window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Servis Suzuki GSX-R150 di Tahun Ketiga, Siapkan Dana Rp 500 Ribuan

Ary · 14 Jul, 2021 15:00

Tidak sekadar pakai, servis berkala juga wajib dilakukan pemilik sepeda motor. Termasuk pula Anda yang sudah menggunakan Suzuki GSX-R150 lansiran 2019 silam. Itu berarti, usia motor Anda sudah memasuki 3 tahun. Bukan semata perawatan. Memasuki usia tersebut, beberapa spare part pun mesti mengalami pergantian. Apa saja dan berapa biayanya?

Servis Suzuki GSX-R150

Setelah 36.000 km atau 3 tahun, Suzuki GSX-R150 dianjurkan melakukan servis.

Jika pun dihitung, servis Suzuki GSX-R150 ini dilakukan saat kilometer menginjak 36.000 km. Tentu tidak berlaku mutlak. Pasalnya, tak sedikit pula odometer yang menyentuh angka tersebut dalam waktu di bawah 3 tahun. 

Baca juga: Kepincut Livery Spesial Suzuki GSX-R150? Ini Cicilan per Juli 2021

1. Kampas rem depan-belakang

Pada fase ke-10 servis Suzuki GSX-R150 ini, pemilik disarankan untuk mengganti sepasang kampas rem (depan-belakang) yang sudah digunakan sejak 24.000 km. Dengan kata lain, spare part ini diganti setelah 12.000 km pemakaian. Lagi-lagi, umur kampas rem ini bisa saja lebih cepat, tergantung pamakaian. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

2. Injektor

Pada periode ini pula injektor Suzuki GSX-R150 Anda harus diganti. Lantaran menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi, item ini tentu sangat penting bagi Suzuki GSX-R150. Komponen ini bertugas menyemprotkan bensin ke ruang bakar. 

Penggantian perangkat ini penting. Terutama bagi Anda yang menggunakan bahan bakar dengan oktan di bawah (lebih rendah) rekomendasi pabrikan. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan injektor mampet. 

Biaya Servis Suzuki GSX-R150

Filter udara yang kotor dapat mengurangi performa Suzuki GSX-R150.

Baca juga: Cocok Buat Sunmori, Harga Suzuki GSX-R150 Bekas lagi Terjun Bebas!

3. Filter udara 

Sama seperti kampas rem. Filter udara Suzuki GSX-R150 saat mencapai 36.000 km pun harus diganti. Substitusi ini penting karena filter udara memiliki fungsi vital terhadap mesin. Baik itu menyaring udara ke ruang bakar, menjaga kebersihan mesin hingga mencegah timbulnya kerak di ruang bakar. Filter udara yang kotor juga berpengaruh terhadap performa motor. 

4. Oli mesin

Pada servis ini, pemilik juga wajib mengganti oli Suzuki GSX-R150. Berbeda dengan tiga spare part di atas yang mengalami pergantian setelah 12.000 km. Pelumas Suzuki GSX-R150 harus dilakukan setiap 4.000 km. Dengan menggantinya secara rutin, kondisi mesin tentu bakal prima sekalipun usianya lumayan tua. Oli rekomendasi untuk motor sport 150 cc ini adalah SGO 4T SP 10W40 SL JASO MB (0,8 L). Lantaran hanya 800 ml, Anda membutuhkan dua botol pelumas untuk mencukupi kebutuhan mesin.  

Servis Suzuki GSX-R150 36.000 km

Oli mesin harus diganti periodik, setiap 4.000 km.

Baca juga: Meluncur Sebentar lagi, Suzuki GSX-R150 2021 bakal Tantang Honda CBR150R Terbaru

Biaya Servis Suzuki GSX-R150 di 36.000 km

Dilihat dari situs resmi Suzuki Indonesia, estimasi biaya servis Suzuki GSX-R150 di 36.000 km setidaknya mencapai Rp500 ribuan. Tepatnya Rp572.500. Dana tersebut juga sudah termasuk dengan jasa servis.

Daftar Spare part dan Biaya Servis 
Filter udara Rp61.000
Kampas rem depan Rp75.500
Kampas rem belakang Rp76.000
Injektor Rp167.000
Oli mesin (2 botol) Rp75.000
Jasa servis Rp118.000
Total Rp572.500

Jika dilihat ke belakang, nominal ini jauh lebih murah ketimbang perawatan pada masa 24.000 km (2 tahun). Dipaparkan pada sumber serupa, pergantian spare part di periode itu nyatanya lebih banyak. Mulai dari busi, filter udara, filter oli, kampas rem depan-belakang, injektor, oli mesin, water coolent sampai minyak rem. Setelah ditotal dengan biaya jasa servis, menghabiskan kurang lebih Rp780 ribu. 
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });