Minat Menebus Kawasaki KLX150 2023? Cek Lagi Plus-Minusnya Nih

Kawasaki KLX150 2023
  • Punya ubahan fitur.
  • Masih pertahankan mesin lawasnya.

Setelah nyaris 8 tahun, akhirnya Kawasaki KLX150 kembali disegarkan tampilannya pada bulan Februari 2023 ini. Sejumlah pembaruan dilakukan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pada motor yang sebelumnya sempat berganti model pada 2015 silam.

Ubahan tersebut bisa terlihat dari desain lampu utama, bodi hingga pilihan warnanya. Hal ini ditujukan untuk menarik konsumen dari pionir segmen motor dual purpose 150 cc di Indonesia itu.

Nah, jika Anda kepincut ada baiknya mengenali kelebihan dan kelemahan dari Kawasaki KLX150 2023. Sehingga motor ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cek Empat Perbedaan Kawasaki KLX150 MY 2024 dan Versi Lamanya

Keunggulan

Hadir dengan desain baru, tentu Kawasaki KLX150 2023 punya beberapa keunggulan dibanding edisi sebelumnya. Berikut sekilas keunggulannya.

1. Desain Ala Motocross

Dilihat dari tampilannya, sosok motor trail satu ini makin segar dengan bentuk batok headlamp baru yang kini dilengkapi lampu LED. Bentuknya mengaplikasikan milik KLX230 yang sudah hadir tahun lalu. Tak ketinggalan adanya spidometer full digital.

Tampilannya baru

Sementara Kawasaki turut menyebutkan kesan motocross yang makin kental dengan bentuk sepakbor baru di depan dan belakang. Serta ada perbedaan di tank shroud dan side panel belakang.

Kesan segar ini masih setia dikombinasikan dengan kaki-kaki dual purpose. Di mana versi Kawasaki KLX150 S masih menghadirkan sok teleskopik di depan dan unitrack di belakang. Sedangkan tipe standar dan SE punya up side down di depan.

Baca Juga: Kawasaki KLX 150 Terbaru Dikenalkan, Mesin Berubah Jadi Injeksi?

2. Harga Kompetitif

Bicara soal harga, varian Kawasaki KLX150 S jadi yang paling murah di kelasnya dengan harga Rp 32,9 juta. Banderol tersebut lebih terjangkau dari Honda CRF150L yang dilepas Rp 35,384 juta. Serta Kawasaki WR 155R yang dijual Rp 38,46 juta.

Meski demikian, harga kompetitornya juga terasa lebih murah jika disandingkan dengan versi KLX150 standar yang dibanderol dengan harga Rp 36,5 juta. Serta Kawasaki KLX150 SE seharga Rp 39,5 juta yang lebih tinggi dari Yamaha WR 155R.

Kelemahan

Selain keunggulan, Kawasaki KLX150 2023 juga menyimpan beberapa kelemahan. Sehingga bisa menjadi pertimbangan sebelum meminangnya.

1. Mesin Masih Berteknologi Lawas

Sejak kelahirannya di tahun 2009 silam, motor ini masih setia dengan mesin lawasnya. Mesin yang dirancang dari varian offroad KLX140 di Amerika ini punya teknologi sederhana, bahkan sedikit tertinggal ketimbang kompetitornya.

Mesin masih memakai tipe lawasnya

Mesinnya bertipe 4-tak 144 cc pendingin udara, SOHC. Kawasaki KLX150 Series juga masih mengandalkan sistem karburator bertipe Keihin NCV24. Bukan injeksi seperti pesaingnya.

Sumber penggerak dengan transmisi 5-speed ini hanya bertenaga 12 PS pada 8.000 rpm, dengan torsi  11,3 Nm pada putaran 6.500 rpm. 

Lebih kecil dibandingkan Honda CRF150L yang menghasilkan 12,91 PS per 8.000 rpm dan torsi maksimum 12,43 Nm di 6.500 rpm. Pun demikian jika disandingkan dengan Yamaha WR 155R yang punya tenaga 16,7 PS di 10.000 rpm dan torsi 14,3 Nm di 6.500 rpm.

2. Minim Fitur

Selain masih setia dengan sistem karburator, Kawasaki KLX150 2023 juga punya fitur yang minimalis. Meski sudah memakai lampu LED dan spidometer digital, tapi fitur yang hadir di motor ini masih tetaplah sederhana. 

Jangan berharap banyaknya fitur yang melimpah seperti motor-motor jalanan. Misalnya tak adanya USB charger, rem ABS atau fitur modern lainnya. Padahal harganya nyaris Rp 40 juta. Tapi patut diingat, hal ini sesuai dengan peruntukannya yang kerap dipakai blusukan ke medan berat.

Anda tetap berminat?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki KLX 150
Lihat