Duel Microcar Listrik: Toyota C+Pod vs Wuling Air ev, Siapa Lebih Unggul?

  • Wuling Air ev sudah resmi diluncurkan di GIIAS 2022.
  • Selain itu ada juga Toyota C+Pod di pameran otomotif ini.
  • Keduanya masuk kategori microcar bertenaga listrik.

Era kendaraan elektrifikasi memang telah mewabah di semua lini, dari yang berukuran kecil hingga besar. Salah satu pendorong terbesarnya adalah isu lingkungan yang mengakibatkan para produsen mobil berputar otak menghasilkan produk ramah lingkungan.

Dengan kebutuhan mobilitas yang semakin pesat, segmen electric microcar yang dirancang untuk mereka yang berpergian di dalam kota ataupun jarak dekat juga turut menjamur. Beberapa contoh mobil jenis tersebut yang sudah hadir di Indonesia, yakni Toyota C+Pod dan Wuling Air ev.

Saat ini, C+Pod hanya digunakan terbatas di wilayah Nusa Dua, Bali, dan Danau Toba dalam program Toyota EV Smart Mobility, karena itu memang belum ada harga resminya di Indonesia.

Wuling Air ev resmi diluncurkan di GIIAS 2022

Sementara untuk Air ev sudah resmi dijual oleh Wuling Motors di GIIAS 2022. Sehingga peruntukannya pun bisa lebih luas karena semua orang dapat memilikinya.

Baca juga : Wuling Air ev Harus Waspada, DFSK Mini EV Hadir Tahun Depan dengan Harga Kompetitif

Perbandingan Harga Toyota C+Pod vs Wuling Air ev

Interior Toyota C+Pod

Toyota memang tidak menjual C+Pod untuk konsumsi massal. Jadi harga jualnya pun tidak pernah resmi diumumkan. Namun bila diambil patokan harga Toyota C+Pod di Jepang, mobil ini dibanderol 1.650.000 yen (Rp181 jutaan) untuk tipe X dan 1.716.000 yen (Rp189 jutaan) untuk tipe G.

Bandingkan dengan Wuling Air ev yang langsung dijual dan dirakit di Indonesia. Bahkan Indonesia jadi negara pertama di dunia yang resmi memasarkan mobil listrik Wuling ini. Harga jualnya sendiri yakni Rp238 juta untuk tipe Standard Range dan Rp295 juta untuk tipe Long Range.

Dimensi Wuling Air ev Lebih Besar

Wuling Air ev bisa sampai 300 km

Mengenai sisi teknisnya, Toyota C+Pod memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. Lalu motor listriknya menghasilkan tenaga sebesar 9,2 kW/12,3 hp dan torsi 56 Nm. Kapasitas baterainya 9,06 kWh dengan jarak tempuh diklaim mencapai 150 km.

Bandingkan dengan Wuling Air ev yang memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm. Tenaga dari motor listriknya mencapai 30 kW/40 hp dengan torsi 110 Nm. Jarak tempuhnya bervariasi sesuai tipenya yakni 200 km (Standard Range) dan 300 km (Long Range).

Baca juga : Resmi Dijual di Indonesia, Harga Termurah Wuling Air ev Mulai Rp238 Juta

Wuling Air ev lebih baik dari Toyopta C+Pod?

Dari data teknisnya saja terlihat bahwa Wuling Air ev jauh lebih superior dibandingkan Toyota C+Pod, apalagi kalau berbicara jumlah penumpangnya, Air ev dapat mengangkut 4 orang dewasa dengan nyaman dalam mobil sekecil ini, sedangkan C+Pod hanya dapat memuat 2 orang saja.

Sebenarnya, Air ev juga terdapat varian bodi lebih pendek yang memuat 2 orang penumpang, namun kemungkinan besar hanya tersedia di China.

Baca juga : Selisih Rp57 Juta, Inilah Beda Wuling Air ev Standard Range dengan Tipe Long Range

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Mini EV

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Iconic and Futuristic Exterior Design dari Wuling Mini EV

Wuling Hongguang Mini EV: Kecil tapi Lega

Berita Terbaru

3 Kelemahan di Honda CR-V Kura-Kura yang Jarang Diketahui, Apakah Menarik Untuk Dimiliki?

Tanpa disadari, kini Honda CR-V telah memasuki generasi keenam. Sejak generasi pertama, Honda CR-V menonjolkan kesan prestisius dari sebuah SUV medium. Dari sekian generasi, Honda CR-V generasi ketiga atau yang dijuluki sebagai CR-V kura-kura jadi SUV bekas yang menarik untuk dimiliki. Desainnya unik, stylish, dengan tenaga yang lumayan besar untuk menaklukkan jalur pegunungan khas Indonesia. Walau usianya sudah di atas 15 tahun, pesonanya tetap memikat karena desain CR-V RE yang timeless. Honda

Uji Emisi Gratis Khusus Mobil Toyota, Berikut Daftar Lokasinya

Razia uji emisi kendaraan bermotor sudah diberlakukan sejak 1 September 2023. Apabila kendaraan dinyatakan tidak lulus uji emisi akan dikenakan sanksi berupa tilang dengan besaran denda Rp250.000 hingga Rp500.000, sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Uji emisi sendiri dilakukan guna mengecek besaran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi besaran kadar HC (Hidrokarbon) dan CO (Karbon Monoksida), yang akan meningkat akibat pembakaran mesin yang ku

Chery Tiggo 7 dan 8 Pro Dapat Penghargaan J.D Power, Akibat Konsumennya Merasa Puas

Merek mobil China, Chery melalui produknya Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro mendapatkan penghargaan bergengsin di tingkat global dari lembaga riset internasional, J.D. Power. Ya, Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro diganjar J.D. Power APEAL dengan meraih peringkat pertama pada kelas SUV ekonomis ukuran sedang, serta peringkat pertama untuk kelas SUV ukuran sedang. Baca juga: Chery Tiggo 7 Pro Diubah Jadi Service Car, Bagasi Penuh Peralatan Mekanik Menurut President PT Chery Sales Indonesia dan Vi

23 Mobil Hyundai Dicoret-coret Selama KTT ASEAN 2023 di Jakarta

Selain menjadi kendaraan resmi KTT ASEAN Summit ke-43 di Jakarta, Hyundai juga akan mendukung World Expo 2023 yang bakal digelar di Busan, Korea Selatan (Korsel). Dan demi menyambut acara tersebut, Hyundai Motor Group (HMG) berkolaborasi dengan seniman K-Culture sebagai bentuk promosi kegiatan itu. Ada unit Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, Genesis Electrified G80, serta Hyundai Stargazer X yang dilukis oleh seniman grafiti di Korea (K-Graffiti). Baca juga: Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 Jadi Mobil Dinas A

Ratusan Mobil Listrik Digunakan untuk KTT ASEAN 2023, Hyundai IONIQ 6 Langsung Turut Serta

Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 siap digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada 5-7 September besok. Berbagai persiapan terus digeber, termasuk menyediakan ratusan mobil listrik yang akan digunakan pada delegasi dan panitia sepanjang KTT ke-43 ASEAN. Dalam akun media sosial Twitter Sekretariat Kabinet disebutkan, penggunaan mobil listrik lebih ramah lingkungan dan menunjukan komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon. Baca juga: Perhatian, Ada Buka Tutup Jal

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Wuling Mini EV
Lihat