Kelebihan-Kekurangan Beli Yamaha Scorpio Bekas, Mesin Kuat Tapi Suspensi Gampang Amblas

Medio tahun 2000-an, tepatnya 2002, Yamaha merilis Scorpio sebagai motor sport terbaru, yang disiapkan untuk menggantikan Yamaha RX-King, karena dianggap tak ramah lingkungan. Motor ini pun diproduksi sampai tahun 2015.

Selama 2002 sampai 2015, Yamaha melahirkan 3 generasi dari motor sport bermesin 225 cc itu. Generasi pertama tampil mirip Yamaha RX-King dengan bodi serba kotak, juga mengandalkan rangka mirip Yamaha RX-Z.

Generasi kedua disebut Yamaha Scorpio Z yang diproduksi sejak 2005 hingga 2010. Perubahannya cukup signifikan, tangki dan lampu belakang membesar, serta desain keseluruhan yang lebih tangguh.

Tahun 2010 menjadi kehadiran generasi ketiga yang disebut New Scorpio Z. Desainnya terlihat kaku, memiliki garis tegas dan meninggalkan desain motor sport konvensional dengan lampu bulat.

Sayangnya generasi ini juga menjadi model terakhir yang diproduksi Yamaha Indonesia. Dimasa-masa ini, Yamaha sempat merilis edisi pamungkas dengan warna spesial dan hanya tersedia 1.000 unit, yang disebut Scorpio King.

Yamaha Scorpio Z masih mudah ditemui.

Selama masa jayanya, banyak sekali komunitas pengguna Yamaha Scorpio yang lahir. Hal ini turut diikuti pertumbuhan bengkel spesialis yang banyak tersebar dipelosok daerah, salah satunya EAAA Motoshop di Pejaten, Jakarta Selatan.

Baca juga : Punya Bentuk Unik, Ini Daya Tarik Honda CS1 Yang Dijuluki Domba Garut

Harga Bekas Tak Tentu

Arya Raharja Jatmika, punggangan EAAA Motoshop memaparkan, harga bekas Yamaha Scorpio tak menentu. Maksudnya tak ada patokan khusus, tahun 2005 sekian, tahun 2010 sekian, karena pasar yang berbicara.

"Sekarang yang lagi tinggi itu generasi awal, Steko bisa tembus Rp 20 juta. Rata-rata di atas Rp 10 juta. Yang turun yang Z sama New (generasi 3)," jelasnya.

Yamaha Scorpio gen 1, harganya relatif lebih mahal.

Memantau situs jual beli online memang seperti itu faktanya. Yamaha Scorpio Z bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 8 jutaan saja. Kemudian untuk New Scorpio Z direntang Rp 11 jutaan sampai Rp 19 jutaan.

Tentunya harga tadi tergantung kondisi, status pajak hingga lokasi. Harap berhati-hati juga, karena motor ini kerap jadi bahan modifikasi, ditakutnya ada yang eks modifikasi, kemudian dibuat standar lagi untuk kemudian dijual.

Baca juga : Ada Yang Pernah Punya Jialing? Nih Daftar Modelnya Yang Jiplak Habis Model Populer di Indonesia

Kelebihan-Kekurangan Yamaha Scorpio

Sebagai pebengkel spesialis Yamaha Scorpio, Arya memaparkan sejumlah kelebihan dan kekurangan dari motor ini. Bagi yang memang mengincar Yamaha Scorpio, wajib ketahui dulu sebelum beli nih. Apa saja kira-kira?

Yamaha Scorpio Z generasi terakhir.

Kelebihan

1. Torsi Besar

Dengan mesin silinder tunggal berkapasitas 225 cc, motor ini memiliki torsi besar. "Dihentak itu beda rasanya, dibanding Honda Tiger, ini beda banget," jelas Arya.

Berkaca pada model generasi kedua, torsi yang mampu dihasilkan mencapai 17,5 Nm di 6.500 rpm. Sedangkan tenaganya sebesar 18,2 PS di 8.000 rpm. Terhitung kuat untuk motor produksi 2000-an.

Mesin Yamaha Scorpio punya torsi badak.

2. Suspensi Monosok

Pada masanya sangat jarang ditemui motor sport yang menggunakan suspensi belakang tunggal. Yamaha Scorpio jadi salah satu yang memiliki suspensi monosok yang terhitung barang mewah kala itu.

Karakter suspensi belakangnya terkenal empuk dan nyaman, dengan konstruksi monocross khas Yamaha. Suspensi depan teleskopik dibekali tabung berdiameter 33, sedikit lebih besar dari Honda Tiger yang 31 mm.

Baca juga : Masih Ingat Honda CBR150R Generasi Pertama ini? Harganya mulai Rp9 Juta

3. Nyaman Untuk Touring

"Posisi berkendara nyaman buat jalan jauh, gak cepat pegal. Dan motor ini karakternya sport touring, nyaman iya tapi bisa diajak kencang juga," jelas Arya lagi.

Nyaman dan bertenaga, paduan pas untuk touring.

4. Desain Gagah

Sejak generasi awal hingga terakhir, benang merah desain Yamaha Scorpio selalu memberikan kesan gagah. Ditambah lagi ukuran blok mesin yang besar, membuatnya nampak terlihat padat berisi.

Kelemahan

1. Suspensi Amblas

Ya selain menawarkan kenyamanan, nyatanya suspensi belakang Yamaha Scorpio sering amblas. Terlebih saat digunakan berboncengan, membuat tampilan motor saat dikendarai menjadi aneh.

Baca juga : Mengenal TVS Tormax, Motor Bebek Sport yang Harusnya Bisa Ngalahin Jupiter MX 135

"Ini karena sudut kemiringan arm relay dan connecting rod, supaya normal bisa diganti salah satu atau dua-duanya sekalian. Itu sudah kembali normal lagi," beber Arya.

Komponen arm relay dan connecting rod suspensi belakang.

2. Getar

Yup, mesinnya yang besar membuat getaran mesin sangat terasa. Terkadang hal inilah yang membuat pengendaranya tak nyaman, sampai bikin tangan kesemutan.

"Getarnya dari bandul kruk as, dan motor ini memang gak ada balancer. Padahal di crankcase sudah ada dudukan untuk balancer-nya," ungkap pria ramah ini lagi.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Jupiter MX 135, Motor Bebek Sport Impian di Masanya

3. Lampu Belakang Mati

Salah satu penyakit motor produksi Yamaha kala itu, lampu belakang sering mati. "Entah penyebabnya apa, tapi itu sering banget lampu belakang putus. Dari kabel ga ada yang salah," ucap Arya.

Blok four sering rembes oil karena sil kabel takometer.

4. Rembes Oil

Penyebabnya sil kabel putaran mesin sudah getas, menyebabkan oli sering rembes dari tutup rantai keteng atau blok four. Tinggal ganti sil sudah normal kembali.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Yamaha Byson Karbu Lebih Layak Dipilih Dibanding Honda Verza

Kesimpulan

Yang menginginkan motor sport bermesin besar dengan harga terjangkau, Yamaha Scorpio ini bisa menjadi opsi menarik. Terlebih untuk generasi kedua dan ketiga yang populasinya relatif masih banyak.

Yamaha New Scorpio Z menjadi model pamungkas.

Posisi berkendara nyaman dipadu mesin bertenaga, mengasyikkan untuk dipakai touring. Tapi jangan lupa penyakit khasnya juga harus dipikirkan dan diperbaiki sebelum digunakan ya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor