Wujudnya Terlihat Sama, Ini Perbedaan Isuzu Bison dengan Mitsubishi L300

Perbedaan Isuzu Bison dengan Mitsubishi L300

Sebelum hadirnya Traga, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) lebih dulu memperkenalkan Isuzu Bison yang merupakan pick up muatan ringan dengan mengambil basis dari Mitsubishi L300. Diperkenalkan pertama kali pada 2010, eksistensi Bison terbilang hanya sebentar dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air.

Meski terlihat sama secara tampilan, nyatanya Isuzu Bison ini memiliki beberapa perbedaan dengan saudara kembarnya tersebut. Jika saat diluncurkan Isuzu Bison memiliki harga baru yang lebih mahal dari Mitsubishi L300, maka harga bekasnya justru berbanding terbalik.

Seperti yang diketahui, harga bekas Isuzu Bison lansiran 2010 saat ini dibandrol Rp70 jutaan. Sedangkan harga bekas Mitsubishi L300 produksi tahun yang sama ditawarkan Rp85 jutaan.

Lantas apa saja perbedaan antara Isuzu Bison dengan Mitsubishi L300? Daripada penasaran simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Traga yang Tangguh dan Tahan Banting

Wajah Mitsubishi L300 Terlihat Lebih Dinamis

Tampilan depan Isuzu Bison mewariskan wajah L300 lama

Secara sekilas antara Isuzu Bison dengan Mitsubishi L300 memang terlihat sama persis pada bagian fascianya. Meski demikian, nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang begitu jelas.

Seperti yang bisa dilihat, Bison ini menggunakan grill dengan bentuk horizontal yang mana terpampang jelas nama Isuzu berukuran cukup besar ditengahnya. Selain itu juga terdapat emblem Bison sebagai identitasnya serta tambahan bumper untuk melindungi bagian depannya tersebut.

Fascia Mitsubishi L300 terlihat lebih dinamis dan modern

Di sisi lain, Mitsubishi L300 berhasil mengimplementasikan grill dengan bentuk yang dinamis serta dipadukannya logo tiga berlian dengan ukuran kecil ditengahnya. Apabila kalian memperhatikan secara lebih detail, grille L300 ini sedikit lebih condong ke depan serta memiliki cover lampu yang dibuat sedikit membulat.

Isuzu Bison Lebih Tinggi dari Mitsubishi L300

Isuzu Bison lebih tinggi dari Mitsubishi L300

Selain tampilan, ternyata dimensi Isuzu Bison juga berbeda dengan Mitsubishi L300. Menurut data spesifikasi, Bison sendiri mempunyai panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.895 mm. Sedangkan L300 memiliki panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.845.

Hal tersebut terjadi dikarenakan posisi mesin Bison diletakan lebih rendah dari L300. Maka dari itu racikan kaki-kakinya ini dibuat sedikit berbeda dan diklaim lebih tangguh. Apabila tidak ditinggikan, maka karter mesin akan mudah menyentuh permukaan tanah yang menyebabkan kerusakan serta kebocoran.

Mesin Isuzu Bison Lebih Tangguh dan Bertenaga Dibandingkan Mitsubishi L300

Isuzu Bison mewariskan mesin Panther yang bertenaga dan tangguh

Apabila kalian menilai bahwa Mitsubishi L300 ini memiliki mesin yang tangguh, nyatanya Isuzu Bison mempunyai mesin yang lebih bandel dan bertenaga. Hal tersebut dikarenakan Bison sendiri mewariskan mesin Panther 2.5L.

Secara data di atas kertas, mesin berkodekan 4JA-1L, 4 silinder segaris, SOHC Direct Injection turbocharger Euro 2 berkapasitas 2.499 cc yang disematkan pada Bison, mampu menghasilkan tenaga 80 PS @3.500 rpm dan torsi puncaknya mencapai 191,3 Nm @1.800 rpm.

Sedangkan Mitsubishi L300 diketahui dibenamkan mesin 4D56 – SOHC 4 silinder segaris 2.477 cc yang mampu memperoleh tenaga 74 PS @4.200 rpm serta torsi maksimal 133,4 Nm @2.500 rpm.

Perlu kalian ketahui juga, Bison ini sudah menggunakan timing gear, sedangkan L300 masih mengandalkan timing belt. Penggunaan timing belt di mesin L300 tentunya memerlukan perhatian khusus dengan melakukan penggantian setiap 40-50 ribu kilometer. Apabila telat mengganti timing belt dalam kurun waktu cukup lama, tentunya bisa mengakibatkan timing belt putus yang kemudian merusak beberapa peranti di dalam mesin.

Baca juga: Legenda Hidup Pikap di Indonesia, Mitsubishi L300 2021 Tidak Banyak Berubah Sejak 80-an

Isuzu Bison Lebih Unggul Di Tanjakan 

Isuzu Bison lebih unggul ditanjakan

Untuk membuat mobil dapat berjalan, Isuzu Bison dan Mitsubishi L300 ini menggunakan penggerak roda belakang yang diatur melalui transmisi manual 5-percepatan berkodekan R5M21. Meski demikian, Isuzu Bison ini terkenal lebih mudah dalam menanjak berkat rasio gardan serta rasio transmisi yang berbeda.

Perbandingan Rasio Gardan
Keterangan Isuzu Bison Mitsubishi L300
Rasio Gardan 4.636 5.286

 

Perbandingan Rasio Transmisi
Keterangan Isuzu Bison Mitsubishi L300
R 3.578 4.142
1 3.967 4.330
2 2.136 2.355
3 1.360 1.509
4 1.000 1.000
5 0.856 0.827

Konsumsi BBM Isuzu Bison Diklaim Lebih Hemat dari Saudara Kembarnya

Konsumsi BBM Isuzu Bison lebih irit dibandingkan Mitsubishi L300

Selain lebih bertenaga dan mudah digunakan untuk menanjak, konsumsi bahan bakar Isuzu Bison ternyata juga terbilang lebih efisien. Pihak IAMI sendiri pernah mengklaim bahwa Bison ini dapat lebih hemat 10%-15% konsumsi BBM jenis solar dibandingkan saudara kembarnya tersebut.

Spesifikasi Isuzu Bison

Rangka Isuzu Bison
Panjang X Lebar X Tinggi 4.170 mm X 1.700 mm X 1.895 mm
Jarak Sumbu Roda 2.200 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 190 mm
Kapasitas Bak (P X L X T) 2.430 mm X 1.600 mm X 360 mm
Jumlah Tempat Duduk 3-Seats
Kapasitas Tangki 47 Liter
Struktur Sasis Ladder Frame, Commercial Segment

 

Spesifikasi Mesin
Kode Mesin 4JA-1L, 4 silinder segaris, SOHC
Teknologi Direct Injection
Jumlah Katup 2 Katup Per Silinder (1 Inlet & 1 Outlet)
Tenaga Maksimum 80 PS @ 3.500 rpm
Torsi Maksimum 191,3 Nm @ 1.800 rpm
Kapasitas Silinder 2.499 cc
Bore X Stroke 93,0 mm x 92,0 mm
Tipe Transmisi Manual 5-percepatan (R5M21), Penggerak Roda Belakang (RWD

 

Kaki-Kaki Isuzu Bison
Suspensi Depan & Belakang Double Wishbone with Coil Spring & Semi Eliptic Leaf Spring
Sistem Kemudi Ball & Nut Gear with Hydraulic Power Steering
Rem Depan & Belakang Disc Brake & Drum
Teknologi Sistem Pengereman Brake Booster 9 Inch 

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbedaan antara Isuzu Bison dengan Mitsubishi L300, dapat ditarik kesimpulan bahwa Isuzu Bison ini memiliki spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan saudara kembarnya tersebut. Selain itu, harga bekas Isuzu Bison juga ditawarkan lebih murah.

Kalian yang berniat meminang Isuzu Bison dalam kondisi bekas, tampaknya harus lebih bersabar. Pasalnya kondisi bekasnya kini sudah terbilang langka. Hal tersebut disebabkan populasi mobil ini kurang begitu banyak, karena harga barunya yang lebih mahal dari Mitsubishi L300.

Baca juga: 3 Mobil Pick Up Terlaris di Indonesia : Daihatsu Gran Max Belum Bisa Salip Suzuki Carry

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi L300

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Harga L300 pick up 2020 wilayah kalsel

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Toyota Hilux
    Rp 245,85 Juta
    L300 vs Hilux
  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Daihatsu Gran Max PU
    Rp 143,05 Juta
    L300 vs Gran Max PU
  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Isuzu Traga
    Rp 211,80 Juta
    L300 vs Traga
  • Isuzu Traga
    Rp 211,80 Juta
    VS
    Toyota Hilux
    Rp 245,85 Juta
    Traga vs Hilux