Lakukan Ini Sebelum Uji Emisi Motor, Supaya Tak Keluar Uang Double

Peraturan batas standar emisi kendaraan akan segera diberlakukan pemerintah, khususnya wilayah DKI Jakarta. Kendaraan termasuk motor yang beroperasi di wilayah tersebut, wajib lulus uji emisi.

Meski sanksi tilang bagi kendaraan yang tak uji emisi ditunda, namun tak ada salahnya kalian melakukan uji emisi kuda besi kesayangan. Yamaha sebagai salah satu produsen motor, turut mendukung kesuksesan program tersebut.

Proses uji emisi di bengkel Yamaha.

Pabrikan asal Jepang itu mendukung kebijakan Pemerintah dalam penerapan uji emisi bagi kendaraan bermotor, dengan menyediakan fasilitas uji emisi di tiga dealer dan bengkel resmi Yamaha area Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Baca juga : Jangan Ditinggal, 5 Barang Ini Wajib Ada di Motor Saat Musim Hujan

"Selain itu Yamaha juga menyediakan program trade in untuk dapat dimanfaatkan bagi pengendara yang kendaraannya tidak lulus uji emisi. Harapannya dengan program ini kondisi udara di Jakarta menjadi lebih baik," ujar Frengky Rusli, selaku Koordinator Chief Yamaha DDS Jabodetabek.

Buat diketahui bersama, uji emisi yang dilakukan sifatnya berbayar, pihak pemerintah sendiri tak mematok berapa biayanya untuk bengkel-bengkel umum. Namun untuk uji emisi sepeda motor, kisarannya Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu. Lumayankan?

Nah, sebelum melakukan uji emisi ada baiknya lakukan beberapa hal terlebih dulu. Intinya supaya kalian tidak keluar uang double karena gagal uji emisi dan harus mengulangi lagi. Apa saja?

1. Pastikan Kondisi Mesin Standar

Buat yang motornya sudah dioprek mesinnya, baiknya sih kembalikan dulu dalam kondisi standar. Oprek mesin supaya lebih bertenaga, tentunya menambah suplai bahan bakar yang masuk dalam ruang pembakaran.

Baca juga : Harganya Sih Cuma Rp 4 Ribu, Tapi Hilang Bisa Bikin Motor Mogok Bahkan Terbakar!

Logikanya, emisi karbon yang dihasilkan juga pasti lebih tinggi. Belum lagi kalau pakai knalpot aftermarket, pasang dulu knalpot standar kalian, karena knalpot bawaan sudah dilengkapi catalytic converter.

Tak semua uji emisi gratis.

2. Lakukan Servis

Pastikan kondisi motor sehat, kalian bisa servis dulu motor kalian sebelum melakukan uji emisi. Ganti oli mesin, bersihkan atau ganti filter udaranya, bongkar karburator atau throttle body dan bersihkan.

Jangan lupa tuangkan cairan carbon cleaner pada tangki bahan bakar untuk mengurangi deposit karbon yang menumpuk. Atau bisa juga lakukan gurah mesin, yang lebih efektif untuk menghilangkan kerak pada ruang pembakaran.

Baca juga : Yamaha X-Ride 125 2022 Berisik dan Lemot? Nih Komponen Yang Harus Diperiksa

Batas Emisi Yang Diperbolehkan

Uji emisi baiknya dilakukan meski tilang dibatalkan.

Sepeda motor kalian dianggap lulus uji emisi, apabila emisi gas buang tidak melebihi ambang batas yang telah ditentukan. Berikut ketentuan untuk ambang batas dengan mengukur karbonmonoksida (Co) dan Hidrokarbon (Hc) :

Karbonmonoksida

  • Tahun Produksi < 2010 Dan Tipe Mesin 4 Tak Maka Ambang Batas CO = 5.5%
  • Tahun Produksi < 2010 Dan Tipe Mesin 2 Tak Maka Ambang Batas CO = 4.5%
  • Tahun Produksi >= 2010 Dan Tipe Mesin 2 Tak Atau 4 Tak Maka Ambang Batas CO = 4.5%

Hidrokarbon

  • Tahun Produksi < 2010 Dan Tipe Mesin 4 Tak Maka Ambang Batas HC = 2400 ppm
  • Tahun Produksi < 2010 Dan Tipe Mesin 2 Tak Maka Ambang Batas HC = 12000 ppm
  • Tahun Produksi >= 2010 Dan Tipe Mesin 2 Tak Atau 4 Tak Maka Ambang Batas HC = 2000 ppm
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor