Rp 133,00 - 184,90TBC Juta

Harga di Indonesia

Renault Triber Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1L
Tenaga72PS
Tempat Duduk7

Renault Triber Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Harga Relatif Terjangkau

  • Fitur EasyFix Seats Memudahkan Pengaturan Kursi

  • Fitur Keyless Remote Menambah Kepraktisan

  • Ground Clearance Tinggi, Andal di Jalan Bergelombang

Kekurangan

  • Mesin Kurang Bertenaga

  • Transmisi AMT Membuat Pengendaraan Kurang Nyaman

  • Dealer dan Bengkel Resmi Masih Terbatas

Renault Triber Gambar

Eksterior

Interior

Renault Triber Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Renault Triber bisa menjadi pilihan terbaru bagi konsumen Tanah Air yang menginginkan MPV kompak yang terjangkau, bisa memuat hingga tujuh orang, serta dilengkapi berbagai fitur yang lengkap dibandingkan model lain di segmennya. Harga Renault Triber 2020 dimulai dari Rp133 jutaan bagi Renault Triber RXE MT hingga Rp179 jutaan bagi Renault Triber RXZ MT yang menjadi varian tertinggi.

    Mobil ini pertama kali diperkenalkan secara global di negara India pada Januari 2020 lalu. Mobil ini dikatakan memiliki rupa yang sama dengan Datsun Go+ MPV di India. Setelah sukses besar di India , MPV kompak Renault Triber akhirnya masuk ke Indonesia pertama kali pada 12 Juli 2019. 

    Triber yang dibawa langsung dari India merupakan MPV Segmen A yang duduk di atas platform terbaru Renault CMF-A yang mengesankan. Dari beberapa varian yang dipasarkan di Indonesia, Triber hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin saja, yaitu mesin BR10 1.0L 3-silinder.

    Harga Renault Triber :

    Varian Harga
    Renault Triber RXE MT Rp 133.000.000
    Renault Triber RXT AT Rp 164.000.000
    Renault Triber RXL MT Rp 166.900.000
    Renault Triber RXZ AT Rp 169.900.000
    Renault Triber RXT MT Rp 172.900.000
    Renault Triber RXZ MT Rp 179.900.000

    Spesifikasi Renault Triber :

    Mesin Renault Triber 2020
    Tipe Mesin BR10 1.0 3-silinder DOHC VVT
    Kapasitas Silinder 999 cc
    Tenaga Maksimal 72 PS @ 6.250 rpm
    Torsi Maksimal 96 Nm @ 3.500 rpm
    Transmisi 5-percepatan manual dan 5-percepatan AMT (Automatic Manual Transmission)
    Sistem Penggerak Front-wheel drive
    Dimensi Renault Triber 2020
    PxLxT 3.990 x 1.739 x 1.643 mm
    Wheelbase 2.636 mm
    Ground Clearance 182 mm
    Kaki-Kaki dan Suspensi Renault Triber 2020
    Suspensi Depan MacPherson Strut
    Suspensi Belakang Torsion Axle Beam
    Rem Depan Disc
    Rem Belakang Drum
    Pelek/Ukuran Ban 185/65 R15
    Velg 15 inci alloy

    Sejarah Renault Triber

    Renault Triber 2020 yang dibawa ke Indonesia merupakan produk asli Renault yang dikembangkan untuk pasar India. Memiliki pangsa pasar yang kurang lebih sama, Renault pun mengklaim Triber cocok untuk pengendaraan di Indonesia.

    Di India saja, popularitasnya tak terbendung. Sebanyak 10.000 Renault Triber dikirim ke konsumen hanya 2 bulan sejak diperkenalkan pertama kali pada Juli 2019 silam. Bahkan hingga akhir tahun 2019, penjualannya menembus 18.000 dan mengalahkan Renault Kwid sebagai model terlaris Renault di negeri Bollywood tersebut.

    Triber memang dikembangkan dari Renault Kwid menggunakan platform CMF-A milik Renault dan Nissan. Pengembangannya dipimpin oleh Laurens van den Acker, Kepala Desain Renault Groupe yang menyebutkan desain Triber layaknya ‘seperti Leonardo da Vinci’.

    Dimensinya yang kompak, tak lebih dari 4 meter, dijejali konfigurasi 7 tempat duduk kesukaan konsumen Indonesia. Renault Triber juga tak terlalu lebar sehingga membuatnya cocok digunakan sebagai kendaraan perkotaan.

    Triber sudah mulai dipasarkan di Indonesia sejak diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Debut pertamanya bahkan menghasilkan pemesanan lebih dari 1.000 unit. Pengiriman dilakukan sejak Maret 2020, namun mendapatkan keterlambatan akibat imbas dari Covid-19.

    Ketika diperkenalkan, harga Renault Triber 2019 kala itu membuatnya menjadi salah satu model paling menggiurkan. Bagi sebelum melihat lebih jelas ketangguhannya di jalanan, cek terlebih dahulu review Renault Triber terbaru di bawah ini.

  • Eksterior

    Berbeda dengan MPV lainnya yang dipasarkan di Indonesia, Renault Triber menawarkan kesan yang sporty dengan bahasa desian khas Eropa. Dengan platform yang sama, eksteriornya memang dibuat sedikit mirip dengan Renault Kwid.

    Tampilan depannya dibuat sangar dan sporty untuk memikat konsumen Tanah Air. Terlihat grille depan yang tak terlalu besar dihiasi logo Renault serta aksen chrome yang membuatnya terasa mewah layaknya mobil Eropa lainnya.

    Lampu dengan yang memanjang dan berbentuk sipit sudah menggunakan lensa proyektor. Meski belum tanpa lampu HID atau LED, namun cukup baik dalam menemani ketika berkendara di malam hari. Di bawah, terdapat strip LED tipis untuk Daytime Running Lamp.

    Pada sisi samping terdapat side moulding yang lebar mempertegas kesan sporty pada mobil ini. Ditambah dengan ground clearance yang cukup tinggi dibanding MPV lain di segmennya, yaitu 182 mm. Triber terkesan aman digunakan di jalanan bergelombang.

    Dibekali velg 15 inci, desain kaca yang ramping serta siluet yang mungil membuat tampilannya terasa menarik untuk Low MPV. Tak perlu ragu dengan kepraktisannya, Renault Triber dibekali roof rail yang mampu mengangkut beban 50 kilogram di atas atap.

    Overhang belakang terlihat pendek. Membuatnya terasa lebih kompak dan enak dibawa bermanuver di jalanan perkotaan. Lampu belakang yang tipis disandingkan dengan skid plate berwarna doff grey melengkapi kesan kokoh Triber di belakang.

  • Interior


    Berbeda dengan model Renault lainnya yang menawarkan rasa berkendara yang mewah dan premium, interior Renault Triber terlihat lebih sederhana. Terlihat dari material plastik keras yang menghiasi dashboard serta setir tanpa tombol pengaturan.

    Kesan canggih terasa pada layar sentuh 8 inci yang cukup menarik perhatian di dalam kabin. Menariknya head unit sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Pengaturan AC bisa dilakukan pada kontrol HVAC yang terletak di bawah layar.

    Tidak ada setir berlapis kulit. Hanya ada setir polos berbahan plastik keras dengan sedikit aksen chrome dan logo Renault mempercantik tampilannya. Namun, hal ini sangat berguna untuk mengurangi ongkos produksi serta menekan biaya jual mobil ini.

    Di dalam, Triber dilengkapi berbagai fitur canggih yang tidak bisa ditemukan pada pesaingnya. Dengan harga yang ditawarkan, pengemudi sudah mendapatkan konsol tengah dengan pendingin yang bisa digunakan untuk menyimpanan minuman maupun kendaraan sepanjang perjalanan.

    Selain itu, Triber juga menjadi mobil pertama di kelasnya yang sudah menggunakan kluster instrument LED. Membuat tampilannya terasa lebih futuristik. Selanjutnya ada twin-AC yang terdapat pada baris kedua dan baris ketiga.

    Renault Triber tersedia dengan konfigurasi 5 kursi, 6 kursi, dan 7 kursi. Kepraktisannya terlihat dari kursi baris kedua yang bisa digeser, direbahkan, hingga dilipat ke depan. Kursi baris ketiga bahka bisa dilepas. Renault menyebutkan ada 100 konfigurasi kursi yang bisa digunakan pada Triber.

    Dengan tiga pilihan konfigurasi kursi yang diberikan, kapasitas bagasi pun terbagi tiga. Pengaturan 7 kursi menyisakan ruang bagasi 84 liter, dan 320 liter untuk Triber 6 kursi. Catatan tersebut belum dihitung pada saat kursi baris ketiga dilipat. Sedangkan Triber 5 kursi memiliki kapasitas bagasi 625 liter.

  • Fitur

    Namun dari segi keselamatan, Triber terlihat menawarkan teknologi yang cukup minimalis. Renault Triber RXZ sebagai varian tertinggi menawarkan empat airbag yang menutupi bagian depan dan samping guna melindungi pengemudi dan penumpang depan ketika terjadi kecelakaan.

    Penghuni baris kedua dan ketiga dari varian yang lebih rendah memang belum mendapatkan airbag. Tapi setiap bangku mendapatkan sabuk pengaman tiga titik lengkap dengan pretensioner. Selain untuk kenyamanan, head rest berguna untuk menjaga kepala ketika terjadi benturan.

    Untuk membantu pengemudi selama berkendara dan memarkirkan kendaraannya, Renault menyematkan fitur kamera parkir belakang. Sayangnya belum ada sistem atau teknologi keselamatan aktif lanjutan yang diberikan pada model murah Renault ini.

  • Mesin dan Performa

    Mesin

    Tak hanya dari segi fitur di dalam kabin saja. Namun, Renault Triber dibangun dari platform baru dengan konsep Energy Engine. Membuatnya memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih nyaman ketika diajak berkendara dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

    Dibawa ke Indonesia, Triber masih mengenakan mesin bensin 1.0L 3-silinder yang sama dengan yang digunakan di India. Tenaga yang dihasilkan memang tak begitu besar, hanya 72 PS pada putaran 6.250 rpm dan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm.

    Tenaga disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi 5-percepatan manual dan 5-percepatan AMT (Automatic Manual Transmission). Transmisi AMT otomatis dipadukan dengan perpindahan gigi secara manual akan meningkatkan rasa berkendara di dalam mobil.

    Performa & Handling

    Mesin yang digunakan pada Triber sudah lebih dulu menjadi jantung Clio dan Dacia Sandero yang dipasarkan di Eropa dan Amerika Selatan. Bedanya terdapat pada sistem VVT ganda yang membuat mesin Triber menjadi lebih responsif.

    Mesin bensin yang digunakan cukup baik ketika diajak berkendara. Namun, masalah utama mesin 3-silinder yaitu getaran mesin yang cukup berisik. Meski masalah ini tak terlalu mengganggu dengan peredaman kabin yang cukup baik dari Triber.

    Ketika mulai melaju dalam putaran bawah, penyaluran tenaga Renault Triber terasa kurang menggigit. Tapi ketika sudah melewati 3.000 rpm, akselerasi cukup positif. Meski pengemudi baru sepertinya perlu membiasakan diri dengan persneling AMT yang cukup membingungkan.

    Akselerasi memang bukan daya tarik mobil ini. Begitu pula pijakan pada pedal kopling bisa dibilang cukup berat. Namun bantingan suspensi Triber cukup baik. Tidak terlalu empuk namun masih nyaman untuk dikendarai dan pada saat digunakan bermanuver.

    Konsumsi BBM

    Tak ada yang perlu diragukan dari mesin 3-siilnder. Meskipun memiliki getaran yang lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder, konfigurasi 3-silinder dan 12 katup mampu menghadirkan konsumsi bbm yang cukup efisien.

    Karena menggunakan spesifikasi dari India, maka mesin dan konfigurasi teknisnya hampir sama ketika dibawa ke Indonesia. Dalam pengujian yang dilakukan media India, Triber mampu menempuh hingga 20 kilometer dalam 1 liter bahan bakar. Cukup hemat bagi sebuah Low MPV.

    Meskipun Triber tidak diklasifikasikan sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC), tapi MPV teranyar Renault ini bersaing dengan LCGC Tanah Air dalam hal harga yang ditawarkan. Keunggulannya akan berkurang jika memiliki bahan bakar yang boros.

  • Kesimpulan

    Dipasarkan bersamaan dengan Renault Kwid Indonesia, Triber memiliki harga paling terjangkau dari seluruh model Renault di Tanah Air. Belum lagi dengan berbagai fitur menarik dan kepraktisan yang membuatnya patut dipertimbangkan.

    Sayangnya dari segi mesin, Triber belum bisa menemukan tajinya. Akselerasinya belum begitu baik ditambah dengan getaran yang menjadi kelemahan mesin 3-silinder. Begitu pula kabin dengan material plastik membuat interior terkesan biasa.

    Tapi Triber menawarkan pendingin pada kabin yang tidak ditemukan pada pesaingnya di segmen yang sama. Harga Renault Triber Indonesia yang sangat terjangkau bisa menjadi pilihan mobil keluarga perkotaan dengan kepraktisan yang mengesankan.

Renault Triber FAQ

  • Apakah Renault Triber memiliki Telescopic steering?

    • CaptainAhab112

      CaptainAhab112

      Tidak, Renault Triber tidak memiliki Telescopic steering.

  • Apa Kapasitas mesin (cc) dari Renault Triber?

    • Bob S

      Bob S

      Berikut adalah Kapasitas mesin (cc) dan varian Renault Triber:

      VarianRenault Triber RXE MTRenault Triber RXL MTRenault Triber RXT MTRenault Triber RXZ MTRenault Triber RXT ATRenault Triber RXZ AT
      Kapasitas mesin (cc)999999999999999999
  • Apakah Renault Triber tersedia di Lampu depan otomatis?

    • 353DNTA

      353DNTA

      Tidak, Renault Triber tidak tersedia di Lampu depan otomatis.

Model Populer

VS