Rp 196,75 - 240,65TBC Juta

Harga Daihatsu Xenia 2021 di Indonesia

Spesifikasi Daihatsu Xenia
SegmenSegmen B
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakAT / MT
Kapasitas mesin1.3 - 1.5L
Tenaga97 - 104PS
Tempat Duduk7

Daihatsu Xenia 2021 - 2022 ditawarkan dalam 10 varian - mulai Rp 196,75Juta hingga Rp 240,65Juta , varian entry levelnya yaitu Daihatsu Xenia 1.3 X MT Rp 196,75Juta dan varian tertingi Daihatsu Xenia yaitu Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe AT ditawarkan dengan harga Rp 240,65Juta.

Kelebihan&Kekurangan Daihatsu Xenia

Kelebihan

  •   Kabin di Ruang Kemudi Terasa Luas  

Kekurangan

  •   Finishing Material Dashboard Pas-pasan, Tak Sesuai dengan Harganya  
  •   Bantingan Suspensi Daihatsu Xenia 2022 Agak Keras, Serasa Naik Double Cabin  
  • Overview
  • Interior
  • Mesin dan Performa
  • Kenyamanan
  • Overview

    Daihatsu Xenia generasi ketiga telah resmi meluncur pada pekan lalu. Sosok low MPV ini berubah total semenjak memakai platform DNGA. Hadirnya platform tersebut membuat Daihatsu Xenia 2022 lebih pipih namun dengan optimalisasi ruang yang cukup baik.

    Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang membuat semuanya serba baru dan canggih. DNGA adalah platform terbaru dari Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

    Salah satu unsur DNGA ialah memakai penggerak roda depan alias FWD. Alasannya, karena front wheel drive ini membuat kabin atau interiornya lebih lapang meskipun ukurannya kompak. Lantas, apakah DNGA ini berpengaruh pada aspek fun to drive dan kenyamanan berkendara?

    Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kami tim Autofun Indonesia lantas melakukan sesi first drive di ajang GIIAS 2021. Apakah banyak improvement di Daihatsu Xenia 2022? Simak ulasannya berikut ini.

  • Interior

    Interior Daihatsu Xenia 2022

    Saat berkendara Xenia di generasi pertama dan kedua, sensasi duduk di kursi pengemudi hampir tidak ada bedanya. Berkonsep dashboard sederhana supaya lega dan pandangan di kaca depan leluasa.

    Namun pada generasi ketiga, desain dashboard Xenia begitu complicated dengan banyak garis tegas. Meskipun demikian kesan lega tetap dijaga, salah satunya dengan pemakaian setir baru yang diameternya sedikit lebih kecil.

    Desain dashboard di Daihatsu Xenia 2022 bergaya multi layer, yang mengingatkan kita akan bentuk Toyota Sienta. Desain yang landai di sisi atas dashboard ini memberikan kesan lega dan visibilitas yang luas. 

    Kabinnya juga lebih kedap dengan pintu yang terasa lebih berat. Kami rasa, Daihatsu turut meningkatkan sisi peredaman kabin di bagian pintu, termasuk kualitas karet pintunya. Ini bisa kita rasakan saat menutup pintu, suaranya 'jjleeeebbb'.

    Hal yang patut diapresiasi dari desain Daihatsu Xenia generasi ketiga ini ialah soal visibilitas mengemudi. Kita tahu kalau kap mesin Xenia ini cukup besar, namun saat di balik kemudi sensasinya seperti mengendarai GranMax atau mobil dengan kap pesek. 

  • Mesin dan Performa

    Performa Daihatsu Xenia

    Hal lain yang bisa kita apresiasi dari platform DNGA dari Daihatsu Xenia ialah sensasi berkendara mobil ini yang lincah. Untuk berkendara di dalam kota jelas fun to drive, apalagi sudut beloknya kecil sehingga gampang bermanuver. 

    Platform ini mengatasi masalah khas yang biasa terjadi di mobil penggerak roda depan yaitu sudut beloknya cukup besar sehingga sulit untuk berbelok patah. Dengan demikian, Xenia bisa bermanuver secara presisi di jalan sempit khas perkotaan. Feedback setirnya juga pas, tidak terlalu ringan tapi juga tidak berat. 

    Itu tadi sekilas soal sensasi berkendara dari Daihatsu Xenia 2022. Bagaimana dengan performa mesin 1.500 cc dipadukan transmisi CVT? 

    Sensasi Berkendara Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS, Makin Responsif?  

    Berbekal platform baru DNGA, PT Astra Daihatsu Motor juga mengubah sistem transmisi pada Daihatsu Xenia generasi ketiga. Transmisi otomatis konvensional 4-percepatan kini digantikan oleh CVT. Karakter khas CVT ini cukup halus saat akselerasi karena tidak ada jeda seperti di matic konvensional. 

    Untuk kinerja CVT di Daihatsu Xenia 2022 cukup responsif tapi jelas tidak bisa diajak berkendara urakan. Maksudnya, saat kickdown masih ada jeda antara injakan gas dengan akselerasi mobil. Lain cerita kalau kita ngegasnya diurut, CVT ini memberikan performa yang terus mengisi. 

    Sebagai catatan, kalau pakai mode D ini transmisi CVT-nya diset pada rasio pulley yang paling efisien. Artinya, putaran mesin dijaga serendah mungkin supaya konsumsi bahan bakar tetap irit. Kalau ingin makin responsif, kita tinggal geser tuas transmisi ke mode S. 

    Sistem komputer akan menjaga rasio pulley primer dan sekunder CVT supaya menghasilkan tarikan yang 'njengat'. Kalau butuh torsi besar di putaran bawah untuk di tanjakan, tinggal masuk mode manual gigi 1. Cara ini untuk mensiasati ketiadaan opsi L atau 1 pada tuas transmisinya. Jadi, kita bisa tetap mampu melahap tanjakan dengan torsi yang ideal. 

  • Kenyamanan

    Kenyamanan Daihatsu Xenia 2022

    Poin minus lainnya yang kami rasakan dari Daihatsu Xenia 2022 ialah soal bantingan suspensinya yang stiff alias kenyal. Ini kami rasakan saat melewati obstacle speed trap yang disediakan. Mau itu dikebut atau dilewati pelan, rasanya sama-sama keras, hampir seperti naik mobil double cabin. 

    Kelebihan suspensi ini jelas minim limbung saat berkendara di kecepatan tinggi. Namun bila melewati jalan tanah berbatu di pedesaan, masih terasa guncangannya. Karena keterbatasan ruang test drive, kami pun tak bisa mengeksplorasi lebih jauh kemampuan Daihatsu Xenia 2022. 

Eksterior

Interior

FAQ Daihatsu Xenia

    • BasangGede

      BasangGede

      Berikut adalah Model dan varian Daihatsu Grand Xenia:

      VarianDaihatsu Grand Xenia 1.3 X MTDaihatsu Grand Xenia 1.3 R MTDaihatsu Grand Xenia 1.3 X ATDaihatsu Grand Xenia 1.3 X Deluxe MTDaihatsu Grand Xenia 1.3 R ATDaihatsu Grand Xenia 1.3 R Deluxe MTDaihatsu Grand Xenia 1.3 X Deluxe ATDaihatsu Grand Xenia 1.5 R Deluxe MTDaihatsu Grand Xenia 1.3 R Deluxe ATDaihatsu Grand Xenia 1.5 R Deluxe AT
      ModelDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand XeniaDaihatsu Grand Xenia
    • 20Colin35

      20Colin35

      Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak tersedia di Jumlah speaker.

    • Ariadna R

      Ariadna R

      Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak tersedia di Ambience light.

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Xenia 1.3 X MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Model Populer

VS