window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Ditinggal, 5 Barang Ini Wajib Ada di Motor Saat Musim Hujan

Adit · 7 Nov, 2021 09:00

Cuaca yang tak menentu dan kadang juga turun hujan, wajib diantisipasi para pengguna sepeda motor. Ada beragam caranya, mulai dari memahami cara berkendara yang tepat ketika jalan licin atau banjir, juga bagaimana teknik menyikapi gaya motoran yang benar di musim hujan

Selain itu satu hal penting yang harus dipersiapkan, yakni barang-barang wajib yang ada di motor ketika musim hujan. Semua itu bisa digunakan agar Anda bisa melanjutkan perjalanan tanpa halangan. Jadi jangan sampai dicap mampu beli motor tapi nggak mampu beli jas hujan dan meneduh di underpass hingga membuat macet.

Jangan Ditinggal, 5 Barang Ini Wajib Ada di Motor Saat Musim Hujan 01

Baca Juga: Sering Dicuekin, Rem Cakram Ternyata Perlu Perhatian Ekstra Saat Musim Hujan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lalu benda apa saja yang harus ada di motor kala musim penghujan tiba? Berikut ini redaksi AutoFun Indonesia rangkum menjadi 5 barang wajib yang tidak boleh ditinggal oleh pemotor di musim hujan. 

1. Jas Hujan Setelan

Pertama adalah jas hujan model setelan atas bawah. Barang ini wajib ada di motor, bukan model ponco yang mudah tertiup angin atau memanjang ke bawah. Bukannya tanpa sebab, jas hujan tersebut berpotensi mencelakakan penggunanya. Saking panjangnya ada kemungkinan bisa tersangkut ke sistem penggerak atau roda belakang. 

Jangan Ditinggal, 5 Barang Ini Wajib Ada di Motor Saat Musim Hujan 01

Kemudian apabila beterbangan karena tertiup angin saat berkendara, bisa mengganggu kendali motor. Pandangan ke belakang jadi tidak maksimal karena terhalang. Selain itu juga mengganggu pengguna jalan lain. 

Menggunakan jas hujan model setelan diuntungkan karena mengikuti bentuk tubuh. Gerak bebas masih bisa fleksibel dan sekalian bisa melindungi tas punggung dari guyuran air hujan.  

2. Lap Mikrofiber dan Kanebo

Kemudian tak kalah penting adalah lap mikrofiber. Material yang ramah bagi permukaan bodi kendaraan ini wajib dibawa untuk mengelap spion, lampu, panel instrumen, dan jok yang basah ketika motor diparkirkan. Juga bisa untuk membersihkan visor helm tanpa takut menimbulkan baret. 

Jangan Ditinggal, 5 Barang Ini Wajib Ada di Motor Saat Musim Hujan 02

Penggunaan lap elastis atau kanebo bukannya tidak diperbolehkan. Hanya saja sebaiknya pastikan kondisinya selalu bersih, tanpa ada partikel yang menempel di permukaannya. 

Karena tanpa disadari, partikel tadi justru membuat baret bodi motor dan kaca helm umpama menggunakan kanebo untuk mengelap kedua barang tadi. Oleh karena itu, cara terbaik menggunakannya adalah cukup tempelkan saja dan biarkan air menyerap.

Baca Juga: Jangan Jadi Kebiasaan, Hindari Ngelap Bodi Motor dan Helm Pakai Kanebo

3. Jas Hujan untuk Sepatu

Oh iya saran beberapa praktisi keselamatan berkendara, ketika hujan pengendara tetap wajib mengenakan perlengkapan yang ideal. Seperti sepatu dan sarung tangan untuk tujuan keselamatan. Sekarang ini banyak sarung tangan yang anti air, tapi tidak untuk sepatu. 

Jangan Ditinggal, 5 Barang Ini Wajib Ada di Motor Saat Musim Hujan 03

Untuk mencegah alas kaki kotor dan basah kuyup, maka siapkan juga jas hujan khusus sepatu. Dengan menggunakannya, sepatu kerja atau kuliah masih tetap bisa dipakai tanpa perlu melepas dan menggantinya dengan sandal. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 25 ribu. 

4. Cover Tas atau Plastik

Oke selanjutnya siapkan pula cover tas. Ini wajib ada ketika jas hujan setelan yang dimiliki tak terlalu besar. Jadi untuk melindungi barang-barang di dalamnya, tas harus dilapisi cover biar air tidak mudah rembes. 

Jangan Ditinggal, 5 Barang Ini Wajib Ada di Motor Saat Musim Hujan 04

Misalnya sudah terlanjur dan tidak memilikinya, bisa gunakan plastik kresek biasa yang dirangkai sedemikian rupa untuk melindungi tas atau barang lainnya yang dibawa saat berangkat atau pulang beraktivitas, misalnya makanan atau barang elektronik. 

5. Busi Cadangan

Terakhir tak ada salahnya siapkan busi cadangan. Lagi pula komponen yang satu ini harganya juga terbilang murah, ada yang di bawah Rp 20 ribu tergantung merek dan jenis motornya. 

Jangan Ditinggal, 5 Barang Ini Wajib Ada di Motor Saat Musim Hujan 05

Lalu buat apa busi cadangan? Ini digunakan apabila motor ternyata mengalami mogok setelah menerjang genangan air tinggi atau melintasi banjir, karena busi menjadi basah dan tak lagi memercikan api. Setelah didiamkan sesaat dan motor tak kunjung hidup, coba ganti busi dengan yang baru.  

Namun begitu Anda juga wajib menyiapkan kunci busi tentunya untuk membuka busi lama. Karena tak bisa hanya mengandalkan tangan kosong. Demikian tips ini dibuat semoga bermanfaat. 

Baca Juga: Kawasaki Ninja 250 2021 Lebih Responsif Hanya Ganti Busi, Kok Bisa?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });