window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ada Yang Pernah Punya Jialing? Nih Daftar Modelnya Yang Jiplak Habis Model Populer di Indonesia

Harry · 27 Agu, 2021 10:30

Dulu Indonesia sempat dibanjiri beragam merek motor cina (mocin). Kehadiran mereka sempat membuat kalang kabut merek Jepang karena harga yang ditawarkan sangat murah.

Selain itu, mereka kerap menjiplak model motor populer yang dijual saat itu dari brand Jepang. Jialing jadi salah satu merek mocin terbesar dan punya banyak produk di Indonesia kala itu.

Ada Yang Pernah Punya Jialing? Nih Daftar Modelnya Yang Jiplak Habis Model Populer di Indonesia 01

Jialing Target XS jiplak habis Honda Supra X 125.

Tapi meski salah satu yang terbesar, model-model yang dijualnya 100 persen menjiplak dari merek asal Jepang. Yang paling menyebalkan, tagline mereka 'Semua Orang Mengakui Kualitasnya' seakan-akan tak sesuai dengan kenyataan.

Baca juga : Jiplak Habis Ducati! Mocin Ini Andalkan Mesin Loncin 500 dan Tangki BBM Gambot!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Untungnya merek ini juga tak bertahan lama di Indonesia, seperti merek mocin-mocin lainnya. Dari beberapa model Jialing di bawah ini, model mana nih yang pernah menjadi penghuni garasi kalian?

Jialing Target XS

Sudah jelas dong ini motor meniru desain motor apa? Yup, Honda Supra X 125. Motor bebek pada tahun 2000-an awal memang masih menjadi primadona masyarakat Indonesia. Honda Supra X 125 sendiri salah satu model populernya.

Jialing tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mendompleng kesuksesannya. Maka lahirnya Jialing Target XS, dengan desain sama persis namun mengandalkan mesin berkapasitas 100 cc dengan garansi 3 tahun.

Baca juga : Kenalan Sama Jialing SVR 180, Motor Cina Bertampang Kawasaki Z1000 Bermesin 150 Cc

Jialing Target Z

Yamaha Jupiter Z diplesetkan namanya menjadi Jialing Target Z. Bentuknya pun sama persis Yamaha Jupiter Z 'Burung Hantu', bahkan striping bodi tribalnya pun ikut ditiru.

Ada Yang Pernah Punya Jialing? Nih Daftar Modelnya Yang Jiplak Habis Model Populer di Indonesia 01

Yamaha Jupiter Z Burhan versi murah.

Memang tak ada lawan kalau soal jiplak dan tiru si Jialing ini. Soal mesin, masih pakai basis yang sama dengan Target XS yakni mesin berkapasitas 100 cc dengan tenaga 6,2 PS saja.

Jialing Target RV

Nampaknya nama Target ini menjadi nama untuk seluruh seri motor bebek Jialing. Tinggal huruf dibelakangnya yang membedakan modelnya saja, kini giliran Jialing Target RV.

Baca juga : Tampang Honda Sonic 150R Buntut Supra X125, Nih Sosok Motor Gado-Gado Asal Cina

RV sendiri nampaknya singkatan dari Revo, yang merupakan produk dari Honda. Motor satu ini memang punya desain yang sporty, ramping dan disukai anak muda.

Ada Yang Pernah Punya Jialing? Nih Daftar Modelnya Yang Jiplak Habis Model Populer di Indonesia 02

Honda Supra X versi mocin nih.

Jialing Target R

Nampaknya ini menjadi seri motor murah dari Jialing, karena bentuknya sederhana seperti Honda Supra X. Bodi simpel dan minim lekuk agresif dan garis tegas membuatnya nampak sederhana.

Honda Supra X sendiri merupakan motor bebek yang populer di Indonesia. Mesin seri C100 miliknya dikenal bandel, hemat bahan bakar dan kuat. Tak heran Jialing ogah melewatkan kesempatan untuk menirunya.

Baca juga : Daftar Motor Cina Yang Sempat Eksis di Indonesia, Ada Sanex, Jialing Sampai Zhongshen

Jialing RN125

Kalau lihat sosoknya, Jialing RN125 ini seperti motor sport pada umumnya kala itu. Lampu bulat, lampu sein besar, mesin tegak. Tapi kalau dilihat seksama, motor ini jelas meniru bentuk Suzuki Thunder 125.

Kala itu memang pilihan motor sport di Indonesia belum terlalu banyak. Dan Suzuki Thunder 125 merupakan salah satu model favorit karena harganya yang relatif terjangkau.

Ada Yang Pernah Punya Jialing? Nih Daftar Modelnya Yang Jiplak Habis Model Populer di Indonesia 03

Suzuki Thunder 125 bangetkan bentuknya?

Jialing Lion

Segmen skutik yang mulai berkembang kala itu, tak disia-siakan pabrikan yang dikendalikan oleh PT Buana Jialing Sakti Motor ini. Mereka pun merilis Jialing Lion sebagai salah satu produk skutiknya.

Baca juga : Skutik Cina, Qianjiang MT150 Ancam Eksistensi Honda PCX dan Yamaha NMax!

Mengandalkan mesin 125 cc dengan jaminan mesin 3 tahun, Jialing Lion ini meniru bentuk dari Yamaha Fino generasi pertama, yang beredar di Thailand. Kala itu pihak Yamaha Indonesia memang belum merilis Fino secara resmi.

Jialing Evomatic

Lagi-lagi skutik Yamaha di Thailand menjadi inspirasi desain mocin satu ini. Kini giliran Yamaha Mio Soul, yang untungnya punya desain depan berbeda dengan versi Indonesia, karena menggunakan lampu depan ganda.

Ada Yang Pernah Punya Jialing? Nih Daftar Modelnya Yang Jiplak Habis Model Populer di Indonesia 04

Jialing Evomatic punya bentuk Yamaha Mio Soul versi Thailand.

Dan siapa sangka, ternyata bodi depan Yamaha Mio Thailand ini banyak dicari penikmat modifikasi untuk Yamaha Mio Soul miliknya. Tapi mereka mencari part bodi original ya, bukan dari Jialing Evomatic ini.

Baca juga : Lagi-Lagi Motor Asal Cina, Begini Wujud Asli Motor Yang Disangka Honda Vario 160

Kesimpulan

Keran impor sepeda motor yang dibuka pemerintah pada tahun 1999 membuat banyak importir mendatangkan mocin secara besar-besaran. Namun karena tak sesuai ekspektasi masyarakat dan kualitasnya yang payah, mocin mulai ditinggalkan konsumen.

Jialing merupakan salah satu merek mocin yang cukup sukses meski akhirnya harus angkat kaki juga dari Indonesia. Kini mocin yang tersisa pun sedikit, dan kebanyakan fokus pada penjualan motor niaga roda tiga.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });