Vespa sudah bukan lagi sekadar kendaraan penunjang keseharian pemiliknya seperti kendaraan pada umumnya. Karena punya sejarah yang kuat serta bentuk yang ikonik, membuat Vespa punya nilai lebih.
Gak hanya jadi kendaraan, Vespa sudah menjadi bagian hidup dari para pemiliknya. Karena layak dikoleksi dan memiliki komunitas besar di seluruh penjuru dunia. Komponen aftermarket untuk Vespa pun terus berkembang.
Tidak melulu Vespa dengan tahun muda, tapi Vespa tahun tua juga punya taring tersendiri. Bahkan makin tua dan makin langka populasinya bisa membuat harga Vespa tersebut melambung tinggi.
Seperti Eko Suryanto yang kembali bermain dengan Vespa klasik. Dirinya mengaku kalau sebelumnya pernah oprek Vespa, kemudian beralih ke Piaggio Zip hingga akhirnya kembali ke Vespa.
Baca juga: Vespa Sprint 10th Anniversary PID, Bukan Limited Edition Biasa Nih!
“Terakhir main Vespa itu 2013, akhirnya berenti karena capek suka dibohongin bengkel-bengkel. Sampai akhirnya sekarang main Vespa lagi gara-gara diracunin sama Garasi Rumah,” buka Eko.
Pemilihan unit Vespa sebagai momen kembalinya Eko bermain Vespa ini gak tanggung-tanggung, sebuah Vespa 50S JDM atau biasa disebut Darling langsung diangkut olehnya.
Basic motor yang sudah cukup mahal ini, tidak dibiarkan standar olehnya. Justru kena sentuhan modifikasi kembali, wow! “Emang sengaja mau dimodif, pegel lah main orian, haha…” sambungnya.
Pemilihan Darling versi JDM ini dianggap Eko punya kondisi yang lebih fresh dibandingkan dengan Darling yang beredar di Indonesia. Baik dari segi mesin hingga bodi jauh lebih rapi.
Baca juga: Vespa Primavera S 150 Kini Rp 50 Jutaan, Apa Nikmatnya Naik Motor Ini?
“Kebanyakan Darling JDM itu motornya masih pada seger dibanding yang ada di sini. Dan unit yang gue dapet ini termasuk rare, karena Darling JDM dengan warna yang sama kaya Darling lokal,” tunjuk Eko.
Langkah pertama dengan memuluskan bagian bodi motor lansiran 1978 ini, pasalnya ada beberapa dempul yang dirasa cukup mengganggu bagi Eko. Beberapa sudut bodi juga kena sedikit reparasi.
“Bodi langsung dirapihin buat ngilangin dempul. Habis itu ada penyok titik juga, jadi diketokin biar gak ada penyok lagi. Habis itu finishing poles coating dan ganti-ganti lis dek biar seger lagi,” tambah pemilik akun Instagram @eshan.garage ini.
Modifikasi berlanjut dengan fokus di area kaki-kaki. Eko mengakui kalau dirinya jadi yang pertama di Indonesia yang mendatangkan arm fork Polini beserta shock Stage6 R/T, langsung dipasang di Darling pula!
Baca juga: Helm VWD 2022 Digoreng, Seharga Vespa LX 125 2022!
“Jadi yang pertama nih. Habis itu fork pakai Polini yang aslinya untuk Zip SP, tapi ada extension buat Darling jadi gak banyak custom. Ada beda di bobot yang lebih enteng dan beda sudut geometrisnya,” jelas pria murah senyum ini.
Untuk melindungi arm fork barunya, dibuatkan slider baru dengan bahan black POM plastic di belakang dan aluminium di depan.
Shock depan Stage6 R/T punya dimensi yang lebih pendek, namun kembali diberi lowerin kit SIP. Ini karena Eko terinspirasi dari tunggangan balap Vespa di Italia yang umumnya sisi depan lebih pendek dari belakang.
Sedangkan yang belakang menggunakan shock Zelioni Red Edition. Urusan pelek, sepasang pelek Zip MK1 dipasangkan pada Darling satu ini. Pelek ini juga menjadi salah satu pelek favorit yang digunakan untuk balap.
Baca juga: Vespa World Days 2022 Bali Cetak Sejarah, Dihadiri 8.600 Peserta dan 16 Negara
“Emang senang sama Zip, makanya pengen pakai pelek Zip depan dan belakang. Pelek Zip MK1 ini termasuk langka, karena jadi pelek paling ringan dia. Habis itu pasang cakram belakang, konsepnya sih ikutin yang di Italia,” rinci Eko yang memiliki Zip untuk balap ini.
Setelah itu beberapa part bodi disegarkan kembali. Seperti mengganti lampu depan pakai model lokal dan yang belakang pakai model Siem kecil. Jok juga diganti pakai A.Rejna model single seat.
Agar sensasi mesin juga segalak tampilannya yang kian racy, sektor mesin tentu tidak dibiarkan standar. Pasalnya mesin standar Darling hanya 50 cc, tentunya tenaga yang dihasilkan sangat lah loyo.
Untuk itu beragam racing part ditempelkan pada mesin ini. Mulai dari blok head VMC, kruk as DRT, pengapian SIP Sport, gir primer sekunder Ferodo, karbu Keihin PWK 28 Sudco, knalpot Egig, dan masih banyak lagi.
Baca juga: Pabrik Vespa di Indonesia Beroperasi Akhir Tahun
“Upgrade mesin emang sengaja gak terlalu extreme, biar gue masih bisa bawa motor ini,” urainya. Setelah rampung, motor ini justru terjual ke pulau Dewata oleh bro Justin Harijawan.
Kabarnya tembus angka 3 digit nih! Sadissss…
Data Modifikasi Vespa Darling 50S JDM 1978 | ||
---|---|---|
Lampu depan | Vespa Darling lokal | |
Grip gas | Chung | |
List layar | NOS Piaggio | |
List trisplang | Pascoli | |
Jok | A.Rejna | |
Stop lamp | Siem | |
Trapdor | MRP | |
Rack oli samping | MRP | |
Bracket elektronik | MRP | |
Engine guard | PLC Corse | |
Keran bensin | SIP | |
Standart tengah | Pascoli 16 mm | |
Stiker | Rodaggio | |
Steering column fork | Polini | |
Fork swing arm | Polini | |
As roda | Polini | |
Hub pelek | Ottopunto | |
Bearing fork | Polini | |
Karet shock | BGM | |
Shock depan | Stage6 R/T | |
Lowering kit | SIP | |
Bracket kaliper | +62 Gameg | |
Kaliper | Ottopunto radial | |
Cakram | Polini floating | |
Sepatbor | Carbon PLC Course | |
Slang rem | HEL + Banjo | |
Master rem | Crimaz | |
Baut banjo | Ottopunto | |
Pelek | Piaggio Zip SP MK1 | |
Shock belakang | Zelioni Red Edition | |
Disc brake belakang | Crimaz Set | |
Ban depan | PMT Medium Compound 3.50x10 | |
Ban belakang | Mitas Medium Compound 3.50x10 | |
Blok Head | VMC | |
Kruk as | DRT | |
Knalpot | Egig | |
Kopling | Egig | |
Pengapian | SIP Sport | |
Seal krukas | Polini Cone 20 | |
Tutup kopling | Crimaz | |
Braket knalpot | Crimaz | |
Gir primer sekunder | Ferodo | |
Karbu | Keihin PWK 28 Sudco | |
Snake head karbu | CMD | |
Kabel busi | NGK | |
Crash pad | Crimaz | |
Tutup kipas | Crimaz |