
Mazda CX 5






Varian dan Harga Mazda CX 5
BeritaMazda CX 5

• Mazda CX 5
Mazda Power Drive 2024 Hadir Lagi, Bisa Jajal Berbagai Model dan Banjir Promo MenarikMazda Power Drive 2024 kembali diadakan untuk memberi kesempatan semua masyarakat menjajal kenikmtan berkendara dari lini produk Mazda di Indonesia....
Herdi
11.09.2024

• Mazda CX 5
5 Mantra Pemikat New Mazda CX-5 2024 Ini Bikin Bos Muda Makin Jatuh CintaMenempati ceruk Medium SUV Premium 5-seater, kehadiran New Mazda CX-5 2024 di Tanah Air sanggup menggoda para bos muda. Bagaimana tidak,...
Enda
12.07.2024

• Mazda CX 5
Lebih Murah dari Toyota Raize Baru, Mazda CX-5 Facelift Bekas 2015 Punya Banyak KeistimewaanHarga Mazda CX-5 bekas 2015 di CARSOME.id ditawarkan Rp251.000.000, atau lebih murah Rp 7 jutaan dari Toyota Raize baru tipe G 1.0...
Enda
21.06.2024

• Mazda CX 5
Daftar Mobil Baru di Indonesia Periode November 2023, Wuling Binguo EV dan Serbuan Mobil Mewah Mercedes-BenzBanyak mobil baru di Indonesia yang rilis periode November 2023, mulai dari mobil listrik Wuling Binguo EV, Mazda 2 facelift,...
Prasetyo
04.12.2023

• Mazda CX 5
Mazda 2 Hatchback dan CX-5 2023 Kado Akhir Tahun dari Mazda IndonesiaMazda 2 Hatchback 2023 dan Mazda CX-5 2023 menjadi kado akhir tahun dari Mazda Indonesia. Melalui PT Eurokars Motor Indonesia kedua...
Prasetyo
29.11.2023

• Mazda CX 5
Inden Mobil Mazda Tak Lagi Lama, Ini PenyebabnyaBeberapa bulan lalu ada isu yang beredar terkait mengapa Mazda indennya lama tidak seperti pabrikan merek Jepang lain seperti Toyota...
Prasetyo
18.10.2023
Video Mazda CX 5
Fitur Premium pada New Mazda CX-5
Urban Mover 2.0: Penentuan pemenang! Uji Handling Mazda CX-5 terbaik dikelasnya! - CXperience Eps 4
Kelebihan&Kekurangan

Kelebihan
Eksterior Menggunakan KODO Design Khas Mazda
Grill Minimalis, Namun Stylish
Ground Clearance Tinggi, Andal di Jalan Bergelombang
Headlamp Berteknologi Tinggi, Pencahayaan Lebih Optimal
Dilengkapi Fitur Sunroof
Suspensi Lebih Halus
Kabin Mewah dan Modern
Sistem Audio Canggih
Dilengkapi Fitur Driving Display Yang Informatif
Material Interior Berkualitas, Lebih Nyaman
Mesin Berteknologi SKYACTIV, Tenaga Lebih Mumpuni
Sarat Fitur Berteknologi Canggih

Kekurangan
Suku Cadang Masih Mahal
Lampu Belakang Terlalu Kecil Untuk Bodinya Yang Besar
Bodi Besar, Sulit Berkendara di Jalan Sempit
ReviewMazda CX 5
- Overview
- Eksterior
- Interior
- Fitur
- Mesin dan Performa
- Kesimpulan
Overview
Butuh SUV perkotaan yang memberikan rasa berkendara yang menyenangkan? Mazda CX-5 merupakan prioritas bagi penggemar mobil perkotaan yang ramah keluarga namun tetap memberikan handling yang nyaman untuk dikemudikan.
Daftar Harga Mazda CX-5 | ||
---|---|---|
Harga Mazda CX-5 Touring | Rp 508.800.000 | |
Harga Mazda CX-5 GT 2021 | Rp 555.800.000 | |
Harga Mazda CX-5 Elite | Rp 588.800.000 |
Spesifikasi Mazda CX 5
Spesifikasi Mazda CX-5 | ||
---|---|---|
Mesin Mazda CX 5 | ||
Tipe Mesin | SkyActive-G 2.5L 4-silinder segaris DOHC 16 katup | |
Kapasitas Silinder | 2.488 cc | |
Tenaga Maksimal | 190 PS @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 251 Nm @ 3.250 rpm | |
Transmisi | SkyActive-Drive 6-percepatan | |
Sistem Penggerak | Front-wheel drive | |
Dimensi Mazda CX 5 | ||
P x L x T | 4.550 x 1.840 x 1.680 mm | |
Wheelbase | 2.700 mm | |
Jarak Pijak Depan | 1.595 mm | |
Jarak Pijak Belakang | 1.595 mm | |
Ground Clearance | 193 mm | |
Kaki-Kaki dan Suspensi Mazda CX 5 | ||
Suspensi Depan | MacPherson Strut | |
Suspensi Belakang | Multi-link | |
Rem Depan | Ventilated Disc | |
Rem Belakang | Solid Disc | |
Ukuran Ban | 255/55 R19 | |
Velg | 19 inci alloy |
Sejarah Mazda CX-5
Kehadiran Mazda CX-5 bisa dibilang masih baru. Bukan hanya di pasar otomotif Tanah Air, tapi juga secara global. Pasalnya SUV kompak milik Mazda ini baru debut perdana pada Mei 2011 dan mulai diproduksi setahun kemudian.
Kehadirannya langsung menjadi salah satu jualan populer Mazda, termasuk di Indonesia. Platform Mazda CX-5 sendiri diambil dari Mazda3 dan Mazda6. Sedangkan posisinya diapit oleh Mazda CX-3 yang lebih kecil serta Mazda CX-8 dengan dimensi yang lebih besar.
Pasar SUV di Indonesia memang cukup banyak. Dengan harga Mazda CX-5 yang mencapai Rp508 jutaan, pesaingnya datang dari SUV kompak premum lainnya. Diantaranya Honda CR-V, Hyundai Tucson, serta Mitsubishi Pajero Sport.
Generasi kedua meluncur pada tahun 2016 dan masuk ke Indonesia setahun kemudian. Tahun lalu, Mazda CX-5 2019 merupakan facelift generasi kedua dengan tampilan depan yang leih ramping serta beberapa penambahan pada fitur berkendara.
Ada tiga varian yang dipasarkan di Indonesia, varian Touring, GT, dan Mazda CX-5 Elite sebagai entry tertinggi. Perbedaan harga masing-masing varian Rp40 juta. Dengan berbagai pilihan dari SUV kompak, apa saja yang menarik dari mobil ini? Cek review Mazda CX-5 di bawah ini.
Eksterior
Eksterior Mazda CX-5
Desain KODO yang menghiasi mobil-mobil Mazda lainnya tak ketinggalan dibawa pada Mazda CX-5 2020. Desain luarnya sensual dengan garis-garis yang halus serta lengkungan yang minimalis. Tanpa banyak aksen, eksteriornya terasa lebih elegan.
Grille depan yang lebar dan hampir menutupi sepertiga tampilan depan menjadi ciri khas Mazda yang ditanamkan pada mobil Mazda CX-5 terbaru. Ada list chrome yang membuat tampilannya terasa elegan denga logo Mazda pada bagian tengah grille.
Lampu depan Mazda CX-5 dibuat sipit, menawarkan tampilan yang sporty dengan teknologi LED akan menemani sepanjang perjalanan. Beralih ke bawah, bumper berwarna hitam dilengkapi dengan lampu kabut serta aksen berwarna silver.
Siluetnya terkesan menawan jika dilihat dari samping. Ada list chrome pada jendela samping yang mempercantik tampilannya agar tidak terlalu polos. Selain itu, Mazda CX-5 hadir tanpa banyak aksen. Bahunya berotot menegaskan tampilan SUV yang sporty.
Desain samping Mazda CX-5 dilengkapi dengan velg 19 inci menghadirkan kesan sporty. Mengimbangi sisi samping yang cukup polos. Ground clearance memang tidak begitu tinggi, hanya 193 mm. Tapi sangat baik jika digunakan sebagai SUV perkotaan.
Di bagian belakang Mazda CX-5, lampu depan membulat dengan kesan seperti sayap. Di atas terdapat stop lamp di bagian atas serta shark fin atenna. Terdapat aksen silver pada bumper bawah. Sudah dipersiapkan bukaan pintu bagasi elektris, meskipun belum bisa dibuka dengan ayunan kaki.
Interior
Interior Mazda CX-5
Mengikuti eksterior yang dibuat cantik, kesan premium terasa dari kabin dengan gabungan material soft touch serta detail kecil sill plate bertuliskan Mazda CX-5. Fitur ni akan menyala dan memberikan kesan ‘selamat datang’ ketika pintu dibuka.
Dashboard Mazda CX-5 terasa mulus dengan material soft touch serta perpaduan aksen silver dan panel kayu, menawarkan kesan elegan ketika masuk ke dalam mobil. Komposisi tombol konvensional dan head unit touchscreen yang diberikan cukup ergonomis membantu pengemudian.
Varian Mazda CX-5 menengah dan varian Mazda CX-5 tertinggi sudah mendapatkan layar sentuh 8.0 inci yang menawarkan berbagai fitur terbaru dari Mazda. Tapi jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama, head unit 10 inci bisa dibilang lebih pas.
Sistem infotainment Mazda CX-5 sudah bisa terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Ada pula slot USB pada konsol tengah yang bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone. Ruang kabin kedap, ditemani oleh sound system premium Bose.
Setir multifungsi dengan berbagai tombol pengaturan dibalut dengan lapisan kulit yang membuatnya enak digenggam. Desainnya mirip dengan model Mazda lainnya dengan aksen silver pada bagian dalam dan tombol.
Ruang kaki dan ruang kepala Mazda CX-5 yang cukup lapang menambah kenyamanan di dalam mobil. Kursi baris kedua bisa direbahkan, terasa menyenangkan pada saat pengendaraan ke luar kota. Akses masuk pun cukup baik dengan bukaan pintu hampir 90 derajat.
Tapi ruang penyimpanan di belakang tak begitu besar, meski masih berterima untuk menyimpan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Bangku baris kedua dengan konfigurasi 40:20:40 bisa direbahkan untuk menambah ruang bagasi.
Fitur
Fitur Mazda CX-5
Mazda selalu total dalam memberikan fitur keselamatan di dalam mobil yang berlimpah. Sebut saja sistem pengereman ABS+EBD+BA untuk pengendaraan yang lebih baik di jalanan licin serta Dynamic Stability Control dan Traction Control.
Mazda CX-5 tak ragu ketika dibawa di jalanan pegunungan yang mendaki. Tentu saja dengan fitur Hill Launch Assist (HLA) yang akan membantu mobil ketika berhenti di jalanan menanjak. Fitur lainnya seperti Emergency Stop Signal (ESS) juga sudah tersedia pada semua model.
Untuk mempermudah berkendara di jalanan sempit atau ketika sedang memarkirkan kendaraan, terdapat 360 view monitor. Ditambah dengan sensor parkir depan dan belakang yang akan menghindari Mazda CX-5 dari benturan atau tabrakan.
Mesin dan Performa
Mesin Mazda CX-5
Mesin SkyActiv-G yang digunakan pada sebagian besar model terbaru Mazda menawarkan performa tingkat tinggi namun dengan mesin yang cukup efisien. Kompresi rasio 13.0:1 serta menghadirkan mesin yang lebih efisien 15% dibandingkan mesin sebelumnya.
Generasi kedua Mazda CX-5 masih menggunakan mesin yang sama dengan edisi sebelum facelift. Belum menggunakan tenaga turbo, mesin berkapasitas 2.5L mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 190 PS pada 6.000 rpm serta torsi yang cukup besar, 251 Nm pada putaran 3.250 rpm.
Mesin SkyActiv-G dipadukan dengan transmisi tipe SkyActive-Drive 6-percepatan otomatis. dengan perpindahan gigi yang mulus. Tenaga disalurkan ke roda depan untuk menghindari powerloss sehingga performa Mazda CX-5 masih tetap terjaga.
Performa Mesin Mazda CX-5
Yang membedakan model Mazda dengan pabrikan lainnya yaitu semua mobil memberikan kesan fun-to-drive yang maksimal. Selain handling yang mengesankan, rangkaian fitur bantuan berkendara dan fitur keselamatan yang digunakan pada Mazda CX-5 membuatnya menjadi lebih mudah dijalankan.
Performan Mazda CX-5 tinggi. Bahkan Mazda mengklaim CX-5 mampu berlari dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam 8.9 detik. Cukup mengesankan mengingat bodinya yang besar serta tugasnya sebagai mobil keluarga.
Konsumsi BBM Mazda CX-5
Mazda CX-5 menghadirkan rasa berkendara dengan prforma tinggi, tapi tidak melupakan konsumsi bbm yang irit. Meskipun mesin Mazda CX-5 belum mendapatkan peningkatan pada edisi facelift terbaru, keluaran bahan bakarnya masih berterima.
Mazda sendiri mengklaim bahwa efisiensi mesin Mazda CX-5 cukup baik untuk sekelas SUV perkotaan. Kisaran 10-11 km/L dibutuhkan ketika membawa mobil di di dalam kota. Sedangkan konsumsi yang lebih efisien tercatat 16-17 km/L di jalanan yang lebih stabil.
Efisiensinya juga masih terjaga karena Mazda CX-5 sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar injeksi langsung. Untuk mendapatkan rasa berkendara yang mumpuni ditambah mesin yang efisien, Mazda menyarankan Mazda CX-5 menggunakan bahan bakar RON 90.
Kesimpulan
Ubahan baru tahun lalu menghairkan tampilan yang lebih elegan dan segar. Tidak ada ubahan mesin dan suspensi, tapi Mazda CX-5 2020 masih menghadirkan rasa berkendara layaknya warisan Mazda lainnya: fun to drive.
Di dalam Mazda CX-5, kabin yang ergnomis membuat pengendaraan semakin efisien dengan akses yang mudah dijangkau. Belum lagi mesin yang bertenaga dan performa yang cukup tinggi sebagai mobil perkotaan. Mazda CX-5 bahkan masih nyaman jika dibawa ke luar kota dan jalanan yang bergelombang.
Mazda CX-5 memang menawarkan fitur keselamatan dan infotainment yang berlimpah. Sayangnya fitur pada varian entry level dipangkas dibandingkan varian Mazda CX-5 menengah maupun varian Mazda CX-5 tertinggi. Dengan beda harga yang tidak terlalu besar, fitur yang dihadirkan lebih lengkap.





Mobil Rekomendasi
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
FAQ Mazda CX 5
Ya, Mazda CX 5 tersedia dalam Lampu kabut depan. Varian Lampu kabut depan yang tersedia adalah Mazda CX 5 Touring, Mazda CX 5 GT, Mazda CX 5 Elite.
Berikut adalah Asuransi OTR dan varian Mazda CX 5:
Varian | Mazda CX 5 Touring | Mazda CX 5 GT | Mazda CX 5 Elite |
Asuransi OTR | 1 | 1 | 1 |
Ya, Mazda CX 5 memiliki Start/Stop engine button, yaitu: Mazda CX 5 Touring, Mazda CX 5 GT, Mazda CX 5 Elite.
Ya, Mazda CX 5 memiliki Vehicle Stability Control (VSC), yaitu: Mazda CX 5 Touring, Mazda CX 5 GT, Mazda CX 5 Elite.
Tidak, Mazda CX 5 tidak memiliki Sandaran tangan depan / belakang.