window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Lupa Ganti Oli Gardan Skutik, Siap-siap Keluar Duit Ratusan Ribu!

Ary · 30 Jul, 2021 16:30

Tak ubahnya dengan mesin, oli transmisi alias oli gardan pada skutik juga wajib diganti secara periodik. Meski jumlahnya sedikit, pelumas ini nyatanya punya fungsi yang sangat penting terhadap kinerja CVT (Continous Variable Transmission). Jadi, siap-siap saja keluar duit ratusan ribu jika lupa mengganti oli gardan skutik Anda. 

Tips Ganti Oli Gardan Skutik

uang ratusan ribu melayang kalau sampai Anda lupa mengganti oli gardan skutik. Foto: ENEOS Indonesia.

Kelupaan mengganti oli gardan ini sejatinya bisa terhindarkan, apabila servis dilakukan berkala. Lagi pula, panduan perawatan skutik Anda juga sudah diterangkan melalui buku servis. Sebagai contoh pada Honda Beat 2021 atau Yamaha Gear 125 2021. Penggantian oli gardan pada tahun pertama kepemilikan berlangsung pada 8.000 km.

Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, kinerja CVT pada skutik Anda tentu akan awt dan bekerja sebagaimana mestinya. Sebaliknya, kerusakan bakal menimpa area tersebut jika oli gardan tidak diganti dengan teratur. 

Suara Berisik Tanda Kerusakan Gear Ratio

Umumnya akan munculnya suara berisik atau kasar pada bagian CVT. Bukan saja mengganggu pendengaran karena di sinilah bukti bahwa transmisi skutik Anda tersebut bermasalah. Jika pun diselisik, bagian gear ratio lah yang mengalami kerusakan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Lupa Ganti Oli Mesin, WFH Dijamin bikin Kantong Jebol!

Oli Gardan ENEOS

Gear oil harus diganti secara periodik.

Ini terjadi juga lantaran sifat oli yang tentu menguap seiring pemakaian. Selain berkurangnya volume, kondisi oli gardan kotor juga mengurangi pula kemampuannya melumasi bagian gear box. Jika gear ratio sudah rusak, maka siapkan uang Rp300 ribuan untuk menggantinya dengan perangkat baru. 

Nominal tersebut jelas lebih besar ketimbang oli gardan itu sendiri. Walau terdapat beberapa merek, harga oli gardan yang berisi 120 ml, dijual sangat-sangat terjangkau. Misalnya saja oli gardan keluaran ENEOS berikut ini. 

Harga Oli Gardan Murah!

PT Nippon Oil Indonesia selaku produsen menyebut, ENEOS Scooter Gear Oil berjenis semi-synthetic ini diproduksi khusus untuk skutik yang ada di Indonesia. Dengan kemampuan melumasi yang baik, oli ini mampu menjadikan performa sepeda motor lebih maksimal, memperpanjang usia gear box serta membuat mesin lebih bertenaga.

Baca juga: Panas Mesin nggak Wajar, Cek Kondisi 4 Bagian Motor ini

Harga Oli Gardan ENEOS

Seperti merek lain, oli gardan ENEOS juga dijual terjangkau yaitu Rp15 ribu.

"Scooter Gear Oil yang saat ini diluncurkan, merupakan salah satu produk yang melengkapi seluruh varian oli ENEOS saat ini. Ini sesuai dengan salah satu tujuan awal ENEOS hadir di Indonesia, yaitu memenuhi semua kebutuhan oli untuk seluruh jenis kendaraan", ujar Imran Razy, General Manager PT Nippon Oil Indonesia. 

Jika pun ingin merasakannya, Anda sudah bisa mendapatkan ENEOS Scooter Gear Oil ini mulai Juli 2021 ini. Tidak cuma di Jakarta, pendistribusian oli transmisi skutik ENEOS ini pun bakal disebar ke seluruh jaringan bengkel ENEOS di seluruh Indonesia. Sementara untuk banderol, ENEOS Scooter Gear Oil dijual Rp15 ribu (HET). 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });