Menakar Biaya Servis Suzuki GSX-R150 2021 di Bengkel Resmi, Setahun Hanya Rp 450 Ribuan Saja

Dengan mesin yang disebut-sebut paling bertenaga, Suzuki GSX-R150 memerlukan perawatan rutin setiap 4.000 km. Menariknya biaya yang dikeluarkan justru sangat ramah dikantong, hanya Rp 450 ribuan setiap tahunnya.

Motor sport fairing bermesin 150 cc andalan PT Suzuki Indomobil Sales ini memang menjadi primadona. Selain performanya, desain dan teknologi yang dibawanya memang cukup menggoda.

Suzuki GSX-R150 punya performa mesin paling bertenaga.

Motor sport ini merupakan produk global. Jadi, tidak hanya dijual di Indonesia saja, melainkan juga diekspor ke beberapa negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Vietnam, Filipina, dan wilayah Asia lainnya seperti Bangladesh dan juga Taiwan.

Baca juga : Punya Modal Bagus, Kenapa Suzuki GSX-R150 Kurang Peminat?

Selain itu, Suzuki GSX-R150 juga diminati hingga wilayah Amerika Latin, seperti Kolombia dan Meksiko. Untuk beberapa negara, Suzuki menyiapkan versi lain dengan kapasitas mesin lebih kecil, yakni Suzuki GSX-R125.

Peluncuran Suzuki GSX-R150 beberapa tahun lalu.

Suzuki GSX-R150 juga sebenarnya merupakan pengembangan dari Suzuki Satria F150. Sebab, motor ini menggunakan komponen yang hampir sama, mulai dari rangka, mesin, speedometer, perangkat pengereman, dan lainnya.

Motor sport yang masuk dalam keluarga GSX series ini dibekali dengan mesin 4 tak berkapasitas 150 cc, silinder tunggal, DOHC, dengan 4 klep, injeksi dan sudah pakai pendingin cairan.

Baca juga : Review Lengkap Suzuki GSX-R150 2021, Simak Desain, Fitur, Spesifikasi dan Harga Terupdate

Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 19,17 PS pada 10.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 14 Nm pada 9.000 rpm. Dengan karakter mesi overbore, performanya unggul dari kompetitor lainnya.

Warna baru Suzuki GSX-R150 MotoGP.

Suzuki GSX-R150 ini hadir dengan tiga tipe, yakni Suzuki GSX-R150 keyless ignition system dengan rem Anti-lock Braking System (ABS) yang dibanderol Rp 34,6 juta. Lalu Suzuki GSX-R150 keyless ignition system Rp 31,6 juta dan tipe terendah ada Suzuki GSX-R150 shuttered key yang dipasarkan Rp 30,6 juta (on the road Jakarta).

Agar mesinnya tetap dapat bekerja secara optimal, tentu harus dilakukan perawatan secara rutin atau berkala. Salah satu perawatan yang penting untuk dilakukan adalah mengganti oli mesin. Tapi, ada juga perawatan lainnya yang diperlukan.

Panel meter Suzuki GSX-R150.

Menurut buku panduan servis, Suzuki GSX-R150 perlu dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan perawatan tiap menempuh jarak 4.000 km atau empat bulan, mana yang tercapai terlebih dahulu.

Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Tapi, ada sedikit perbedaan pada servis pertama dan servis kedua. Sebab, servis pertama dilakukan pada saat angka di odometer mencapai 1.000 km. Sedangkan servis kedua, ketika sudah mencapai 4.000 km.

Untuk para pembeli Suzuki GSX-R150, Suzuki menggratiskan biaya jasa servis hingga servis keempat atau saat sudahh menempuh jarak hingga 12.000 km. Simak detail lengkapnya di bawah ini.

Servis 1.000 Km / 1 Bulan

Pada servis pertama atau 1.000 km, mengharuskan pemilik motor untuk mengganti saringan oli atau filter oli. Motor dengan kondisi baru masih memiliki celah mesin yang rapat, dan adanya gram-gram besi juga sangat mungkin terjadi.

Oli mesin juga diganti, dan menggunakan SGO 4T SP 10W40 SL JASO MA berukuran 1,3 liter. Untuk filter oli harganya Rp 8.100 dan oli mesin harganya Rp 58.500. Total biaya untuk servis pertama mencapai Rp 66.600.

Mesin Suzuki GSX-R150 2021.

Servis 4.000 Km / 4 Bulan

Pada servis kedua atau 4.000 km, perawatan yang dilakukan hanya mengganti oli mesin saja. Harga oli mesin SGO 4T untuk Suzuki GSX-R150 hanya Rp 58.500 saja.

Baca juga : Akhirnya Suzuki Kenalkan GSX-R150 Livery Team Ecstar Suzuki MotoGP

Selain mengganti oli mesin, mekanis juga akan melakukan pemeriksaan motor secara menyeluruh, seperti memeriksa kondisi aki, rantai, lampu-lampu dan komponen elektronik lainnya.

Servis 8.000 Km  / 8 Bulan

Untuk servis ketiga atau 8.000 km, biaya yang dibutuhkan bertambah, karena ada penggantian komponen juga. Selain filter oli dan oli mesin, busi juga harus diganti untuk menjaga kinerja mesin tetap dalam kondisi terbaik.

Harga busi dipatok Rp 20.000 saja, sehingga total biaya pada servis ketiga yang harus dikeluarkan konsumen mencapai Rp 130.600. masih relatif murah bukan?

Suzuki GSX-R150 dikenal ringan dan bertenaga.

Servis 12.000 Km / 12 Bulan

Untuk servis keempat atau 12.000 km, selain oli mesin yang perlu diganti, Suzuki GSX-R150 juga perlu melakukan pergantian saringan udara seharga Rp 61.000. Jadi, total biaya pada servis keempat ini mencapai Rp 119.500.

Servis 16.000 Km / 16 Bulan

Servis kelima dilakukan saat motor sudah menempuh jarak 16.000 km. Kali ini, Suzuki GSX-R150 harus melakukan pergantian komponen yang cukup banyak, seperti busi, filter oli, dan oli mesin.

Selain itu, cairan pendingin mesin juga perlu dikuras dan diganti menggunakan Suzuki Long Life Coolant 50/50 Pre Mixed seharga Rp 44.000. Jadi, total biaya untuk servis keempat ini mencapai Rp 198.100.

Servis 20.000 Km / 20 Bulan

Untuk servis keenam atau 20.000 km, hanya oli mesin saja yang perlu diganti. Namun biaya jasa servis sudah dibebankan kepada konsumen sebesar Rp 67.500. Sehingga total biaya pada servis keenam mencapai Rp 126.000.

Baca juga : Meluncur Sebentar lagi, Suzuki GSX-R150 2021 bakal Tantang Honda CBR150R Terbaru

Posisi komponen elektronik Suzuki GSX-R150.

Servis 24.000 Km / 24 Bulan

Genap dua tahun Anda mengendarai Suzuki GSX-R150. Pada jadwal servis kali ini, terdapat menu penggantian busi, filter udara, filter oli, oli mesin, dan cairan radiator. Selain itu, harus membayar biaya jasa servis, sehingga total biaya untuk servis kali ini mencapai Rp 204.200.

Servis 28.000 Km / 26 Bulan

Pada servis kedelapan atau 28.000 km, biaya yang perlu dikeluarkan hanya untuk biaya jasa dan oli mesin saja. Biaya yang harus dikeluarkan sama dengan servis 20.000 km, yakni hanya sebesar Rp 126.000 saja.

Servis 32.000 Km / 30 Bulan

Servis kesembilan atau 32.000 km, kembali banyak komponen yang perlu dilakukan pergantian. Suzuki GSX-R150 harus diganti businya, filter oli, oli mesin, dan cairan radiator. Total biaya yang dibutuhkan untuk servis kesembilan ini mencapai Rp 198.100.

Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Biaya servis Suzuki GSX-R150 sangat bersahabat.

Servis 34.000 Km / 34 Bulan

Di servis kesepuluh atau 36.000 km, pemilik Suzuki GSX-R150 hanya perlu mengganti filter udara dan oli mesin saja, ditambah biaya jasa. Sehingga, total biaya untuk servis kali ini mencapai Rp 132.100.

Kesimpulan

Untuk masa pakai hingga hampir tiga tahun, pemilik Suzuki GSX-R150 2021 harus merogoh kantong sebesar Rp 1.359.100 untuk melakukan perawatan motornya. Jika dirata-rata, setiap tahun hanya keluar dana Rp 450 ribuan saja untuk perawatan.

Biaya perawatan tersebut hanya berlaku untuk bengkel resmi Suzuki di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, serta sudah termasuk pajak 10 persen. Biaya servis dan suku cadang di atas juga tidak mengikat dan kami rangkum dari situs resmi Suzuki Indonesia.

Spesifikasi Suzuki GSX-R150
Panjang x Lebar x Tinggi 2.020 mm x 700 mm x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda 1,300 mm
Jarak Terendah ke Tanah 160 mm
Tinggi Jok 785 mm
Berat Kosong 131 kg
Jenis Mesin Water-cooled, 4-stroke
Sistem Katup DOHC 4-valve
Diameter x Langkah 62.0 x 48.8 mm
Jumlah Silinder 1-cylinder
Ratio Kompresi     11.5 : 1
Tenaga Maksimum     19,1 PS @10.500 rpm
Torsi Maksimum 14.0 Nm @9.000 rpm
Sistem Pengapian FI
Sistem Starter Electric
Transmisi     6-speed, return
Kapasitas Tangki 11 liter
Suspensi Depan     Telescopic
Suspensi Belakang Swingarm
Rem Depan Disc (Petal)
Rem Belakang Disc (Petal)
Roda Depan 90/80-17(TL)
Roda Belakang     130/70-17 (TL)
Velg     Cast
Aki     MF
Lampu Depan LED
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki GSX R150
Lihat