Ingin Mengubah Penampilan Wuling Almaz Pre Facelift Jadi Chevrolet Captiva? Segini Estimasi Biaya Komponennya

Wuling Almaz sukses menjadi pendatang baru yang langsung diterima masyarakat. Alasannya karena SUV besutan merek China ini menghadirkan fitur yang melimpah dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang SUV sejenis dari brand Jepang. Bila kalian punya Wuling Almaz pre Facelift tapi gengsi dengan merek China, bisa kok mengubah penampilannya jadi Chevrolet Captiva.

Almaz yang dibangun berbasis dari Baojun 530, juga hadir sebagai Captiva di beberapa Negara Amerika Latin yaitu Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, Chile dan Uruguay. Sebelumnya, pihak Wuling Motors telah menegaskan bahwa kendaraan dengan platform Almaz tidak akan beredar dengan logo Chevrolet di pasar Indonesia. Artinya, Captiva memang tidak tersedia untuk market lokal dan hanya dipersiapkan untuk ekspor.

Baca juga: 

Sama-sama Hybrid, Mending Toyota Innova Zenix TSS apa Wuling Almaz?

Beda Rp4,5 JutaKetahui Perbedaan Wuling Almaz RS Exclusive dan PRO Sebelum Membelinya!

Beda Rp4,5 JutaKetahui Perbedaan Wuling Almaz RS Exclusive dan PRO Sebelum Membelinya!

Mengapa demikian? Alasannya sederhana, karena Captiva untuk pasar Thailand ini diproduksi oleh PT SGMW Motors Indonesia selaku agen pemegang merek Wuling di Tanah Air. Sebagai informasi, SUV buatan Cikarang ini akan dikapalkan ke Thailand, Fiji, dan Brunei Darussalam hingga 2020 lalu.

Artinya, baik Captiva atau Almaz pre facelift ini memakai basis yang sama, hanya berbeda pada bagian grill dan emblem merek. Mengubah penampilan Almaz jadi Captiva pun tak terlalu sulit karena komponen substitusinya cukup banyak tersedia di marketplace. Emblem Wuling bisa kita rombak jadi emblem Chevrolet yang tersemat di pada gril depan, pintu belakang, dan setir.

Lantas, apa saja bagian dari Wuling Almaz yang bisa dirombak menjadi Chevrolet Captiva? Berikut ini hasil penelusuran dari kami.

1. Mengganti Grill dan Emblem Logo Wuling Almaz Pre Facelift dengan Milik Captiva

Hal terpenting bila ingin mengubah penampilan Wuling Almaz pre facelift supaya jadi Chevrolet Captiva ialah dengan mengganti grill assy milik Captiva CN202S. Gril depan Chevrolet Captiva terdiri dari tiga bilah sedangkan gril Wuling Almaz hanya dua bilah.

Adapun grill dengan logo Chevrolet ini telah tersedia kamera depan, bisa plug and play alias tinggal pasang di Wuling Almaz. Kisaran harga grill Chevrolet Captiva CN202S baru dan original ini dijual antara Rp850.000 sampai Rp950.000. Harga segitu belum termasuk ongkos kirim dan biaya pasang di bengkel langganan kalian. 

Dan jangan lupa, kalian juga perlu melepas emblem belakang berlogo Wuling milik Almaz dan menggantinya dengan emblem berlogo Chevrolet. Sebagai informasi, emblem Chevrolet untuk pintu belakang ini harus mencocokkan ukurannya dengan logo Wuling di Almaz. 

Selain itu, ada beberapa penyesuaian pen dudukan logo belakang Chevrolet. Pasalnya, logo lima berlian dari Wuling ini juga punya pen dudukan sendiri yang jumlahnya ada lima titik yang posisinya seperti huruf W. Untuk mensiasatinya, bisa memakai emblem KW yang tidak ada pen dudukannya, yang dijual hanya Rp38.600

Terakhir, pasang emblem tulisan 'CAPTIVA' di sisi kiri bawah pintu belakang. Adapun emblem ini dijual dengan kisaran harga Rp75.000 sampai Rp100.000 di marketplace seperti Tokopedia.

2. Mengganti Tombol Klakson dan speedometer di Almaz dengan Versi Captiva

Hal berikutnya yang perlu kita lakukan supaya 'paripurna' berevolusi menjadi brand Chevrolet ialah mengganti beberapa bagian di interior. Pertama ada panel airbag sekaligus tombol klakson di setir. Untuk panel klakson berlogo Chevrolet ini juga tersedia versi assy di marketplace dengan harga Rp1.000.000, belum termasuk ongkos kirim dan biaya pasang.

Hal selanjutnya yang juga perlu kita ubah yaitu panel instrumen speedometer. Sebenarnya, perbedaan antara Wuling dan Chevrolet di bagian ini hanyalah pada tampilan layar pembuka di MID. Speedometer bawaan Wuling waktu kunci kontak dinyalakan maka layar menampilkan logo Wuling, sedangkan pada speedometer milik Captiva menampilkan logo Chevrolet. Harga untuk panel speedometer assy milik Captiva CN202S ini di Tokopedia seharga Rp1.500.000, belum termasuk ongkos kirim dan biaya pemasangan. 

Untuk pemasangan bagian ini tentu tidak bisa sembarangan, harus dilakukan di bengkel spesialis yang memang terbiasa menangani brand Chevrolet dan Wuling. Untungnya, kini sebagian bengkel spesialis Chevrolet umumnya masih satu perusahaan dengan bengkel resmi Wuling.

Lantas, berapa biaya keseluruhan untuk komponen tersebut? Berikut ini rinciannya:

Komponen Harga
Grill Chevrolet Captiva CN202S Rp950.000
Emblem Pintu Belakang Chevrolet Rp38.600
Emblem 'CAPTIVA' Rp100.000
Panel Airbag dan Klakson assy Rp1.000.000
Panel Speedometer assy Rp1.500.000
Total

Rp3.588.600

Setidaknya, kalian perlu menyiapkan anggaran kira-kira Rp6jutaan untuk membli part termasuk biaya pemasangan komponen tersebut di Almaz milik kalian. Jelas, biaya mengubah penampilan dengan brand Amerika ini juga tak semurah yang dibayangkan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Almaz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

43.740 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 266,00 Juta
Rp 5,42 Juta/bln

62.209 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

38.223 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Haval H6 HEV 2021: Lawan Berat Honda CR-V dan Wuling Almaz! | First Look

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Honda HR-V
    Rp 355,90 Juta
    Almaz vs HR-V
  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Almaz vs XL7
  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Almaz vs Rush
  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Almaz vs Raize
  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Almaz vs Terios
Wuling Almaz
Lihat