Mulai Rp80 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Terios ‘Konde’ yang Wajib Diketahui

Daihatsu Terios generasi pertama atau yang biasa disebut dengan Terios Konde

Sebelum munculnya tren kendaraan SUV, Daihatsu Terios sudah lebih dulu meramaikan kancah otomotif Tanah Air. Mengungkap sedikit sejarahnya, mobil yang masuk dalam golongan Low SUV 7-seater ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada akhir 2006 dan model yang sama terus diproduksi hingga 2016 dengan beberapa kali penyegaran.

Kehadiran Daihatsu Terios ini merupakan produk kolaborasi kedua antara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan PT Toyota Astra Motor (TAM) yang juga melahirkan Toyota Rush.

Sebagai suksesor Daihatsu Taruna, Terios sendiri memiliki arti ‘membuat mimpi menjadi kenyataan’, karena itulah Daihatsu mengembangkan kendaraan ini untuk menjadi yang terdepan dikelasnya.

Mengetahui harga bekasnya saat ini, Daihatsu Terios generasi pertama atau yang sering disebut Terios Konde kini dibandrol mulai Rp80 jutaan, loh…

Tertarik membeli Terios generasi pertama sebagai mobil keluarga? Simak kelebihan dan kekurangan Daihatsu Terios Konde berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Pilih Isuzu Panther Bekas Rp100 Jutaan Lebih Baik Daripada Beli Mobil Baru

Kelebihan Daihatsu Terios Konde

1. Gagah Karena Desain SUV Tradisional yang Sesungguhnya

Daihatsu Terios Konde membawa ciri khas SUV yang kental

Berbeda dengan Daihatsu Terios saat ini, generasi pertama Terios memiliki tampilan yang SUV banget. Sebagai ciri khasnya, mobil ini dilengkapi over fender dan terlihat cukup tinggi dengan ground clearance-nya yang mencapai 200 mm. Dengan begitu, kalian akan merasa lebih mudah dalam menaklukan medan berkontur.

Seperti beberapa mobil SUV lainnya, Daihatsu Terios ini memiliki ban cadangan yang bertengger di pintu bagasinya dimana dapat memudahkan setiap penggunannya ketika ingin mengganti ban. Penempatan ban cadangan di belakang ini lah yang sekaligus membuat genererasi pertama mobil ini mempunyai sebutan Terios Konde.

2. Sudah Dilengkapi Headlamp Projector

Daihatsu Terios berhasil disematkan lampu utama berprojector

Ketika melewati medan yang minim akan penerangan, kalian tidak perlu khawatir kekurangan tingkat visibilitas berkendara. Pasalnya, Daihatsu Terios Konde ini sudah dilengkapi dengan lampu bohlamp berprojector yang mampu menghasilkan kualitas cahaya yang lebih baik, fokus dan terarah. Sebagai informasi, lampu model ini hanya dihadrikan di tipe LX saja.

Perlu kalian ketahui, Terios Konde ini dipasarkan dalam dua tipe, yakni TS dan TX. Varian TS ini memiliki dua varian, Standar dan Standar plus Extra. Sedangkan tipe teratasnya yakni TX, model ini hadir dengan pilihan Standar, Elegant, dan Adventure.

3. Mesin yang Terkenal Bandel dan Cukup Bertenaga

Mesin 3SZ-VE pada Daihatsu Terios Konde terkenal bandel dan bertenaga

Bicara soal jantung pacu, Daihatsu Terios Konde ini disematkan mesin 1.500 cc yang terbukti memiliki tingkat durabilitas cukup baik tenaga yang cukup besar. Secara data spesifikasi, mesin 1.5L berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-I Electronic Fuel Injection 4 silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga 109 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm @4.400 rpm.

Untuk dapat menggerakan mobil ini, tenaga yang dihasikan tersebut ditranslasi ke penggerak roda belakang yang diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis konvensional 4-percepatan.

4. Konsumsi BBM Cukup Efisien

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Konde terbilang cukup efisien

Daihatsu Terios Konde bisa dibilang merupakan salah satu Low SUV 7-seater yang cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar. Beberapa sumber informasi menyebutkan, penggunaan dalam kota Terios generasi pertama ini mampu menenggak BBM jenis bensin mencapai 11 km/liter. Berbeda ketika melakukan perjalanan ke luar kota yang notabene sering dipacu dalam kecepatan konstan, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 14 km/liter.

5. Sudah Dilengkapi Fitur GPS

Daihatsu Terios Konde dilengkapi dengan GPS yang dapat memudahkan setiap penggunannya

Tidak seperti beberapa mobil jenis entry-level di zamannya, Daihatsu Terios Konde ini diketahui mendapatkan head unit layar sentuh yang mana memiliki format fitur GPS. Tentunya hal ini menjadi nilai lebih bagi mobil ini.

Dengan adanya fitur GPS yang ditampilkan melalui sistem infotaimentnya ini, pengguna akan merasa lebih terbantu ketika sedang menetukan lokasi tujuan.

Baca juga: Nggak Usah Beli Fortuner, Toyota Kijang Innova Generasi Pertama Tak Kalah Tangguh

Kekurangan Daihatsu Terios Konde

1. Bantingan Suspensi Terasa Keras

Menggunakan suspensi berjeniskan Macpherson Strut dengan Coil Spring & Stabilizer di roda depan, serta 4 link dengan coil spring & lateral rod pada roda belakangnya, pada kenyataannya menghasilkan bantingan yang cukup keras.

Hal tersebut sebenarnya terbilang wajar. Pasalnya karakter kendaraan SUV dibuat dengan menghasilkan bantingan yang keras untuk memberikan kemudahan serta perlindungan ketika melewati jalan berkontur.

2. Limbung di Kecepatan Tinggi

Suspensi Daihatsu Terios Konde cukup limbung ketika bermanuver di kecepatan tinggi

Bukan cuma keras, ternyata Daihatsu Terios generasi pertama ini mengalami gejala limbung atau yang biasa disebut body roll ketika bermanuver di kecepatan tinggi. Hal ini wajib diperhatikan kepada setiap penggunannya untuk selalu menurunkan kecepatan ketika berbelok di kecepatan yang kencang.

3. Transmisi Otomatisnya Lemot

Daihatsu Terios Konde dengan transmisi otomatis tidak kami sarankan untuk dipilih untuk kalian yang gemar akan berpetualang. Hal ini dikarenakan varian matik mobil ini dirasa kurang begitu responsif dan bertenaga.

Mungkin bagi kalian yang kesehariannya banyak melakukan aktifitas di kota-kota besar dan seringkali berjibaku dengan kemacetan, transmisi otomatis bisa menjadi opsi yang tepat agar tidak mudah lelah ketika berkendara.

Baca juga: Daftar Lengkap Model dan Varian Toyota Kijang Innova Mulai 2004 Hingga 2015, Mana yang Paling Layak Dipilih?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Terios

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Nyari LMPV & LSUV Keluarga Paling Bertenaga Daihatsu Terios

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Terios vs Rush
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Terios vs XL7
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Terios vs Almaz
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Terios vs Raize
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Terios vs Rocky
Daihatsu Terios
Lihat