• Segmen Mobil Sport
  • Tipe bodi Convertible
  • Jenis penggerak AT
  • Kapasitas mesin 2.0 L
  • Tenaga 183 PS
  • Tempat Duduk 2
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Overview Mazda MX 5 RF

    Dari sekian banyak mobil sport yang ada, Mazda MX 5 RF adalah Sang Legenda. Hanya dalam tiga dekade, Mazda menjual roadster ringannya yang sama banyaknya dengan Porsche yang menjual 911 dalam hampir enam dekade. Anda tahu mobil sport mana yang paling ikonik? Sekarang dalam iterasi keempatnya, MX-5 Miata telah kembali ke masa kejayaannya, yakni menjadi iterasi paling ringan dan terkecil seperti masa awalnya.

    Tidak seperti generasi Miata sebelumnya di AS, yang hanya ditawarkan dalam bentuk roadster rag-top. Namun, generasi ND menawarkan pembeli gaya kedua yang dijuluki RF.. Anda akan mendapatkan 911 penopang mirip Targa dan panel atap kokoh terbuka untuk memandang langit yang membentang luas.

    Bagi banyak orang, ini adalah coupe MX-5 yang mereka impikan selama bertahun-tahun. Tapi di AS itu juga menjadi versi Mazda MX 5 RF lebih lembut dan dilihat sebagai model grand tourer. Mazda MX 5 RF transmisi otomatis dijual sebanyak mungkin sebanyak yang manual.

    Jadi kami berada di belakang kemudi Mazda MX-5 Miata RF dengan enam kecepatan otomatis selama seminggu untuk melihat apakah kotak mobil dapat berfungsi dengan baik atau malah merusak motor tenaga mesin dan penggerak roda belakang mobil.

    Mazda telah membuat beberapa suspensi dan peningkatan fitur ke Mazda MX 5 RF 2020 dan masih mempertahankan arsitektur mobil yang ringan. Trim Mazda MX-5 RF Club kini dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto sebagai perlengkapan standar.

    Dalam Mazda MX 5 RF transmisi manual, trim Grand Touring top of the line sekarang juga mendapatkan berbagai peningkatan kinerja yang sebelumnya. Pembaruan juga termasuk peredam Bilstein dan diferensial slip terbatas, bersama dengan tweak lainnya seperti shock tower brace di depan dan suspensi yang sport-tuned.

    Grand Touring juga mendapatkan peningkatan seperti SiriusXM (termasuk langganan uji coba selama tiga bulan) dan kusen pintu berwarna hitam atau stainless steel. Semua model terbaru 2020 juga menerima fitur keselamatan tambahan dengan rangkaian lengkap fitur keselamatan i-Activsense termasuk pemantauan titik buta, pengereman darurat otomatis, dan peringatan keberangkatan jalur. Opsi warna baru, Polymetal Grey, telah ditambahkan ke palet yang ada.


    Harga Mazda MX 5 RF

    Harga Mazda MX 5 RF trim Club pada MSRP $33.045 (sekitar Rp 472 jutaan), meningkat menjadi $34.425 (sekitar Rp 492 jutaan) untuk Grand Touring. Harga ini belum termasuk pajak, perizinan, dan registrasi. Mazda juga telah mengumumkan revisi tujuan dan biaya penanganan sebesar $945 (sekitar Rp 13,5 jutaan), naik sebesar $25 untuk tahun ini untuk semua wilayah selain Alaska, yang dikenakan biaya sebesar $990 (sekitar Rp 14 jutaan). Kedua trim dilengkapi dengan transmisi manual tetapi otomatis adalah pilihan pada masing-masing dan akan dikenakan biaya tambahan $600 (sekitar Rp 8,5 jutaan) untuk Club dan $325 (sekitar Rp 4,6 jutaan) untuk Grand Touring.

  • Eksterior

    Eksterior Mazda MX 5 RF

    Sulit untuk mengalihkan pandangan saat melihat Mazda MX 5 RF yang berpenampilan sedikit seksi. Yah, garis-garis sederhana dan juga proporsi bodi mobil keluaran Mazda ini terlihat begitu kekar dan sporty. RF adalah retractable fastback, dimana merupakan daya tarik dari Mazda terbaru.

    Mobil Mazda MX 5 RF dibekali dengan fitur elektrik yang menarik, dimana hanya dengan sentuhan tombol, maka atap mobil akan naik atau turun dalam waktu 13 detik dalam kecepatan 6 mph. Fitur naik turun soft-top Mzda ini merupakan fitur alternatif yang familiar.

    Selain tampilan yang sporty, Mazda MX 5 RF dibekali dengan lampu depan dan belakang LED+DRL. Pada bagian belakang mobil terpasang lip spoiler belakang yang halus. Kedua trim mobil dibekali dengan velg berukuran 17 inci. Tetapi Grand Touring juga menambahkan sistem pencahayaan yang lebih canggih.

    Untuk tahun 2020, Mazda telah memberikan pilihan warna baru, yaitu Polymetal Grey. Ini bergabung dengan palet warna yang cukup mendasar yang menampilkan Soul Red Crystal Metallic ($ 595, sekitar Rp 8.5 jutaan), Jet Black Mica, Ceramic Metallic, Machine Grey Metallic ($ 300, sekitar Rp 4.3 jutaan), dan Arctic White. Trim Grand Touring menggantikan Arctic White dengan Snowflake White Pearl Mica ($200,sekitar Rp 2.9 jutaan) dan Eternal Blue Mica yang merupakan pilihan warna tambahan.

    Mazda MX 5 RF dibekali dengan berbagai warna. Penguji Grand Touring kami tiba dengan mengenakan warna Snowflake White, yang berkilauan dan berkilauan di bawah sinar matahari tetapi tidak sesuai dengan gaya bagian belakang mobil Mazda MX 5 RF. Warna yang lebih gelap seperti Machine Grey Metallic lebih baik untuk menyembunyikan profil belakang, tetapi bahasa desain Kodo. Mazda MX 5 RF benar-benar layak hanya satu warna, yakni Soul Red Crystal. Ini adalah salah satu warna cat paling memikat di pasaran saat ini.

    Soul Red Crystal Metallic

    Jet Black Mica

    Polymetal Gray

    Machine Gray Metallic

    Arctic White

    Snowflake White Pearl Mica

    Eternal Blue Mica


    Dimensi Mazda MX 5 RF

    Baik masuk ke tempat parkir yang sempit atau masuk ke celah lalu lintas dengan cepat, semuanya mudah dengan dimensi Mazda MX 5 RF dengan panjang 3.914 mm inci, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.244 mm. Selain itu, Mazda MX 5 RF juga memiliki wheelbase 2.308 mm dan ground clearance berukuran 135 mm. Tidak banyak mobil sport yang ringan seperti Mazda MX 5 RF model manual berbobot 1.112 kg dan otomatis mencapai 1.130 kg. Kedua model hanya lebih dari 45 kg lebih berat daripada rekan soft-top mereka.

    Dimensi Mazda MX 5 RF
    Panjang 3.914 mm
    Lebar 1.735 mm
    Tinggi 1.244 mm
    Velg 17 inci
    Berat Transmisi Manual 1.112 kg
    Berat Transmisi Otomatis 1.130 kg
  • Interior

    Interior Mazda MX 5 RF

    Mazda MX 5 RFInterior Mazda telah berkembang jauh dan Mazda MX 5 RF tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Ini dibangun dengan kokoh dan saklar terasa kuat, sementara campuran kulit dan warna trim yang menyenangkan mencerahkan lingkungan. Misalnya Porsche 911, takometer yang dipasang di tengah diberikan sentuhan sporty dan dial analog tradisional tampak hebat.

    Kekurangan dari interior Mazda MX 5 RF yakni tidak ada cukup ruang untuk penghuni yang lebih tinggi. Jika Anda lebih dari enam kaki-dua tinggi, kurangnya ruang cenderung menjadi dealbreaker. Bagi mereka yang dapat menyesuaikan diri, mereka akan menghargai kursi bucket sporty dan fitur standar seperti kursi berpemanas, tambahan baru integrasi Apple CarPlay/Android Auto pada model Club, dan sistem audio surround-sound Bose. Penyimpanan di dalam kabin Mazda MX 5 RF sedikit sempit.


    Tempat Duduk dan Ruang Interior

    MX-5 Miata RF benar-benar memiliki dua tempat duduk, tetapi ada peringatan untuk itu karena penumpang yang lebih tinggi tidak akan bisa muat. Batas kenyamanan berkendara dan penyesuaian kursi terbatas (penyesuaian geser depan dan belakang, penyangga paha, dan sandaran sandaran saja) sulit untuk benar-benar nyaman.

    Ada cukup banyak ruang kepala, bahkan dengan atapnya tertutup, tetapi pengemudi yang lebih tinggi akan sering menemukan lutut mereka menggosok setir. Interiornya juga sempit, sehingga pengemudi dan penumpang yang lebih gemuk akan kesulitan, dan posisi tempat duduk yang rendah berarti sulit untuk naik dan turun dengan anggun.

    Penopang yang bertanggung jawab atas desain fastback yang bergaya sangat menghambat visibilitas. Tidak seperti Miata Roadster yang memiliki insulasi suara yang luar biasa dengan atap di bawah, membuka atap di Mazda MX 5 RF hadir dengan sejumlah fitur. Atap hanya dapat dioperasikan pada 6 mph, yang sangat lambat dan pada kecepatan lebih tinggi dari 30 mph.


    Warna dan Bahan Interior

    Kedua trim RF masing-masing memakai pelapis yang berbeda, dengan trim Club kain hitam sport dengan jahitan merah, sedangkan Grand Touring mendapatkan kulit biasa sebagai standar dalam dua pilihan warna. Kulit Sport Tan mendapatkan jahitan yang serasi, sedangkan kulit hitam di unit pengujian kami mewarisi jahitan kontras merah dari model Club. Grand Touring juga mendapatkan opsi baru untuk tahun 2020 berupa kulit Nappa merah, tetapi bagi kami yang hitam baik-baik saja. Mereka yang mencari sesuatu yang sedikit lebih sporty dapat melengkapi model Club dengan kursi sport Recaro sebagai bagian dari Paket Recaro Brembo/BBS.

    Kulitnya lembut dan jahitannya terbawa hingga ke dasbor dan pintu, di mana bahan sentuhan lembut mendominasi desain yang bergaya. Aluminium imitasi tersebar di seluruh tombol dan tombol taktik. Anda bisa menyalahkan bobot bodi, mengurangi plastik dan logam dengan mikrometer untuk menghemat berat per gram. Hal ini juga terlihat pada pintu, di mana panel paling atas dicat plastik agar sesuai dengan warna cat eksterior. Garis lurus sampai ke lengkungan roda depan di bagian eksterior Mazda MX 5 RF yang canggih.


    Bagasi dan Ruang Kargo Mazda MX 5 RF

    Seperti halnya kabin yang sempit, hanya ada sedikit ruang di bagasi Mazda MX 5 RF. Hanya 4,5 kaki kubik ruang hanya cukup untuk satu tas jinjing. Ruangnya sangat dalam karena tidak ada ban cadangan, tetapi bagian bawah memiliki potongan kecil, sehingga sulit untuk memuat barang yang lebih besar, dan bukaan ke bagasi kecil.

    Penyimpanan interior suram, namun. Ada tempat penyimpanan kecil di bawah sandaran tangan konsol tengah yang tidak mampu menampung smartphone, dan gagasan tentang kantong pintu terbatas pada dua kantong kecil di sandaran tangan. Tidak ada kantong pintu asli, tidak ada glovebox tradisional, dan hanya dua cupholder yang bisa dilepas yang terasa tipis dan lebih sering mengganggu. Satu-satunya kemiripan kepraktisan hadir dalam bentuk tempat penyimpanan yang dapat dikunci di belakang kursi, tetapi sulit untuk diakses dan tidak terlalu besar.

  • Fitur

    Fitur Mazda MX 5 RF

    Interior MazdaUntungnya, Mazda MX-5 RF bukanlah mobil sport sederhana yang tidak cocok untuk penggunaan sehari-hari. Mazda telah menyertakan fitur standar yang cukup untuk membuat Anda senang. Dimulai dengan Mazda MX 5 RF yang dibekali dengan AC, kursi berpemanas (dengan tiga pengaturan panas berbeda), start tombol tekan, dan sistem entri tanpa kunci untuk menambah kenyamanan.

    Kolom kemudi miring dan teleskopik membantu menemukan posisi mengemudi yang sesuai. Pada Mazda MX 5 RF Grand Touring dengan spesifikasi lebih tinggi dengan AC ditingkatkan menjadi pengatur suhu otomatis dan jok kain Club diganti dengan trim kulit. Trim spek teratas ini juga mendapatkan spesifikasi keselamatan yang lebih lengkap dengan fitur-fitur seperti high-beam control dan driver aid yang lebih sering ditemukan pada kendaraan mahal, yakni traffic sign recognition.


    Infotaiment

    Rangkaian infotainment Mazda Connect dibekali dengan layar sentuh berukuran 7 inci hanya beroperasi dengan sentuhan saat diam, dan grafisnya tampak kuno dan beresolusi rendah. Namun, sebagian besar fungsi yang diperlukan hadir, termasuk AM/FM/HD Radio, Aha, Pandora, dan integrasi Stitcher, dan radio satelit SiriusXM dan pengontrol putar membuat sistem mudah digunakan.

    Media juga dapat dialirkan melalui jack input tambahan dan dua port USB, dan baru untuk tahun 2020, Apple CarPlay dan Android Auto adalah standar pada kedua trim. Navigasi ditambahkan dari Mazda MX 5 RF tipe Grand Touring, tetapi kami menemukan penggunaan Google Maps oleh Android Auto sebagai pendamping navigasi yang lebih baik. Kedua trim Mazda MX 5 RF dilengkapi dengan sistem suara Bose sembilan speaker. Ini mengemas banyak pukulan, dan speaker yang dipasang di sandaran kepala membantu melawan kebisingan angin dengan top down, sementara juga bertindak sebagai speaker khusus untuk panggilan hands-free.


    Fitur Keselamatan Mazda MX 5 RF

    Mazda MX 5 RF belum dievaluasi oleh IIHS atau NHTSA untuk kelayakan tabrakan, jadi tidak ada peringkat keselamatan yang tersedia untuk Mazda ini, meskipun tingkat keselamatan yang layak memberikan ketenangan pikiran.


    Fitur Keamanan Utama

    Di luar kotak, Miata RF Club dilengkapi dengan empat airbag (tas depan dan samping ganda) untuk melindungi kedua penumpang. Menjaga segala sesuatunya tetap terkendali adalah kontrol stabilitas dinamis standar dan sistem kontrol traksi, bersama dengan pemantauan tekanan ban.

    Sebagai bagian dari rangkaian keselamatan i-Activesense Mazda, Klub juga mendapatkan peralatan seperti dukungan rem kota pintar dan peringatan lalu lintas belakang, bersama dengan sistem peringatan keberangkatan jalur penting, beberapa di antaranya hanya standar di Grand Touring tahun lalu.

    Untuk meningkatkan kesadaran pengemudi, Mazda membekali sistem pemantauan blind-spot standar. Mazda MX 5 RF tipe Grand Touring top-range menambahkan sistem pencahayaan depan adaptif (dengan kontrol sinar tinggi) dan bantuan pengemudi lain dalam bentuk pengenalan rambu lalu lintas. Trim ini juga mendapat fungsi auto on/off untuk lampu depan dan wiper kaca depan dengan sensor hujan.

  • Mesin dan Performa

    Performa Mazda MX 5 RF

    Dikatakan bahwa Mazda tidak mempublikasikan angka kinerja untuk Mazda MX-5 RFdi situs webnya, sebuah pengingat bahwa mobil sport ikonik ini tidak pernah tentang akselerasi yang memukau. Namun demikian, tahun lalu jajaran Mazda MX-5 RF menerima peningkatan daya yang disambut baik. Itu tidak drastis, tapi cukup untuk mengurangi waktu 0-60 mph menjadi sekitar enam detik dalam kedok manual.

    Sayangnya, otomatis kami lebih lambat, mengelola prestasi lebih dekat ke tujuh detik; tetapi hasil penjualan baru-baru ini menunjukkan bahwa 48% pembeli RF membeli mobil, tidak seperti 24% pembeli Roadster yang memilih mobil yang sama. Mengingat Mazda MX-5 RF selalu dimaksudkan untuk menjadi rendah daya dan besar menyenangkan. Mobil keluaran Mazda ini berpenggerak roda belakang yang sama seperti Toyota 86 dan Subaru BRZ dan memiliki mesin yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 181 hp, upaya mendayung persneling sendiri merupakan bagian dari daya pikat Mazda MX 5 RF sendiri.


    Mesin dan Transmisi Mazda MX 5 RF

    Mazda MX 5 RF dibekali dengan mesin berkapasitas 2L dengan 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 181 Hp dan torsi maksimal 151 Nm. Modifikasi Mazda MX 5 RF generasi sebelumnya seperti knalpot baru, port intake yang dikerjakan ulang, dan pengurangan massa internal menghasilkan 26 hp. Dengan senang hati berputar hingga lebih dari 7.000 rpm, Mazda melanjutkan dengan respons throttle tajam yang sama dan ketersediaan gearbox manual 6 kecepatan.

    Berkat pembaruan mesin di generasi sebelumnya lebih cocok untuk MX-5 daripada sebelumnya. Ini berputar lebih tinggi, terdengar lebih baik, dan lebih bertenaga dari sebelumnya. Namun, ia memiliki sedikit pukulan, dan fakta bahwa turbocharger tidak ada berarti Anda harus menjalankannya hingga melewati 7.000 rpm untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang bagus. Ini adalah sensasi adiktif, bergantung pada gigi mobil, membawa kecepatan melalui tikungan dengan tenaga mesin sepenuhnya, dan itu adalah sensasi yang paling dinikmati dengan gearbox manual 6 kecepatan.

    Sayangnya, mobil otomatis yang kami uji melakukan pekerjaan yang buruk dalam menikmati pekerjaan yang dilakukan mesin. Pergeseran waktu berjalan lambat dan selalu terlambat merespon sesaat setelah berbelok di tikungan, mengganggu keseimbangan bobot mobil sport yang sangat sensitif. Ada mode Sport yang lebih siap mendahului downshifts, tetapi itu hanya menambahkan Band-Aid ke situs amputasi karena gearbox itu sendiri terlalu bodoh untuk benar-benar dinikmati.

    Anda juga dapat menukar barang ke mode manual di mana sepasang dayung di belakang kemudi memungkinkan Anda mengambil kendali. Namun, respons terhadap input lamban, dan saat Anda menabrak garis merah di tengah tikungan, girboks naik saat tidak seharusnya. Kami telah mengendarai Miata RF versi manual sebelumnya, dan yang otomatis benar-benar mengecewakan jika dibandingkan.

  • Kesimpulan

    Mazda MX 5 RF memang lebih kecil dan lebih ringan daripada beberapa mobil sport lainnya, namun dia telah berkembang pesat dari dirinya yang dulu. Tidak ada model yang lebih wow daripada Mazda MX 5 RF yang menambahkan atap coupe dan menjual hampir setengah dari semua unit dengan gearbox otomatis.


    Dalam pekembangannya di tengah jalan, Mazda telah menghilangkan keanehan dalam dirinya dan membuat dirinya sendiri menjadi kesukaan lebih dari satu juta orang dalam tiga dekade. Yah, meskipun mobil Mazda MX 5 RF memiliki beberapa kekurangan seperti ruang bagasi yang kecil dan sebagainya. Namun secara keseluruhan Mazda MX 5 RF telah menjadi mobil yang cukup bagus dan memiliki banyak penggemar. Anda akan tampak keren jika mengendarai Mazda ini keman-mana.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
  • Apa Berat bersih (kg) dari Mazda MX 5 RF?

    Berikut adalah Berat bersih (kg) dan varian Mazda MX 5 RF:

    VarianMazda MX 5 RF Skyactiv-G 2.0
    Berat bersih (kg)1080
  • Apa Jenis rem depan dari Mazda MX 5 RF?

    Berikut adalah Jenis rem depan dan varian Mazda MX 5 RF:

    VarianMazda MX 5 RF Skyactiv-G 2.0
    Jenis rem depanVentilated Discs
  • Apa Tangki bahan bakar (Liter) dari Mazda MX 5 RF?

    Berikut adalah Tangki bahan bakar (Liter) dan varian Mazda MX 5 RF:

    VarianMazda MX 5 RF Skyactiv-G 2.0
    Tangki bahan bakar (Liter)45
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mazda MX 5 RF Skyactiv-G 2.0

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

MINI Convertible
Rp 865,00 - 1,03 Milyar
VS