Jangan Sampai Kelewat, Ini 5 Benefit Yang Didapat Dari Servis 1.000 Km Pertama Sepeda Motor

Setiap pemilik motor baru harus memperhatikan ketentuan di buku panduan kepemilikan. Salah satunya terkait perawatan yang wajib dilakukan secara berkala. Beberapa pabrikan mewajibkan servis motor pada 4.000-6.000 km sekali, atau 4-6 bulan tergantung yang dicapai lebih dulu.

Namun semua merek mewajibkan motor yang baru dibeli, harus diservis setelah menempuh 1.000 km pertama, atau sebulan awal motor digunakan. Perihal ini sudah tertera pada buku servis yang diberikan saat serah terima motor, sehingga harus jadi perhatian para pemiliknya.

1. Menjaga Garansi Pabrikan

Pada buku pedoman pemilik dijelaskan untuk menjaga garansi motor, maka pemilik harus selalu rutin secara berkala diservis di bengkel resmi. Ini dilakukan sejak 1.000 km pertama dan seterusnya. 

Servis motor di 1.000 km pertama untuk menjaga garansi tidak hangus.

Garansi yang diberikan pabrikan misalnya Honda mencakup garansi mesin 3 tahun atau 30.000 km, garansi rangka dan sistem kelistrikan 1 tahun atau 10.000 km, serta garansi komponen PGM-FI 5 tahun atau 50.000 km. Makanya biar motor tetap dalam masa garansi, pemilik wajib tahu hal ini, jangan sampai melewatkan servis 1.000 km pertama. 

2. Menjamin Kondisi Motor Sesuai Standar

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman mengatakan, servis pertama diperlukan untuk menjamin kondisi seluruh komponen bekerja dengan baik, sehingga tetap menawarkan kenyamanan berkendara. 

"Servis pertama untuk memastikan kondisi kendaraan sesuai standar, memastikan motor bekerja dan berfungsi optimal setelah digunakan konsumen sejak dilakukan penyerahan," jelas Ade kepada Autofun Indonesia beberapa waktu lalu. 

Servis 1.000 km pertama berupa ganti oli dan pemeriksaan komponen.

Ini penting dilakukan untuk mengetahui kinerja dan kesesuaian komponen setelah diproduksi dan dirakit di pabrik. Yang dilakukan saat servis pertama mencakup pemeriksaan jarak renggang klep, putaran stasioner mesin, aki, sistem rem, cara kerja kunci rem, mur, baut, pengencang, bantalan kepala kemudi, dan ganti oli

3. Membersihkan Mesin dari Kotoran dari Sisa Produksi

Meskipun belum waktunya, ganti oli di 1.000 km pertama sifatnya wajib agar kualitas komponen mesin terjaga. Sebab penggantian oli pertama ini sebagai upaya untuk membersihkan gram atau kotoran sisa hasil produksi. 

Ganti oli 1.000 km pertama untuk membersihkan sisa gram atau kotoran sisa produksi.

Ketika dirakit, semua komponen yang bergerak masih dalam tahap penyesuaian. Dari situ akan muncul serbuk gram atau kotoran yang mengendap di pelumas mesin. Bila tidak diganti, khawatir bisa menyebar ke ruang mesin lain dan jangka panjangnya mengikis dinding silinder. 

Baca Juga: Memasuki Setahun Pemakaian, Ini Biaya Servis Honda Beat

4. Mengetahui Sejak Awal Terkait Kondisi Motor

Selain itu servis perdana juga bisa mendeteksi permasalahan sejak awal misalnya ada kerusakan atau ketidaksesuaian komponen sasis, kelistrikan, hingga mesin. Mekanik yang mengetahuinya bisa menganalisis dan memberikan tindakan antisipasi supaya motor tetap optimal.

Servis 1.000 km pertama gratis!

Hal ini berkaitan dengan garansi. Apabila ternyata ada kecatatan akibat kesalahan proses produksi, kesalahan bahan atau material produk hingga konstruksi, pabrikan bisa memberikan penawaran tertentu seperti penggantian komponen menyeluruh yang rusak, atau yang berkaitan dengan garansi. 

5. Gratis, Tidak Dipungut Biaya

Benefit terakhir yang perlu diketahui adalah, servis motor pada 1.000 km pertama ini tanpa dipungut biaya alias gratis. Walaupun ada pengerjaan ganti oli, pemilik motor tidak diharuskan membayar ke bengkel resmi. 

Boleh dibilang layanan ini merupakan dorongan agar pemilik motor mau melakukan perawatan berkala di bengkel resmi setelahnya. Lagi pula biasanya dalam beberapa periode, pabrikan memberikan kupon perawatan berkala berupa gratis jasa servis di bengkel resmi yang seharusnya dimanfaatkan oleh konsumen. 

Baca Juga: Catat Biaya Servis Honda BeAT 2022 Untuk 2 Tahun Pemakaian, Habis Dana Berapa?

Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor