Rp 211,80 - 264,50TBC Juta

Harga di Indonesia

Daihatsu Terios Spesifikasi
SegmenSegmen B
Tipe bodiSUV
Jenis penggerakRWD
Kapasitas mesin1.5L
Tenaga104PS
Tempat Duduk7

Daihatsu Terios Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Eksterior Kekinian, Lebih Stylish

  • Fitur Keselamatan Mumpuni

  • Memiliki Berbagai Tipe, Konsumen Punya Pilihan Lebih Banyak

  • Handling Lebih Baik Berkat Rear Wheel Drive

  • Dealer dan Bengkel Resmi Mudah Ditemukan

  • Ground Clearance Tinggi, Andal di Segala Medan

  • Bangku Praktis Dilipat Berkat Fitur One Touch Tumble

Kekurangan

  • Mesin Kurang Bertenaga

  • Pengaturan AC Masih Manual

  • Belum Menggunakan Transmisi CVT, Relatif Boros Bensin

  • Letak Bagasi Tinggi, Sulit Memindahkan Barang Bawaan

Daihatsu Terios Gambar

Eksterior

Interior

Daihatsu Terios Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur Keselamatan
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Daihatsu Terios adalah Low SUV yang dikembangkan oleh Daihatsu sebelum akhirnya menjadi bagian dari pengembangan Toyota Rush tahun 2006. Variannya cukup banyak dengan harga yang terjangkau dan mesin yang bertenaga. Harga Daihatsu Terios 2020 dimulai dari Rp211 jutaan untuk model entry level Daihatsu Terios X M/T dan Rp264 jutaan bagi varian tertinggi Daihatsu Terios R A/T Deluxe.

    DIbuat jauh lebih awal dari Rush, Daihatsu Terios sendiri mulai diproduksi pada tahun 1997 untuk menggantikan Daihatsu Rocky. Dikenal juga dengan nama Daihatsu Taruna hingga 2006, Terios yang disebut SUV Segmen C ini dirakit di pabrik Daihatsu di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat. Saat ini, hanya ada satu pilihan mesin yang tersedia, yaitu 2NR-VE 1.5L 4-silinder segaris.

    Daihatsu All New Terios 2020 punya sembilan varian berbeda, jauh lebih banyak dibandingkan Toyota Rush yang cuma punya empat varian. Harga yang ditawarkan juga lebih rendah, untuk lebih jelasnya simak daftar harga dan spesifikasinya di bawah ini:

    Daftar harga Daihatsu All New Terios:

    Tipe  Harga
    Daihatsu All New Terios X/MT Rp 211.800.000
    Daihatsu All New Terios X/MT DLX  Rp 221.800.000
    Daihatsu All New Terios X/AT DLX  Rp 231.800.000
    Daihatsu All New Terios R/MT Rp 244.500.000
    Daihatsu All New Terios R/MT DLX Rp 254.500.000
    Daihatsu All New Terios R/AT  Rp 254.500.000
    Daihatsu All New Terios R/AT DLX  Rp 264.500.000
    Daihatsu All New Terios R/MT CUSTOM Rp 256.400.000
    Daihatsu All New Terios R/AT CUSTOM Rp 266.400.000

    Spesifiksi Daihatsu All New Terios

    Mesin 
    Tipe Mesin  2NR-VE, DOHC Dual VVTi
    Kapasitas Silinder 1.496 cc
    Tenaga Maksimal  103 HP @ 6.000 rpm
    Torsi Maksimal   136 Nm @ 4.200 rpm
    Akselerasi 0-100 km/jam  13,5 detik (estimasi)
    Konsumsi bahan bakar 11,5 km/liter (dalam kota), 16 km/liter (jalan tol)
    Transmisi Manual 5-Percepatan, Otomatis 4-Percepatan
    Sistem Penggerak Rear-Wheel Drive
    Dimensi Daihatsu All New Terios
    Dimensi (PxLxT)  4.435 x 1.695 x 1.705 mm
    Wheelbase 2.685 mm
    Ground Clearence 220 mm
    Kapasitas Tangki Bensin 45 L
    Kaki-kaki dan Suspensi Daihatsu All New Terios
    Suspensi Depan/Belakang  McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer / 5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer
    Rem Depan/Belakang Ventilated Disc / Drum, Leading & Trailing / Mekanis Pada Roda Belakang
    Pelek/Ukuran Ban Velg Alloy 16 215/65 R16 (X), Velg Alloy 17 215/60 R17 (R)

    Asal-usul Daihatsu All New Terios yang kita ketahui saat ini bisa ditelusuri dari momen jelang pergantian milenium. Pada bulan Juli 1999, Daihatsu menghadirkan sebuah SUV kompak yang diberi nama Taruna yang dijual sampai 2006.

    Posisi Taruna digantikan oleh Daihatsu Terios, yang dirilis pada Desember 2006 bersamaan dengan Toyota Rush generasi pertama. Beredar sampai 2017, setidaknya Terios generasi kedua mendapatka dua kali facelift, yakni pada tahun 2010 dan 2015.

    Meski dari awal hadir dengan format tiga baris tempat duduk, Daihatsu Terios generasi kedua punya kelemahan di akomodasi kursi baris ketiga yang sangat terbatas.

    Hal tersebut jadi salah satu evaluasi Terios generasi tebaru, yang tengah didevelop tim yang dipimpin oleh Eiji Fujibayasi tahun 2015 dengan inspirasi dari FT Concept. Dan pada akhirnya, Daihatsu Terios dan Toyota Rush mendapatkan generasi terbaru pada 23 November 2017.

  • Eksterior

    Dibadingkan pendahulunya, Daihatsu All New Terios memiliki desain body baru. Secara umum, bentuknya tampak lebih aerodinamis, mekanisme buka-tutup bagasinya jadi ke atas, dan yang paling penting sudah tidak ada lagi ban serep model konde.

    Kita mulai dari bagian depan, Daihatsu All New Terios 2020 tampak lebih elegan dengan sentuhan gril serta lampu kabut krom. Soal pencahayaan juga jauh lebih mantap dengan LED headlamp dan LED positioning lamp yang didesain pipih seolah menyatu dengan gril.

    Beralih ke samping, kita bisa melihat profil mobil tampak lebih panjang dan jangkung. Tentu saja, panjang mobil bertambah 50 mm dari model sebelumnya yang hanya 4.385 menjadi 4.435 mm, dan ground clearence yang naik 20 mm jadi 220 mm.

    Kesan tangguh khas SUV hadir berkat penggunaan aksen hitam di area side skirt dan fender, Daihatsu All New Terios 2020 juga mendapatkan roofrail, dan beltline yang diberi aksen krom. Untuk pilihan peleknya ada dua, yakni 16 inci gun metal untuk varian X, dan 17 inci black polished di varian R yang lebih mahal.

    Pindah ke bagian buritan, Daihatsu All New Terios 2020 tidak lagi punya ban serep model konde, atau menempel di pintu bagasi. Hal ini membuat tampilannya lebih modern dan bersih, apalagi dengan instalasi lampu belakang teknologi LED dengan desain pipih.

    Kalau tidak nempel di pintu belakang, jadi ban serepnya pindah ke mana? Daihatsu menaruh ban serep All New Terios 2020 di kolong bawah mobil belakang dengan cover berbahan plastik untuk varian X Deluxe dan R Deluxe.

  • Interior

    Dengan memanjangnya mobil, Daihatsu All New Terios 2020 menawarkan kabin yang lebih lapang dan nyaman. Namun pertama-tama, kita akan membahas dasbor dan kokpit terlebih dahulu.

    Desainnya sedikit lebih modern dibanding generasi sebelumnya dengan finishing two-tone, namun bagian dasbornya masih didominasi material plastik keras dengan aksen jahit-jahitan palsu.

    Pun demikian, hadir serangkaian fitur kekinian seperti pengaturan digital Auto AC dengan socket listrik 12V dengan slot USB dan jack audio 3.5 mm, head-unit layar sentuh 2 DIN yang dilengkapi bluetooth, USB port, dan fitur mirroring juga tak lupa menghiasi konsol tengah.

    Beralih ke kokpit pengemudi, setir yang dipakai memiliki pengontrol audio dan bluetooth telephony. Di baliknya, Anda akan menemukan instrumen cluster model optitron dengan MID digital yang cukup informatif.

    Dalam kondisi standar, Daihatsu All New Terios 2020 dapat mengangkut 7 penumpang dengan konfigurasi 2+3+2 layaknya 7-seater kebanyakan. Jok yang dipakai hadir dengan material fabric dengan busa yang lebih tebal sehingga kenyamanan penumpang lebih baik.

    Untuk mengakses baris ketiga bisa dengan melipat jok baris kedua yang support metode one-touch tumble. Selain itu, jok baris kedua juga bisa dimaju dan dimundurkan sehingga legroom penumpang baris ketiga lebih mumpuni.

    Bagaimana untuk kapasitas bagasi? Daihatsu All New Terios 2020 cuma bisa memuat 4 buah galon air saat semua baris bangku berdiri, itu tidak spesial-spesial amat. Namun ketika bangku belakang dilipat, Anda bisa menaruh hingga empat buah koper besar dengan posisi ditidurkan.

  • Fitur Keselamatan

    Soal fitur keselamatan, Daihatsu All New Terios 2020 termasuk royal. Fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD), sampai fitur keamanan pasif dual-SRS Airbag dan seatbelt tiga titik untuk tujuh penumpang hadir sebagai standar.

    Namun jika Anda menginginkan keselamatan yang lebih mumpuni, kami sarankan untuk mengambil varian R atau R Deluxe yang mendapat fitur keselamatan tambahan seperti Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA) yang sangat berguna kala bermanuver di kondisi licin dan saat start dalam kondisi tanjakan.

    Daihatsu juga tak lupa menyematkan fitur keamanan sebagai standar, mulai dari alarm & immobilizer yang bisa dikontrol melalui Remote Key. Uniknya, di bagian tuas pintu juga hadir tombol yang bisa membuka dan menutup kunci pintu dengan sentuhan tangan.

  • Mesin dan Performa

    Daihatsu All New Terios 2020 menggunakan mesin 2NR-VE DOHC Dual VVTi 1.496 cc yang menghasilkan tenaga 103 HP dan torsi 136 Nm, yang juga dipakai di Toyota Rush, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia.

    Secara angka, mesin ini punya performa lebih kecil dari pendahulunya yang punya mesin bertenaga 109 HP dengan torsi 145 Nm. Namun sebagai gantinya, mesin ini diklaim 10-15% lebih efisien.

    Performa dan Handling

    Seperti dijelaskan di atas, tenaga mesin Daihatsu All New Terios berkurang 6 HP dan 9 Nm dibanding generasi sebelumnya. Hal ini jelas cukup mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan, khususnya untuk akselerasi 0-100 km/jam yang tuntas dalam waktu 13,5 detik.

    Namun, tenaga mesin yang biasa banget ini terbantu oleh handling yang cukup ringan dan gesit dengan bantuan Electric Power Steering. Selain itu, manuver mobil juga terasa tidak limbung, yang kerap jadi momok sang pendahulu.

    Hal ini tidak terlepas dari setup suspensi McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer (depan) dikombinasikan 5 link Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer (belakang) yang mampu menjaga kestabilan dan meminimalisir gejala limbung dengan lebih baik.

    Namun dampaknya, bantingan mobil terasa sedikit keras meski masih wajar saat berkendara sendiri. Namun, feelingnya justru membaik saat mobil berisikan penumpang dewasa yang membuat suspensi terasa jauh lebih nyaman dan lembut.

    Konsumsi BBM

    Menurut klaim Daihatsu, mesin 2NR-VE membuat All New Terios punya angka konsumsi bahan bakar lebih baik antara 10-15 persen dibandingkan pendahulunya, apa iya?

    Dalam kondisi penggunaan di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, Daihatsu All New Terios mencatatkan konsumsi BBM 11,5 km. Sementara untuk perjalanan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, konsumsi bensinnya berada di kisaran 16 km/l. Tidak boros, tidak juga irit.

  • Kesimpulan

    Daihatsu Terios tetap menjadi Menurut penulis, Daihatsu All New Terios 2020 punya semua hal yang dibutuhkan sebuah mobil keluarga. Mulai dari kabin luas yang mampu menampung 7 penumpang secara mumpuni, daya jelajah yang baik dengan ground clearence tinggi, sampai fitur yang terhitung lengkap.

    Dengan harga varian termurah yang berbeda sekitar Rp 40 juta-an dari Toyota Rush, Daihatsu All New Terios bisa jadi pilihan paket murah LSUV dengan fitur yang sangat mumpuni.

Daihatsu Terios FAQ

  • Apakah Daihatsu Terios tersedia di Lane Keeping Assist System (LKAS)?

    • Daniel K

      Daniel K

      Tidak, Daihatsu Terios tidak tersedia di Lane Keeping Assist System (LKAS).

  • Apakah Daihatsu Terios memiliki Sistem perintah suara?

    • Carmen D

      Carmen D

      Tidak, Daihatsu Terios tidak memiliki Sistem perintah suara.

  • Apakah Daihatsu Terios tersedia di Pengaturan AC?

    • Courtnee C

      Courtnee C

      Tidak, Daihatsu Terios tidak tersedia di Pengaturan AC.

Model Populer

VS