Perbandingan Mazda CX-3 Baru dan Versi Sebelumnya, Mana Lebih Oke?

Saat membahas mobil baru pasti langsung mengundang rasa antusias seperti apa perubahan yang hadir. Namun, tidak semua kemunculan mobil baru diterima dengan hangat. Tidak jarang, model yang sudah ada malah lebih diminati karena dirasa punya fitur atau desain yang sudah pas.

Kali ini, kita akan membahas bagaimana Mazda CX-3 model terkini dibandingkan edisi sebelumnya. Mazda CX-3, hadir untuk mengisi celah kekosongan yang dulu hanya diisi oleh crossover dari Suzuki yaitu SX4 S-Cross. Secara desain dan style, mobil ini mirip dengan Mazda CX-5 namun ukurannya tidak sebesar saudaranya itu.

Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu mengetahui soal periode peluncuran Mazda CX-3 dilakukan saat ajang GIIAS 2018. Berselang dua tahun kemudian, Eurokars Motor Indonesia selaku distributor melakukan penyegaran pada CX-3 mengikuti perkembangan global. Ubahannya memang tidak menyeluruh karena hanya minor facelift. 

Crossover jagoan Mazda ini hadir dalam dua trim yakni Pro dan Sport. Untuk trim Pro dibanderol mulai Rp 445,8 juta sementara trim Sport Rp 399,9 juta On The Road DKI Jakarta. Namun harga yang ditawarkan sepadan dengan kenyamanan berkendara sehari-hari. CX-3 terbaru mendapatkan berbagai fitur yang membantu pengendaraan, seperti Dynamic Stability Control, serta G-Vectoring Control yang sangat membantu ketika mobil berbelok.

Crossover yang diimpor utuh dari Jepang ini mendapatkan beberapa penyegaran. Baik dari sisi eksterior maupun interior. Pada sisi eksterior mendapatkan penyegaran pada tiga bagian utama yaitu, penggunaan warna mengkilat (Bright) pada keempat lingkar roda (Velg), warna Piano Black pada pillar garnish di bagian tengan panel pintu kendaraan (Pillar-C), dan jok dengan lapisan Nappa Leather berwarna “Deep Red”.

Ubahan di New Mazda CX-3 2020

Tidak banyak ubahan yang hadir pada pembaharuan CX-3, dimana ubahan yang dilakukan sifatnya penyempurnaan kenikmatan berkendara. Mesin Mazda CX-3 menggunakan SkyActiv-G 2.0L yang menyemburkan 147 hp dan torsi maksimal 195 Nm. Akselerasi dan performanya terasa menyenangkan ketika dibawa di jalanan perkotaan.

Selain mesin yang bertenaga, rasa berkendara yang ditawarkan semakin menyenangkan karena handling yang presisi. Mazda memakai konsep Jinba Ittai, yaitu menyatukan pengemudi dengan kendaraan. Didukung transmisi SkyActiv-Drive 6-percepatan, CX-3 memberikan perpindahan transmisi yang mulus.

Handling CX-3 semakin lincah saat bermanuver karena crossover ini dilengkapi berbagai fitur dan sistem canggih yang ditawarkan. CX-3 mendapatkan berbagai fitur yang membantu pengendaraan, seperti Dynamic Stability Control, serta G-Vectoring Control yang sangat membantu ketika mobil berbelok.

Sayangnya, dimensi kabin tidak bertambah besar, terutama bagian bagasi. Ini membuat pengguna tidak leluasa membawa banyak barang.

Tidak usah kecewa karena interiornya telah dilengkapi fitur menarik seperti sistem pengaturan tempat duduk pengemudi sudah elektrik. Selain itu penggunaan fitur Auto Dimming pada kaca spion bagian dalam, memberikan kenyaman pada saat malam hari. 

Mazda CX-3 Versi 2018 Tak Kalah Menggoda

Major facelift atau penyegaran menyeluruh di Mazda CX-3 dilakukan pada 2018. Mazda CX-3 fokus pada desain tradisional Jepang. Mazda memiliki desain khas yaitu KODO-Soul of Motion, membuat mobil ini bukan hanya bentuk indah namun juga tampan dari luar.

Klaim dari Mazda yang mengatakan bahwa ada beberapa penyegaran dalam CX-3, diantaranya pengendaraan dengan optimalisasi kemampuan dinamis, performa dengan penyempurnaan mesin hingga peningkatan kualitas interior. Poin tadi masih dipertahankan sampai dengan CX-3 versi 2020 hadir.

Dari sisi desain, menurut kami Mazda CX-3 versi 2018 serba pas. Desain headlamp tidak terlalu sipit namun tetap tegas dan stylish. Pada lampu depan ini sudah dilengkapi dengan LED yang disupport dengan Automatic Levelling, ada pula Daytime Running Lamp (DRL).

Lebih menarik lagi desain belakang, terutama pilar C dimana floating roof masih berukuran besar. Untuk versi 2020, panel hitamnya mengecil seolah mengesankan bila CX-3 sebenarnya hanyalah hatchback yang dikonversi jadi crossover. Demikian juga lampu belakang yang ukurannya terlihat besar sehingga terkesan maskulin. 

Fitur Canggih di Mazda CX-3 Versi 2018 Sangat Lengkap

Untuk yang lebih suka mobil simple perkotaan namun tetap lincah dibawa bertualang, maka Mazda CX-3 versi 2018 salah satu pilihan tepat. Beberapa fitur terbaru pada mobil ini membuat kita selalu bergerak seiring berjalannya perkembangan teknologi. 

Mazda CX-3 2018 saat itu tergolong lengkap fitur keselamatannya, ada Dual SRS Airbag, Side-impact door beams, Neck injury mitigation front seats, Ring Structure unibody construction, Antilock Braking System (ABS), Electric Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS). Fitur G-Vectoring Control (GVC) versi awal juga sudah ada.

Fitur keren lainnya yang jadi standar yaitu Rear parking sensor, Rear View Monitor, Blind Spot Monitoring (BSM), dan Rear Cross Traffic Allert (RCTA).

Kesimpulan

Tidak banyak ubahan yang hadir pada pembaharuan CX-3 di tahun 2020. Ubahan kali ini sifatnya hanya menyempurnakan fitur, teknologi, dan desain dari versi 2018. Memang, adanya fitur G Vectoring Control Plus membuat handling berkendara kian lincah, minim limbung, dan manuver yang presisi.

Namun, secara desain menurut kami Mazda CX-3 versi 2018 serba pas dan tidak dipaksakan. Mobil tersebut bisa menggabungkan antara, desain modis, maskulin, dan agresif menjadi satu. Bukan seperti versi baru, seolah hanya memodifikasi hatchback jadi crossover.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mazda CX-3

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4

Rp 381,00 Juta
Rp 7,76 Juta/bln

94.919 km

7 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 406,00 Juta
Rp 8,27 Juta/bln

84.641 km

5,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2017 Honda CR-V TURBO 1.5

Rp 358,00 Juta
Rp 7,29 Juta/bln

64.558 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 401,00 Juta
Rp 8,17 Juta/bln

76.014 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

2021 Mazda CX-3 With New Variants: Everything You Need To Know

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mazda CX-3
    Rp 365,50 Juta
    VS
    Honda CR-V
    Rp 489,00 Juta
    CX-3 vs CR-V
  • Mazda CX-3
    Rp 365,50 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    CX-3 vs Almaz
  • Mazda CX-3
    Rp 365,50 Juta
    VS
    Honda HR-V
    Rp 355,90 Juta
    CX-3 vs HR-V
  • Mazda CX-3
    Rp 365,50 Juta
    VS
    Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    CX-3 vs Creta
  • Mazda CX-3
    Rp 365,50 Juta
    VS
    Volkswagen T-Cross
    Rp 488,00 Juta
    CX-3 vs T-Cross
Mazda CX-3
Lihat