window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling?

Adit · 26 Agu, 2021 18:00

Akhir pekan hampir tiba, saatnya pemula mempersiapkan diri belajar mengendarai motor. Bagi yang sudah bisa, tentunya bisa gunakan waktu untuk memperlancar pengoperasian motor dan melatih gaya berkendara yang dibenarkan. 

Harapannya mampu menguasai segala teknik berkendara motor, mulai dari merilis standar, mengatur visibilitas spion, menjalankan motor, menghidupkan sein, pengereman, deselerasi, belok, dan sebagainya hingga parkir lagi.  

Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling? 01

Belajar motor harus ditemani dan dipandu instruktur.

Baca Juga: Biar gak Celaka, Pahami Cara Pakai Kopling di Tanjakan dan Turunan

Namun untuk melatih keterampilan tersebut, baiknya gunakan motor matic atau manual dengan kopling? Sebab keduanya punya ciri khas masing-masing dan operasional yang berbeda. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Motor matic sederhananya tinggal nyalakan mesin dan putar gas langsung jalan. Beda motor kopling manual, pengendara harus memahami betul kerja perpindahan gigi, sampai merilis kopling yang tepat agar motor tidak mati, dan bisa berakselerasi secara halus. 

Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling? 01

Belajar motor manual atau matic harus di tempat tertutup.

Untuk menjawab ini praktisi keselamatan berkendara Andry Berlianto mengungkapkan kedua jenis motor tadi ideal digunakan oleh pemula untuk belajar motor. Tapi disarankan bila tersedia, pakai motor kopling manual. Tak perlu yang besar, bisa manfaatkan motor bebek berkopling seperti Yamaha Jupiter MX, Suzuki Shogun SP, dan sejenisnya. 

"Tidak wajib. Tapi pakai motor kopling manual supaya belajar dari awal bagaimana feeling dari ragam transmisi motor. Dari netral, naik ke gigi satu dan seterusnya, kemudian agar terbiasa mengontrol gas dan rem," ujarnya. 

Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling? 02

Belajar motor manual kopling supaya bisa mudah beradaptasi ke jenis motor lainnya.

Tujuannya agar pemula mudah menerapkannya pada motor matic. Sehingga ketika dihadapkan jenis motor tersebut untuk pertama kali misalnya, akan lebih mudah memahami karakteristik akselerasi maupun cara deselerasinya. Dan bukan tidak mungkin umpama orientasinya agar bisa menunggangi motor besar, lebih mudah nanti dalam penyesuaiannya. 

Kasus lain jika belajarnya selalu motor matic, akan susah mengendarai motor manual umpama terjadi kondisi darurat karena belum terbiasa dan operasional yang berbeda dari jenis matic. 

Baca Juga: Pemotor Baru Wajib Tahu, Kenali Area Blind Spot agar Tidak Celaka!

Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling? 03

Motor matic mudah dikendarai.

"Sehingga belajar motor manual lebih bisa berpindah dan mudah beradaptasi ke motor lainnya dengan cepat tanpa terlihat seperti pemula," terangnya lagi. 

Namun begitu jika tersedianya motor matic, maka bukan masalah besar. Paling tidak bisa kuasai dulu teknik dasar berkendara. Toh belajar motor kopling manualnya bisa di lain kesempatan saat sudah ada atau pinjam rekan.  

Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling? 04

Belajar motor manual atau matic harus tetap kenakan perlengkapan berkendara ideal.

Wajib Didampingi dan Harus Di Tempat Tertutup

Oke jika sudah memahami plus minus belajar pakai motor manual atau matic, pahami juga bahwa belajar berkendara tak boleh asal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya aspek keselamatan tetap menjadi prioritas. 

"Pemula juga wajib memahami tujuan berkendara, ketahui bahaya dan risikonya, aturan yang berlaku, dan tanamkan rasa empati karena jalan adalah ruang publik milik bersama, agar tidak mudah terpancing emosi serta keributan di jalan," pungkasnya. 

Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling? 05

Belajar motor harus dipandu instruktur dan di tempat tertutup.

Berikutnya saat belajar motor harus penuhi beberapa aspek berikut:

  1. Berkendara di area tertutup seperti lapangan atau jalan yang tidak dilalui kendaraan lain
  2. Wajib dipandu profesional atau rekan yang sudah memahami teknik berkendara motor
  3. Kenakan perlengkapan berkendara ideal mulai helm, sarung tangan, jaket, celana panjang, sepatu, hingga protektor kaki dan lengan untuk mengurangi cedera ketika jatuh
  4. Di sela-sela belajar tambahkan materi cara mendirikan motor, melepas hingga memasang standar, menunggangi motor kemudian menjalankannya hanya dengan kaki, berbelok angka 8, sampai berkendara pelan di gigi rendah untuk melatih keseimbangan.

Baca Juga: Masih Pakai Kabur Barus Untuk Naikkan Oktan BBM Motor? Sudah Bukan Zamannya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });