebenarnya sudah di jual di negara asalnya, China, dengan nama BYD Song, cuma tampilannya sedikit berbeda dengan Seal U.

Baca juga: Daftar Finalis World Car Awards 2024, BYD Seal Masuk Kandidat

Melirik Spesifikasi BYD Seal U SUV 2024

Ukuran tubuhnya mirip Toyota Fortuner

Karena tetap membawa nama Seal, maka mau tidak mau kita akan sedikit membandingkan dengan Seal sedan.

Dari segi desain, fascia Seal SUV cukup banyak perbedaan dibanding versi sedan empat pintunya.

Lihat saja bagaimana desain bemper depan yang diberi aksen garis-garis horizontal, beda dengan Seal sedan dimana aksennya cuma ada di sisi kiri dan kanan bemper.

Kemudian bentuk lampu utama Seal SUV juga tidak seruncing versi sedannya, meskipun desain LED DRL yang dipakai tetap sama.

Lanjut ke samping juga beda sekali antara sedan dengan versi SUV, karena BYD melakukan garis desain yang lebih tegas di Seal U, termasuk velg 19 inci yang juga dibuat lebih terlihat kokoh.

Dari belakang terlihat lebih kekar

Desain yang kekar ini juga dilanjutkan pada lekuk tubuh bagian belakang dari Seal U, karena disini cukup banyak lekukan tegas yang dibuat oleh BYD.

Mobil ini juga jauh lebih besar ketimbang versi sedannya, karena memiliki panjang 4.775 mm, lebarnya 1.890 mm, dengan tinggi tubuh 1.670 mm.

Kalau dibanding dengan mobil yang cukup populer di Indonesia, Seal U sedikit lebih kecil dari Toyota Fortuner (Spesifikasi | Berita) GR Sport.

Perbandingan Dimensi
  BYD Seal U Toyota Fortuner
Panjang 4.775 mm 4.795 mm
Lebar 1.890 mm 1.855 mm
Tinggi 1.670 mm 1.835 mm

Untuk pasar Eropa, mobil ini akan hadir dalam dua versi, yaitu bertenaga listrik murni dengan baterai (BEV), serta yang tipe Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Tampilan interiornya (Foto: Autocar.uk)

Keduanya sama-sama menggunakan e-Platform 3.0 yang serupa dengan Seal sedan, serta memiliki kemampuan untuk fast-charging berkekuatan 150 kW.

Versi BEV menggunakan baterai Lithium-Iron Phosphate (LFP) BYD Blade Battery berkapasitas 71 kWh dengan daya jelajah 598 kilometer (km), dan varian lain yang pakai baterai 87 kWh dengan daya jelajah 696 km dengan metode CLTC.

Untuk motor listriknya sendiri juga hadir dalam dua model, pertama yang sanggup menghasilkan daya puncak 202 PS, satu lagi berdaya 216 PS.

Adapun untuk BYD Seal U PHEV 2024 masih tetap menggunakan mesin bensin 1.500 cc yang berkekuatan 105 PS.

Tetapi mesin ini dikombinasikan baterai berkapasitas 18,3 kWh, serta motor listrik berdaya maksimum 194 PS.

Ada varian BEV dan PHEV

Pada mode full listrik, baterai bisa membuat mobil ini melaju sejauh 109 km di kecepatan rendah sampai sedang tanpa membutuhkan dukungan dari mesin bensinnya.

BYD kabarnya akan merilis harga BYD Seal U SUV 2024 untuk pasar Eropa dengan harga yang mengejutkan.

Bersaing dengan Tesla Model Y, Seal versi SUV ini diperkirakan punya banderol pada kisaran Rp800-850 juta untuk pasar Eropa.

Langkah tersebut tentunya akan menjadi kejutan terbaru dari BYD setelah sebelumnya menghadirkan Dolphin dan Atto 3 untuk pasar wilayah yang sama, juga dengan harga di bawah pesaingnya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

BYD Seal

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Pemenang penghargaan mobil terbaik dunia tahun ini atau World Car Awards 2024 akan diumumkan di acara final, yang digelar di New York Motor Show 2024, pada 27 Maret 2024 mendatang. Sebelumnya, saat ajang Geneva International Motor Show 2024 pada 26 Februari lalu, sejumlah mobil yang masuk dalam kandidat daftar mobil terbaik dunia 2024 sudah diumumkan. Nah, untuk menjadi yang terbaik dalam ajang World Car Awards 2024, mobil-mobil baru yang diluncurkan secara global itu kemudian dipilih oleh 100 j
Ford Territory 2024 mungkin akan menjadi mobil baru Ford di Indonesia untuk tahun depan. Pihak RMA Indonesia berniat membawa satu produk baru berjenis SUV yang kabarnya punya dimensi sedikit lebih kecil dari Ford Everest. Informasi ini dibocorkan langsung oleh Dr. Steven Beteng selaku Direktur Sales dan Marketing RMA Indonesia. Menurutnya, tahun depan pihak RMA Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Ford di Indonesia tengah mempersiapkan produk baru. "Tahun depan kita ada produk yang b
BYD F3 merupakan mobil pertama pabrikan otomotif asal Negeri Tiongkok yang sekilas mirip dengan Toyota Corolla Altis gen 1 di bagian depan dan Honda City GD8 pada sisi buritan. Sebagai informasi, Build Your Dream (BYD) Company Limited atau BYD, adalah perusahaan teknologi dan manufaktur yang didirikan pada tahun 1995 oleh Wang Chuanfu berpusat di Shenzhen, Guangdong, Cina. “Mobil pertama BYD saat itu adalah BYD F3, mobil bermesin ICE (Internal Combustion Engine),” ujar Jacob Ma, Head of Training
Layanan after sales service atau purna jual menjadi bagian yang dianggap penting bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia. Hal ini pula yang membuat PT ADM kembali menggelar kontes keterampilan after sales service Daihatsu melalui Daihatsu National Skill Contest (DNSC) 2024. Untuk kali ini, ajang tahunan dengan tema Optimizing After Sales People’s Competency to Enhance Customer Satisfaction, diikuti para kontestan yang merupakan teknisi, Foreman (Kepala
Memberikan kenyamanan sekaligus kepercayaan konsumen, PT NETA Auto Indonesia menghadirkan layanan Roadside Assistance 24 Jam. Sebelumnya pabrikan otomotif yang berada di bawah naungan Hozon Auto tersebut juga memiliki layanan berupa menawarkan Lifetime Warranty Unlimited Kilometers & Periods untuk pembelian unit Neta V serta 1 tahun periode gratis biaya perawatan berkala di bengkel resmi. Untuk garansi yang ditawarkan meliputi; jasa, spare parts dan material lainnya menjadi 5 tahun atau dengan j

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Milyar

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

BYD Seal
Lihat