Cek Harga Kawasaki KLX 150 Series September 2021, Trail Teknologi Jadul Yang Banyak Peminat

Dikenalkan pertama kali tahun 2009, Kawasaki KLX 150 sukses merebut hati konsumen, khususnya mereka penikmat off-road. Hingga kini motor trail satu ini masih terus dijual dan masih menjadi motor favorit.

Padahal kini sudah muncul 2 motor serupa dari sesama brand Jepang, yakni Honda CRF150L dan Yamaha WR 155 R. Namun Kawasaki KLX 150 masih banyak peminatnya.

Baru pada tahun 2013, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis versi update yang kini menggunakan paduan lingkar pelek 21 inci dan 18 inci, serta rasio final gear menjadi 14-47 dari sebelumnya 14-43.

Baca juga : Review Lengkap Honda CRF150L 2021, Sang Idola Baru Motor Garuk Tanah

Lantas tahun 2015, KMI kembali menghadirkan model baru dengan ubahan minor seperti pada bagian lampu. Sekarang, Kawasaki KLX 150 telah memiliki sejumlah tipe yang dibedakan dari tampilan dan kelengkapan yang dimilikinya.

Kawasaki KLX 150S, model pertama yang rilis di Indonesia.

Sementara untuk mesin, KMI mempertahankan teknologi jadulnya, lantaran masih menggunakan karburator untuk pengabutan bahan bakarnya. Kemudian, semua tipe menggunakan jantung mekanis yang sama.

Spesifikasinya 144cc, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara, silinder tunggal dan mengandalkan karburator Keihin NCV24. Ukuran pistonnya 58 mm dengan langkah piston 54,5 mm.

Baca juga : Bagi para penggemar motor, apakah Kawasaki KLX 150L layak dibeli?

Output maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 12 PS di 8.000 rpm, serta torsi sebesar 11,3 Nm di 6.500 rpm. Tenaga dan torsi tadi disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi manual 5 percepatan.

Sejak 2009 masih pakai mesin yang sama, dengan karburator.

Melirik situs resmi KMI, setidaknya motor ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 31,2 juta on the road Jakarta. Nah, kalau kalian lagi mengincari motor ini, kira-kira tipe mana yang jadi incaran kalian?

1. Kawasaki KLX 150 2021 : Rp 31,2 Juta

Tipe termurah yang dimiliki keluarga Kawasaki KLX 150 Series, yang sekaligus merupakan motor basic. Pada situs resmi KMI, tertulis mereka menjual model 2021 dengan 2 opsi warna, hitam dan hijau, yang masing-masing dilengkapi striping bodi.

Kawasaki KLX 150 tipe terendah paling sederhana.

Menggunakan lingkar pelek 19 inci di depan dan 16 inci di belakang. Pelek ini berbungkus ban ukuran 70/100-19 dan 90/100-16 (depan-belakang).
 
Fiturnya pun sederhana namun fungsional untuk melibas beragam kondisi jalan yang jelek. Tipe termurah ini, cocok untuk jadi motor operasional di perkebunan.

Baca juga : Review Kawasaki KLX 150 2021, Pelopor Motor Trail 150 Yang Masih Digemari

2. Kawasaki KLX 150L 2021 : Rp 31,7 Juta

Lebih mahal Rp 500 ribu dari tipe terendah, kalian bisa mendapatkan unit yang lebih gagah. Lingkar pelek lebih besar karena pakai ukuran 21-19 inci, dan pakai ban ukuran 2.75-21 45P dan 4.10-18 59P.

Kawasaki KLX 150L pakai pelek lebih besar.

Karena pakai lingkar pelek lebih besar, maka jarak terendah ke tanah jadi lebih tinggi, mencapai 295 mm. Otomotis selain lebih gagah, motor juga terlihat lebih jangkung.

Selain itu, tampilan motor juga lebih asyik dilihat dengan striping bodi yang ramai dan penuh corak. Namun selain itu, semua kelengkapannya masih sama dengan tipe termurah tadi ya.

Baca juga : Yamaha WR 155 R Bikin Repot? Pahami Cara Mengendarai si Trail Jangkung Ini

3. Kawasaki KLX 150BF 2021 : Rp 35 Juta

Dengan selisih harga cukup jauh dari 2 varian di bawahnya, inilah varian yang paling pas berjaban dengan kompetitor dari segi harga. Perlengkapan standarnya pun sudah jauh meningkat dan cocok untuk bergaya juga.

Kawasaki KLX 150BF, andalkan suspensi upside down.

Hadir hanya dengan warna hijau yang khas, sepintas sosoknya malah terlihat seperti KLX 150 tipe terendah. Tapi kalau diperhatikan baru terlihat jelas bedanya kalau ini varian yang kastanya 2 tingkat lebih tinggi.

Tengok bekalan suspensi depan upside down, cakram rem depan dan belakang yang berukuran lebih besar yakni 240 mm dan 190 mm. Ukuran ban tetap pakai ukuran 21-19 inci, dan pakai ban ukuran 2.75-21 45P dan 4.10-18 59P.

Baca juga : Ini Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki KLX150 2021, Pelopor Motor Trail 150 Cc di Indonesia

4. Kawasaki KLX 150BF SE 2021 : Rp 37,7 Juta

Inilah kasta tertinggi yang bisa dimiliki dari Kawasaki KLX 150 Series, yakni tipe KLX 150BF SE. SE sendiri berarti Special Edition dan pastinya punya peralatan standar yang lebih lengkap.

Tipe teratas punya kelengkapan paling komplit.

Menggunakan basis yang sama dengan KLX 150BF, pada tipe ini ketambahan hand guard sebagai pelindung tangan pengendara dari benturan. Meski sejatinya hand guard tersebut model plastik yang lentur.

Kemudian terdapat engine guard berupa cover plastik hitam pelindung bagian bawah mesin. Otomatis lebih aman dari benturan, dan juga membuat penampilan jadi lebih berisi.

Pembeda lainnya, tabung suspensi depan berlabur warna emas supaya terlihat mencolok. Kemudian tampilan motor dengan striping yang ramai semakin memberikan kesan tipe teratas dari model Kawasaki KLX 150 Series.

Baca juga : Gap Harga sampai Rp2 Jutaan, Ini Perbedaan Varian Kawasaki KLX 150

Panel meter Kawasaki KLX 150 Series sangat sederhana.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 30 jutaan dan teknologi yang terhitung jadul, peminatnya masih sangat banyak. Nama kuat KLX untuk motor trail 150cc sudah melekat kuat, hingga masih banyak peminatnya hingga saat ini.

Sejatinya ada pula tipe lain yang disiapkan khusus untuk kompetisi, yakni KLX 140R. Motor ini menggunakan basis yang sama namun tanpa perangkat lalu lintas, dan harga jualnya justru lebih mahal yakni Rp 38,9 juta on the road Jakarta.

Nah, dari seluruh tipe tadi, mana yang paling cocok untuk kalian?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki KLX 150
Lihat