Review Renault Kwid 2020: Desain Baru Hatchback Murah Eropa

Dua tahun tanpa penjualan yang memuaskan, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) memperkenalkan edisi facelift Renault Kwid 2020. Dengan harga sekelas mobil LCGC (Low Cost Green Car), Kwid memiliki berbagai fitur baru didukung dengan warna yang atraktif.

Harga dan Spesifikasi Renault Kwid 2020
Harga
Tipe Harga
Renault Kwid Rp 149.900.000
Renault Kwid Climber Rp 158.900.000
Spesifikasi
Mesin
Tipe Mesin 1.0L HR10DE 3-silinder
Kapasitas Silinder 999 cc
Tenaga Maksimal 68 PS @ 5.500 rpm
Torsi Maksimal 91 Nm @ 4.250 rpm
Transmisi 5-Percepatan Manual dan Automated Manual Transmission (AMT)
Sistem Penggerak Front-wheel drive
Dimensi
P x L x T 3.731 x 1.579 x 1.474 mm
Wheelbase 2.422 mm
Ground Clearance 184 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson strut dengan lower transverse link
Suspensi Belakang Twist beam suspension dengan oil spring
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Tipe Ban 165/70 R14
Velg 14 inci

Sejarah

Renault Kwid akhirnya mendapatkan penyegaran di Indonesia. Renault Kwid sendiri merupakan hatchback (atau disebut entry-level crossover) yang awalnya dikembangkan untuk pasar India. Kwid merupakan mobil perama yang dibuat menggunakan platform CMF-A kolaborasi Renault dan Nissan.

Kwid diperkenalkan di Chennai, India, pada 20 Mei 2015 oleh CEO Renault saat itu, Carlos Ghosn. Ghosn menyebutkan bahwa mobil ini akan “mengubah wajah Renault di India”. Dengan 25.000 pemesanan dalam 2 minggu dan 70.000 unit dalam 2 bulan.

Sedangkan di Indonesia, Renault Kwid pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dengan harga yang mengejutkan. Kala itu, Kwid generasi pertama mendapatkan harga Rp117 jutaan saja dan menyasar pasar mobil murah Tanah Air.

Sayangnya popularitas Renault Kwid di India belum menyebar ke Indonesia. Penjualannya sejak pertama kali diperkenalkan hingga saat ini masih belum bisa menyaingi mobil-mobil Jepang layaknya Suzuki Ignis yang menjadi pesaingnya.

Facelift Renault Kwid akhirnya meluncur pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu. Animo masyarakat dirasa cukup baik, sehingga Maxindo Renault Indonesia membawa hatchback murah ini ke Indonesia tahun ini. 

Eksterior

Hadir dalam dua varian, tampilan eksteriornya terasa atraktif dengan perpaduan warna cerah yang tersedia. Namun tampilan yang menawan hanya diberikan pada Renault Kwid Climber yang menjadi varian tertinggi. Sedangkan Renault Kwid hanya menggunakan eksterior polos.

Perubahan paling signifikan tentu saja pada bagian depan dengan tampilan grille yang baru. Ada lampu Daytime Running Light dengan kesan sipit berteknologi LED memberikan tampilan menawan bagi Kwid edisi facelift ini.

Lampu depan saat ini berpindah ke bawah, tempat yang dulunya lampu kabut. dikelilingi dengan aksen hitam dan oranye yang menawan. Saat ini, Renault Kwid diberikan tanpa lampu kabut. Apakah ini tandanya Kwid hanya bisa digunakan di perkotaan?

Tapi Kwid sudah mendapatkan ground clearance tinggi mencapai 184 mm. Ada pula side moulding berwarna hitam yang membuatnya tambah sporty. Ditambah dengan roof rail pada bagian atap. Pada Kwid Climber, roof rail bagian belakang kembali memiliki aksen berwarna oranye.

Spoiler belakang menghiasi tampilan buritannya, tapi ditawarkan tanpa wiper. Ubahan lainnya termasuk lampu belakang berbentuk ‘C’ yang sudah dilengkapi teknologi LED. Ada skid plate berwarna silver beraksen oranye yang senada dengan tampilan depannya pelengkap tampilan sporty mobil ini.

Interior

Setara dengan tampilan eksterior yang cerah, bagian dalamnya pun tak kalah menariknya. Didominasi warna hitam, interior mendapatkan aksen-aksen cerah pada dashboard dan kursi. Ditambah dengan pola jok baru yang membuatnya semakin menawan.

Tampilan dashboard Renault Kwid cukup atraktif walaupun masih menggunakan material plastik. Ada aksen oranye yang menghiasi dashboard sebagai pemanis. Ditambah dengan head unit layar sentuh berukuran 20,32 cm, sudah mendukung kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Setir yang diberikan polos, tanpa tombol multi-fungsi yang sering ditemukan pada mobil-mobil baru saat ini. Bisa jadi sebagai salah satu cara mengurangi ongkos produksi, begitu pula dengan material dashboard yang biasa saja.

Konsol tengah mendapatkan ubahan baru, karena Renault memberikan transmisi AMT berbentuk gear, bukan dengan tongkat persneling seperti mobil pada umumnya. Tampilannya dirasa cukup mewah, layaknya mobil-mobil premium milik Ford.

Pada kursi baris kedua sudah disediakan arm rest untuk memberikan rasa nyaman ketika di dalam mobil. Meskipun kursi baris kedua tidak bisa lagi direbahkan, namun tingkat kerebahannya bisa dibilang cukup baik untuk menopang punggung selama perjalanan.

Ruang kaki pada Renault Kwid memang tidak terlalu lapang, mengingat dimensinya yang kompak. Begitupun dengan ruang kepala. Hanya pas-pasan untuk masyarakat Indonesia dengan tinggi badan 180 cm. Jika Anda lebih tinggi lagi, Anda mungkin tidak begitu nyaman di dalam mobil ini.

Anda bisa menemukan USB Port yang bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone Anda. USB Port juga bisa ditemukan pada sisi kiri bagasi. Kursi baris kedua juga mendapatkan fitur AC untuk memberikan kenyamanan lebih selama berkendara.

Dimensi Kwid memang dibilang hampir sama dengan hatchback lainnya, kapasitas ruang penyimpanan cukup baik. Anda bisa menyimpan beberapa koper dan tas, atau sekedar membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Fitur Keselamatan

Dibanderol dengan harga sekelas LCGC, PT MRI menyematkan berbagai fitur keselamatan aktif untuk memberikan keamanan selama Anda berkendara. Diantaranya Dual Airbag ditambah dengan Driver Side Airbag untuk penumpang di depan.

Fitur lain pada mobil Renault Kwid termasuk sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan EBD (Electronic-force Brake Distribution) yang membantu pengereman di jalan basah dan licin. Bagi Anda yang sering terlupa menggunakan sabuk pengaman, Kwid dilengkapi dengan Seat Belt Reminder.

Selain tiga sensor parkir yang ditanamkan pada bagian buritan belakang, Kwid memberikan kemudahan dalam memarkirkan kendaraan dengan kamera parkir yang bisa Anda lihat pada head unit pada dashboard.

Mesin

Kwid Climber masih menggunakan mesin HR10DE 1.0L 3-silinder berkapasitas 999 cc yang digunakan pada edisi sebelumnya. Kwid Climber mampu menghasilkan tenaga hingga 68 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 91 Nm pada 4.250 rpm.

Satu hal yang baru dari mesin Renault Kwid Climber adalah transmisi Automated Manual Transmission atau AMT. Transmisi ini hanya ditawarkan pada Kwid Climber yang menjadi varian tertinggi Kwid di Indonesia.

Tenaga disalurkan ke roda depan untuk menghindari hilangnya daya jika menggunakan penggerak roda belakang. Apalagi tenaga maksimal Renault Kwid yang dikeluarkan tidak begitu besar layaknya hatchback lain di segmennya.

Performa dan Handling

Keluaran daya Kwid masih sama dengan versi sebelum facelift. Pasalnya Kwid hanya menggunakan mesin 1.0L, tentu saja daya yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan hatchback lain dengan mesin 1.2L atau bahkan 1.5L.

Tenaga 68 PS memang masih baik jika dibawa pada perjalanan di dalam kota. Tapi dibawa ke jalan tol atau berkendara di jalanan mendaki, Anda bisa merasakan kurangnya tenaga dari Kwid. Walau Renault sendiri mengungkapkan Kwid mampu berkendara di jalanan luar kota dengan baik, kurangnya kekuatan mobil masih terasa.

Belum lagi dengan penggunaan mesin 3-silinder memberikan getaran yang cukup besar jika dibandingkan dengan mesin 4-silinder. Masih terasa, tapi getaran yang dirasakan tidak begitu mengganggu pengendaraan karena peredaman Kwid bisa dibilang cukup baik.

Konsumsi BBM

Jika dilihat dari konfigurasi mesin yang digunakan, Renault Kwid Climber bisa disebut sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC). Mengingat mobil ini menggunakan mesin 1.0L. Namun entah mengapa mobil ini tidak masuk pada klasifikasi LCGC.

Tapi penggunaan mesin berkonfigurasi 999 cc tentu saja memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan mesin dengan kapasitas silinder yang lebih besar. Meskipun Renault masih belum mengungkapkan berapa catatan konsumsi bahan bakar Kwid Climber.

Kwid Climber disebut menawarkan kinerja dan efisiensi terbaik untuk segmennya. Sebelumnya, Kwid Climber versi India disebut mampu menempuh hingga 23,01 km/l. Untuk pemakaian biasa, Kwid kemungkinan besar bisa menawarkan efisiensi hingga 20 km/l.

Video

Facelift Renault Kwid 2020 sudah lebih dulu meluncur di India beberapa bulan sebelum masuk ke Indonesia. Karena itu, Anda bisa melihat lebih jelas video Renault Kwid terbaru yang diunggah oleh Renault India di bawah ini.

Kesimpulan

Ubahan terbaru dari edisi facelift Renault Kwid 2020 memang membuatnya lebih atraktif dibandingkan sebelumnya. Belum lagi dengan penambahan fitur dan teknologi baru memberikan daya tarik tersendiri mengingat harganya yang sangat terjangkau. Namun, tenaga yang diberikan memang masih kurang, dimana pesaingnya dari segmen hatchback sudah banyak yang menggunakan mesin 1.2L. Tapi tenang saja, Kwid masih nyaman jika dibawa berkendara dengan santai di jalanan perkotaan bersama dimensinya yang kompak.
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Renault Kwid

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

14.892 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 151,00 Juta
Rp 3,08 Juta/bln

18.537 km

3 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Personalisasikan All New Renault Kwid

Renault Kwid Menambahkan Fitur Yang Lebih Bergaya

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    VS
    Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    Kwid vs Ayla
  • Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Kwid vs Brio
  • Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Kwid vs Agya
  • Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Kwid vs March
  • Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    VS
    Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    Kwid vs Ignis
Renault Kwid
Lihat