Tengok Ubahan Honda RC213V Marquez 2017-2023, Wingletnya Makin Rumit!

Honda RC213V model 2018
  • Musim 2017 ada revisi desain winglet.
  • Desainnya makin radikal sejak 2022.

Tren penggunaan winglet di ajang MotoGP dimulai oleh tim Ducati sejak musim 2016. Namun sejumlah insiden yang melibatkan kontak dengan winglet saat balap membuat aturannya direvisi pada 2017.

Bentuk winglet tak lagi boleh terbuka layaknya sayap pesawat. Hasilnya, sosok motor balap tampak lebih 'bersih' dan kembali minimalis di awal-awal seri. 

Tapi kemudian berubah, bahkan lebih radikal. Karena penggunaan winglet disiasati agar lebih menyatu pada fairing.

Honda RC213V 2017

Ubahan regulasi dan desain fairing ini juga terlihat pada Honda RC213V 2017. Pada saat peluncurannya di Jakarta International Expo (JIExpo), penampilan motor tersebut terlihat polos tanpa winglet.

Mulai 2017 knalpot SC Project menggantikan Termignoni

Bentuk ram airnya sedikit lebih kaku dan tidak terlalu oval ketimbang model 2015 dan 2016. Tapi sama seperti Ducati, di beberapa seri terakhir, Honda RC213V mengusung panel aerodinamika tambahan di sisi fairing.

Motor yang mulai dikawal knalpot dari SC Project ini pun sukses membawa Marc Marquez juara dunia MotoGP untuk kali ke-4 dan dua musim secara beruntun.

Honda RC213V 2018

Lagi-lagi tim Repsol Honda melakukan seremonial pengenalan di Jakarta. Dan sosok motor yang dihadirkan, masih mengusung tampilan fairing musim sebelumnya.

Namun desain tersebut tak dipakai sepenuhnya selama semusim. Sebab HRC juga menghadirkan paket aerodinamika baru pada tengah musim balap. 

Bentuk wingletnya pun makin besar dengan posisi di kedua sisi dan terintegrasi dengan ram air. Ukuran pipa knalpotnya pun lebih pendek dari versi musim sebelumnya.

Dengan paket motor ini, Marquez lagi-lagi sukses merebut gelar juara dunia MotoGP dan membuatnya menang di 3 musim secara beruntun.

Baca Juga: Murah! Tiket IMOS+ 2023 Dijual Mulai Rp 12.500 Saja

Honda RC213V 2019

Paket aerodinamika pada bodi Honda RC213V 2019 masih mengikuti sosoknya di akhir musim 2018. Bentuk winglet besar yang desainnya berlekuk mirip bumerang ini muncul saat perkenalan motor tersebut di awal musim.

Motor 2019 versi launching masih mirip model 2018 

Tapi desain tersebut bahkan tak sempat dipakai sejak seri pembuka di Losail, Qatar. Sebab insinyur Honda telah meracik paket aerodinamika baru di Honda RC213V 2019.

Seperti bisa dilihat, desain winglet tak lagi landai dan berlekuk seperti sebelumnya. Gantinya ada winglet kaku yang mirip dasi kupu-kupu. Serta ada tambahan winglet mungil di sisi fairing tersebut.

Bentuk winglet di seri Losail berbeda dari saat peluncuran

Kedigdayaan Marc Marquez kembali terbukti dengan motor tersebut. Gelar juara MotoGP ke-6 dengan empat musim beruntun sukses diraihnya pada musim 2019.

Honda RC213V 2020

Masuk ke musim balap 2020, Marc Marquez yang berduet dengan adiknya, Alex Marquez menghadirkan desaun baru lagi pada fairingnya. Bentuknya sedikit lebih pipih di bagian depan ketimbang musim lalu.

Edisi yang paling jarang dipakai Marquez

Bentuk wingletnya juga tak lagi terlalu kaku ketimbang musim lalu. Posisinya pun pindah, bukan di bawah ram air tapi di bagian sisinya.

Ubahan lainnya ada di lubang ram air yang juga pipih mengikuti bentuk fairingnya, sehingga terlihat jelas celah dengan winglet di kedua sisinya.

Sayangnya, Marc Marquez tak sempat bercengkrama banyak dengan motor ini. Cedera panjang pasca terjatuh di Jerez sebagai seri pembuka musim 2020 membuatnya harus beristirahat sepanjang musim.

Honda RC213V 2021

Paket aerodinamika atau winglet baru kembali hadir di Honda RC213V musim balap 2021. Bentuknya sekilas justru mirip edisi 2019 dengan bentuk winglet yang kaku. Tapi posisinya lebih rendah dibanding edisi 2020.

Seri Jerez 2021 punya fairing mirip musim 2019

Menariknya, winglet dengan bentuk berlekuk seperti musim 2019 juga masih kerap dipakai. Seperti saat Marc Marquez menjuarai seri Austin di Amerika Serikat.

Di musim ini, Marquez sukses menempati posisi ke-7 di akhir klasemen. Hasil yang baik pasca pemulihan cedera di tahun 2020.

Edisi 2021.

Baca Juga: Bukan 1 Tahun, Garansi Rangka Motor Yamaha Sekarang 5 Tahun!

Honda RC213V 2022

Rombakan desain fairing yang cukup signifikan terjadi pada motor Honda RC213V 2022. Mulai dari bentuk ram air yang tak lagi melebar ke samping, melainkan berbentuk trapesium terbalik.

Model 2022 tampangnya berubah total

Desain ram air tersebut jamak dipakai oleh para kompetitor seperti Ducati GP22 dan Yamaha YZR-M1. Bentuk wingletnya juga berubah tak lagi kaku dan besar, tapi lebih pipih.

Honda RC213V 2023

Musim terakhir Marc Marquez bersama tim Repsol Honda kali ini, rombakan signifikan pada fairing Honda RC213V kembali terjadi. Bentuk ram air dibuat lebih kotak, mirip kepunyaan KTM RC16 dan Aprilia RS-GP.

Desain winglet pun berubah menjadi lebih besar dan posisi yang sedikit naik seperti di musim 2020 lalu. Bentuk winglet besar di kedua sisi fairing hadir menggantikan tipe mungil sebelumnya.

Paket aerodinamika RC213V 2023 paling rumit

Bukan hanya bagian depan, ubahan drastis tampak juga di buritan. Hal ini berkat adanya panel sayap yang dikenal dengan julukan 'Stegosaurus Wings' yang ada di bodi belakangnya.

Dengan rombakan ini, Marquez sempat menunjukan ketangguhannya. Termasuk saat merebut podium tiga di Motegi beberapa waktu lalu.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Fakta Marc Marquez dan Repsol Honda Dalam Angka

Marquez identik dengan Honda RC213V. Musim perdana langsung sabet gelar juara dunia. Kabar panas dari arena MotoGP mengenai berakhirnya kerja sama antara pembalap Spanyol, Marc Marquez dan tim Repsol Honda akhirnya diumumkan Rabu (4/10/2023). Mengejutkan memang, mengingat kolaborasi keduanya sudah berlangsung sangat lama. Tapi spekulasi kepindahan Marquez sudah diprediksi sebelumnya. Ini karena performa motor Honda RC213V tak lagi kompetitif. Padahal, di era keemasannya hingga 2019 lalu, pemilik

Banyak yang Belum Tahu, Kanebo Tak Boleh Untuk Ngelap Bodi!

Lap chamois bisa merusak bodi. Cara pakai yang salah memperparah efek merusak. Lap microfiber lebih direkomendasikan. Mencuci motor jadi ritual yang kerap dilakukan bikers, dan biasanya menggunakan kanebo untuk membasuh juga mengeringan bodi motor. Tapi tahukah kalian, kalau mencuci motor menggunakan kanebo sebagai alatnya, bisa membuat bodi motor kalian baret-baret! "Karena sekarang itu kanebo kualitasnya tidak bisa dipertanggung jawabkan, mereknya sudah banyak macamnya," buka Joddy Ario dari J

Tiga Teknisi Honda Siap Adu Kemampuan Dikompetisi Tingkat Dunia

Indonesia kirim tiga perwakilan. Ada tes tulis dan praktik. Pertama diadakan Honda Motorcycle Co Ltd. PT Astra Honda Motor (AHM) bakal mengirimkan tiga teknisi andalannya untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia, dalam ajang Honda Global Technician Contest Motorcycle (GTC) 2023. Kompetisi yang melibatkan seluruh teknisi Honda di dunia itu akan berlangsung di Honda Technical College Kanto, Tokyo, Jepang, 7-8 Oktober 2023. Event ini jadi yang pertama diselenggarakan oleh Honda Motor Co Ltd. Sebelum

Bukan 1 Tahun, Garansi Rangka Motor Yamaha Sekarang 5 Tahun!

Kasus rangka eSAF Honda bikin Yamaha ikutan repot. Yamaha membuat keputusan besar soal garansi rangka motornya. Kehebohan pembahasan rangka motor Honda yang belakangan ini terjadi, sedikit banyaknya berpengaruh terhadap Yamaha. Alhasil, membuat jenama garpu tala membuat keputusan besar terkait garansi rangka motor Yamaha. Seperti pernah disampaikan oleh Dyonisius Beti selaku President & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini. Semenjak kasus rangka eSAF merebak, ada sur

Murah! Tiket IMOS+ 2023 Dijual Mulai Rp 12.500 Saja

Lokasi pameran pindah ke ICE BSD. Harga berlaku untuk tiket pre sale. Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) yang sebelumnya digelar dua tahunan, kini rutin berlangsung tiap tahun. Dan pada penyelenggaraan ditahun ganjil ini, namanya menjadi IMOS+. Ajang IMOS+ 2023 akan berlangsung pada 25-29 Oktober mendatang. Selain nama gelaran yang sedikit berubah, venue acara pun berpindah. Baca Juga: Yamaha Jupiter Z1 2023 Dapat Penyegaran, Ini Bedanya Dari Tahun Lalu Lokasi Gelaran Pindah Yup, lokasi ev

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor