Inilah Alasan Motor Sport Fairing Tidak Dilengkapi Standar Tengah

Standar menjadi peranti yang penting di motor. Dengan komponen ini, si kuda besi bisa ditegakkan sehingga lebih mudah untuk diparkirkan. Biasanya di motor ada dua macam standar, yakni standar samping dan tengah. Namun standar tengah justru absen di jenis motor sport fairing. 

Motor sport fairing Honda CBR150R.
  • Supaya lebih ringan bobotnya
  • Saat menikung juga tidak mudah gasruk

Padahal bila mengutip Motor Bike Writer, banyak benefit yang didapat dari penggunaan standar tengah pada motor, yakni lebih aman diparkirkan di permukaan yang lunak. Kemudian karena posisinya tegak, akan mudah memposisikan motor di lokasi yang sempit. Sehingga tidak terlalu makan tempat. 

Oleh karena itu bagi para pemilik motor sport, lantaran pabrikan tidak menyematkannya, mereka biasanya membeli paddock stand terpisah. Sayangnya karena bentuknya yang tidak fleksibel, penggunaannya juga terbatas hanya bisa di rumah atau bengkel motor. Dalam artian susah dibawa berpindah tempat, apalagi sambil motoran. 

Motor sport fairing tidak dilengkapi standar tengah, sebagai gantinya pakai paddock stand.

Ini Alasan Tidak Ada Standar Tengah di Motor Sport Fairing

Lalu mengapa pabrikan justru menghilangkan komponen yang begitu penting ini di motor sport? 

Alasan pertama menurut sumber yang sama adalah supaya harga motor tetap terjangkau. Meskipun tidak sampai mahal banget harganya, cara ini ditempuh supaya harga jual motor tidak terpaut tinggi. Lagi pula kebanyakan pengguna sudah mengetahui hal ini, dan tidak begitu mempermasalahkan absennya standar tengah. 

Supaya lebih berestetika, motor sport fairing tidak dilengkapi standar tengah.

Kemudian kedua, cara ini agar motor sport fairing tetap kelihatan seksi dan sporty. Memang untuk alasan yang satu ini kita perlu sepakat, sebab akan terlihat aneh bagian bawah motor sport yang sudah tertutup bodi fairing, tapi tetap ada besi standar yang mencuat. 

Baca Juga: Mengenang Honda MegaPro, Motor Sport Yang Identik Dengan Bapak-Bapak

Maka dari itu, supaya bisa mendapat benefit dari penggunaan standar tengah, pemilik motor mengeluarkan uang ekstra untuk pembelian paddock stand. Dewasa ini bentuk paddock stand juga bervariasi, tergantung jumlah lengan ayun motor. Misalnya untuk MV Agusta Superveloce 800 yang punya satu lengan ayun, maka paddock stand-nya beda dari yang biasanya kita lihat di MotoGP.

Motor sport fairing pakai paddock stand.

Alasan ketiga adalah untuk tetap memenuhi standar regulasi emisi. Jadi supaya bobot motor tetap ringan dan efisiensi bahan bakarnya baik, pabrikan tidak menyertakan standar tengah yang bobotnya lumayan berat beberapa kilogram karena terbuat dari besi. 

Meskipun sekarang ini telah hadir standar yang terbuat dari material ringan namun kuat, khawatir lama kelamaan justru akan melengkung karena tidak dapat menopang bobot motor terlalu lama. Sehingga bisa menyebabkan motor jatuh. 

Motor sport fairing tidak dilengkapi standar tengah supaya tidak mudah gasruk saat nikung.

Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menambahkan, secara rasional dengan tidak adanya standar tengah juga membuat handling motor lebih mudah dan lincah. Pengendara tidak perlu takut ketika menikung akan gasruk mengenai permukaan jalan. 

"Misal ada standar tengahnya ketika rebah (menikung rendah) khawatir bergesekan dengan jalan. Apalagi standar tengah biasanya untuk injakan kaki, posisinya agak keluar sehingga bisa berbahaya," katanya. 

Itulah mengapa standar tengah motor sport fairing dihilangkan. Mengingat jenis motor yang satu ini orientasinya kecepatan di lintasan balap, maka saat belok nggak gampang gasruk. Lihat aja motor di MotoGP, tanpa standar tengah kan?

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Harus Segera Beralih dari Motor Biasa ke Motor Listrik

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor