
Daihatsu Xenia
Varian dan Harga Daihatsu Xenia
BeritaDaihatsu Xenia

• Daihatsu Xenia
Simak Perbedaan Daihatsu Xenia Gen 1 Tipe Li dan Xi, Bukan Cuma Soal MesinMungkin sebagian masih ada yang belum tahu apa saja perbedaan Daihatsu Xenia (Spesifikasi | Berita) Li dan Xi. Jadi, ketika...
Enda
19.11.2024

• Daihatsu Xenia
Pasar Mobil Baru Rp 300 Jutaan Makin Terjepit Akibat Daya Beli Terus BerkurangSegmen mobil baru Rp 300 jutaan saat ini dianggap yang memiliki pangsa pasar paling gemuk di Indonesia. Umumnya kelas ini...
Prasetyo
10.11.2024

• Daihatsu Xenia
Siapa LMPV Paling Irit Konsumsi BBM di Indonesia, Avanza, Ertiga, Xpander, atau Stargazer?Pertanyaan mengenai siapa LMPV paling irit konsumsi BBM mungkin menjadi hal yang cukup sering ditanyakan belakangan ini. Mengingat harga Bahan...
Prasetyo
17.10.2024

• Daihatsu Xenia
Harga Baru Selisih Tipis, Daihatsu Xenia 1.3 R CVT vs Toyota Avanza 1.3 E CVT Mending Mana?Daihatsu Xenia 1.3 R CVT vs Toyota Avanza 1.3 E CVT untuk harga barunya saat ini hanya selisih Rp150 ribu....
Enda
19.08.2024

• Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia ADS Terbaru Kini Pakai Warna Two ToneVarian Daihatsu Xenia kini semakin bertambah, setelah muncul Xenia ADS saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 kemarin. Menurut...
Herdi
29.07.2024

• Daihatsu Xenia
Awas, Kapasitas Oli Mesin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru Punya PerbedaanKapasitas oli mesin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru yang sudah menggunakan siste penggerak FWD (Front Wheel Drive) perlu diketahui bagi...
Enda
20.06.2024
Video Daihatsu Xenia
All-new Daihatsu Xenia 2022, Ini Pilihan LMPV Paling Masuk Akal First Drive
Daihatsu Xenia Baru Jadi Canggih, Paling Mahal Gak Sampai Rp 250 juta
Kelebihan&Kekurangan

Kelebihan
- Kabin di Ruang Kemudi Terasa Luas
- Interior Sporty, Bikin Daihatsu Xenia Jadi MPV Buat Kalangan Muda
- Pakai FWD, Suspensi Daihatsu Xenia 2022 Turut Di-upgrade
- Pakai FWD, Daihatsu Xenia 2022 Tetap Gahar di Jalan Menanjak

Kekurangan
- Finishing Material Dashboard Pas-pasan, Tak Sesuai dengan Harganya
- Bantingan Suspensi Daihatsu Xenia 2022 Agak Keras, Serasa Naik Double Cabin
- Material plastik di interior Xenia ini agak tipi dengan finishing kasar
- Tidak ada panel soft touch dan cuma ada panel plastik baik di pintu atau dashboard
- Desain Sofa Seat Bikin Sandaran Kursi Tengah Jadi Lebih Rendah
ReviewDaihatsu Xenia
- Overview
- Interior
- Mesin dan Performa
- Kenyamanan
Overview
Daihatsu Xenia generasi ketiga telah resmi meluncur pada pekan lalu. Sosok low MPV ini berubah total semenjak memakai platform DNGA. Hadirnya platform tersebut membuat Daihatsu Xenia 2022 lebih pipih namun dengan optimalisasi ruang yang cukup baik.
Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang membuat semuanya serba baru dan canggih. DNGA adalah platform terbaru dari Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.
Salah satu unsur DNGA ialah memakai penggerak roda depan alias FWD. Alasannya, karena front wheel drive ini membuat kabin atau interiornya lebih lapang meskipun ukurannya kompak. Lantas, apakah DNGA ini berpengaruh pada aspek fun to drive dan kenyamanan berkendara?
Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kami tim Autofun Indonesia lantas melakukan sesi first drive di ajang GIIAS 2021. Apakah banyak improvement di Daihatsu Xenia 2022? Simak ulasannya berikut ini.
Harga Toyota Avanza
Daftar Harga All New Daihatsu Xenia 2022 | ||
---|---|---|
Harga Daihatsu Xenia 1.3 M MT | Rp 190.900.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.3 X MT | Rp 193.900.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.3 R MT | Rp 204.000.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.3 X CVT | Rp 209.200.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.3 R CVT | Rp 219.300.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.5 R MT | Rp 221.000.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.5 R CVT | Rp 233.700.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA | Rp 242.400.000 |
Spesifikasi Daihatsu Xenia 2022
Mesin Daihatsu Xenia 2022 | ||
---|---|---|
Tipe | 1 NR-VE DOHC Dual VVT-I | 2 NR-VE DOHC Dual VVT-I |
Isi Silinder | 1.329 cc | 1.496 cc |
Tenaga Maksimum | 97.9 hp @ 6.000 rpm | 106 hp @ 6.000 rpm |
Torsi Maksimum | 121 Nm @ 4.200 rpm | 137 Nm @ 4.200 rpm |
Transmisi | CVT dan 5-percepatan manual | |
Sistem Penggerak | Rear-wheel-drive (RWD) |
Dimensi Daihatsu Xenia 2022 | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Tipe Varian | 1.3 M | 1.3X | 1.3 R | 1.5 R | 1.5 R ASA | |||||
MT | MT | CVT | MT | CVT | MT | CVT | CVT | |||
Rem Depan/Belakang | Disc, Ventilated / Drum, Leading – Trailing | |||||||||
Suspensi Depan | McPherson Strut | |||||||||
Suspensi Belakang | Torsion Beam | |||||||||
Velg | 185/65 R15 | 195/60 R16 |
Interior
Eksterior Daihatsu Xenia 2022
Hal yang membuat Daihatsu Xenia 2022 terlihat menarik ialah disematkannya lampu LED dengan penampilan modern, serta polished alloy wheel yang sporty, yang membuat tampil lebih futuristik. Selain itu, All New Xenia juga memiliki kabin dan bagasi yang luas, tiga baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi “sofa mode” untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Pada instrumen panel nya sendiri didesain untuk memberikan keleluasaan jarak pandang dalam berkendara.
Interior Daihatsu Xenia 2022
Saat berkendara Xenia di generasi pertama dan kedua, sensasi duduk di kursi pengemudi hampir tidak ada bedanya. Berkonsep dashboard sederhana supaya lega dan pandangan di kaca depan leluasa.
Namun pada generasi ketiga, desain dashboard Xenia begitu complicated dengan banyak garis tegas. Meskipun demikian kesan lega tetap dijaga, salah satunya dengan pemakaian setir baru yang diameternya sedikit lebih kecil.
Desain dashboard di Daihatsu Xenia 2022 bergaya multi layer, yang mengingatkan kita akan bentuk Toyota Sienta. Desain yang landai di sisi atas dashboard ini memberikan kesan lega dan visibilitas yang luas.
Kabinnya juga lebih kedap dengan pintu yang terasa lebih berat. Kami rasa, Daihatsu turut meningkatkan sisi peredaman kabin di bagian pintu, termasuk kualitas karet pintunya. Ini bisa kita rasakan saat menutup pintu, suaranya ‘jjleeeebbb’.
Hal yang patut diapresiasi dari desain Daihatsu Xenia generasi ketiga ini ialah soal visibilitas mengemudi. Kita tahu kalau kap mesin Xenia ini cukup besar, namun saat di balik kemudi sensasinya seperti mengendarai GranMax atau mobil dengan kap pesek.
Mesin dan Performa
Fitur Daihatsu Xenia 2022
Bicara fitur unggulanya, Daihatsu Xenia 2022 memperoleh New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual. Untuk sistem hiburannya, beberapa variannya disematkan head unit layar sentuh 9 inci bertipe floating yang modern serta around view camera 360 derajat.
Selain itu, Xenia terbaru turut disematkan fitur Window Jam Protection, Immobilizer, Rear parking Camera, new push start button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur new auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat.
Sebagai informasi, mobil ini juga mendapatkan steering switch control, key free system, security alarm, spion retractable dan card key yang mana dapat memberikan kemudahan serta keamanan kepada penggunannya.
Mesin Daihatsu Xenia 2022
Bicara soal dapur pacu, All New Xenia ditawarkan dengan dua pilihan mesin yang sama seperti generasi sebelumnya, yakni 1.3L dan 1.5L.
Untuk varian 1.3L dengan mesin 1NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc diketahui dapat menghasilkan tenaga 97.9 PS @6.000 rpm serta torsi 121 Nm @4.200 rpm. Sedangkan mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i mampu memeras tenaga hingga 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.
Performa Daihatsu Xenia 2022
Hal lain yang bisa kita apresiasi dari platform DNGA dari Daihatsu Xenia ialah sensasi berkendara mobil ini yang lincah. Untuk berkendara di dalam kota jelas fun to drive, apalagi sudut beloknya kecil sehingga gampang bermanuver.
Platform ini mengatasi masalah khas yang biasa terjadi di mobil penggerak roda depan yaitu sudut beloknya cukup besar sehingga sulit untuk berbelok patah. Dengan demikian, Xenia bisa bermanuver secara presisi di jalan sempit khas perkotaan. Feedback setirnya juga pas, tidak terlalu ringan tapi juga tidak berat.
Itu tadi sekilas soal sensasi berkendara dari Daihatsu Xenia 2022. Bagaimana dengan performa mesin 1.500 cc dipadukan transmisi CVT?
Sensasi Berkendara Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS, Makin Responsif?
Berbekal platform baru DNGA, PT Astra Daihatsu Motor juga mengubah sistem transmisi pada Daihatsu Xenia generasi ketiga. Transmisi otomatis konvensional 4-percepatan kini digantikan oleh CVT. Karakter khas CVT ini cukup halus saat akselerasi karena tidak ada jeda seperti di matic konvensional.
Untuk kinerja CVT di Daihatsu Xenia 2022 cukup responsif tapi jelas tidak bisa diajak berkendara urakan. Maksudnya, saat kickdown masih ada jeda antara injakan gas dengan akselerasi mobil. Lain cerita kalau kita ngegasnya diurut, CVT ini memberikan performa yang terus mengisi.
Sebagai catatan, kalau pakai mode D ini transmisi CVT-nya diset pada rasio pulley yang paling efisien. Artinya, putaran mesin dijaga serendah mungkin supaya konsumsi bahan bakar tetap irit. Kalau ingin makin responsif, kita tinggal geser tuas transmisi ke mode S.
Sistem komputer akan menjaga rasio pulley primer dan sekunder CVT supaya menghasilkan tarikan yang ‘njengat’. Kalau butuh torsi besar di putaran bawah untuk di tanjakan, tinggal masuk mode manual gigi 1. Cara ini untuk mensiasati ketiadaan opsi L atau 1 pada tuas transmisinya. Jadi, kita bisa tetap mampu melahap tanjakan dengan torsi yang ideal.
Kenyamanan
Kenyamanan Daihatsu Xenia 2022
Poin minus lainnya yang kami rasakan dari Daihatsu Xenia 2022 ialah soal bantingan suspensinya yang stiff alias kenyal. Ini kami rasakan saat melewati obstacle speed trap yang disediakan. Mau itu dikebut atau dilewati pelan, rasanya sama-sama keras, hampir seperti naik mobil double cabin.
Kelebihan suspensi ini jelas minim limbung saat berkendara di kecepatan tinggi. Namun bila melewati jalan tanah berbatu di pedesaan, masih terasa guncangannya. Karena keterbatasan ruang test drive, kami pun tak bisa mengeksplorasi lebih jauh kemampuan Daihatsu Xenia 2022.
Perbandingan Daihatsu Xenia
Mobil Rekomendasi
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
FAQ Daihatsu Xenia
Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak memiliki ISOFIX.
Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak tersedia di AUX.
Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak tersedia di Collision avoidance system(CAS).
Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak memiliki Integrasi Smartphone.
Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak tersedia di Lampu depan otomatis.