Kencan Singkat Bersama Wuling Alvez 2023, Penantang Baru HR-V dan Creta

Wuling Alvez jadi pendatang baru untuk pasar otomotif Indonesia. Mobil yang masuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover itu bakal langsung berhadapan dengan sederet pesaingnya seperti Honda WR-V atau Hyundai Creta. 

Setelah di IIMS 2023 kita kulit tentang fitur Alvez, kali ini AutoFun berkesempatan kencan singkat dengan mobil tersebut. Dimana lokasi test drive dilakukan di kawasan Senayan, Jakarta.

Oh ya, untuk pengujian ini kami menggunakan unit Wuling Alvez EX atau varian yang paling tinggi yang dibanderol hampir Rp300 jutaan, tepatnya Rp295 juta on the road Jakarta.

Tampilannya modern

Baca juga: Wuling Motors Luncurkan Compact SUV Wuling Alvez, Hadirkan Pengalaman Istimewa di IIMS 2023

Nah, mau tahu bagaimana rasa di balik kemudi Wuling Alvez? Berikut ulasannya:

Wuling Alvez Punya Eksterior Menarik 

Untuk masalah desain, mobil ini memang sekilas seperti Almaz yang dibuat lebih kecil. Hanya saja, kalau dilihat lebih detail pastinya akan jauh berbeda. 

Masuk segmen SUV Crossover

Ya,  Alvez tipe EX memiliki desain grille menarik ditambah dengan lampu LED DRL futuristik, serta Adjustable LED Projector Headlamp yang jadi terlihat mobil ini semakin kekinian. 

SUV ini juga memiliki siluet body ditambah Dynamic Dual-Tone Color, aksen chrome pada garis jendela, roof rail, electric adjustable & folding side mirror. Ini menjadikan Alvez  memberi kesan berbeda dari SUV Crossover modern lainnya.

Baca juga: SUV Termurah di Kelasnya, Cicilan Kredit Wuling Alvez 2023 Seberapa Mahal?

Tipe tertinggi ada LED DRL dan foglamp

Sebagai tambahan, pada bagian belakang mobil ini sudah ada Shark Fin Antenna, LED Rear Lamp, dan Rear Spoiler. Adapun untuk kaki-kaki, mobil ini sudah menggunakan velg alloy berukuran 16 inci bergaya cutting-edge. Tentu saja ini semakin membuat tampilan Alvez berbeda dengan yang lain. 

Kabin Menarik, Ada Electric Sunroof

Masuk kabin Wuling Alvez awalnya biasa saja, namun jika dilihat secara detail, mobil ini juga tak kalah hebat dari mobil Jepangan. Sebab, ternyata memberikan kesan mewah seperti desain tuas transmisi baru, synthetic leather seat, Premium Soft Touch di beberapa bagian, hingga lingkar kemudi berbalut bahan kulit. 

Interior yang tipe EX

Alvez juga sudah dilengkapi kisi-kisi AC bergaya edgy, serta USB Power Outlet yang juga ada di bangku belakang. Sehingga akan memudahkan penumpang mengisi daya smartphone tanpa harus bergantian dengan pengemudi di depan. 

Yang tak kalah menarik lainnya, yaitu Alvez mengaplikasikan meter cluster futuristik dengan ukuran 7 inci Full Color TFT Display. Hal menarik lainnya, yaitu pada bagian atap sudah menggunakan sunroof, yang untuk membuka bagian atap cukup memencet tombol.

Baca juga: Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX?

Electric Sunroof

Mobil ini juga sudah dijejali sistem entertainment dengan head unit berukuran 10,25 inci yang terhubung koneksi internet. Pengguna dapat dengan mudah mengakses Online Music dengan dukungan 4 Groovy Speaker, Online Navigation, Online messaging, dan bisa Wireless Mirroring dengan smartphone melalui sistem tersebut. 

Ketika pengguna akan parkir, pengguna dibantu dengan Rear Parking Camera dengan Dynamic Trajectory yang terlihat pada layar head unit.

Fitur-fitur Mahal Tersedia di Mobil Ini

Dilengkapi fitur WIND

Beragam fitur hadir di mobil ini. Tak lupa kami juga mencoba fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terdiri dari Adaptive Cruise Control, Intelligent Cruise Assistance with Lane Keeping Assist, dan Lane Departure Warning. Hanya saja, karena kondisi jalan di area Senayan tidak padat dan areanya bukan untuk kebut-kebutan maka fitur-fitur tersebut belum bisa digunakan maksimal. Mungkin di lain kesempatan akan kami coba. 

Nah, yang paling bikin penasaran yaitu mencoba fitur Wuling Indonesia Command (WIND). Dimana fitur perintah suara cerdas ini sudah menggunakan Bahasa Indonesia seperti yang ada dibenamkan pada mobil Wuling lainnya, mulai dari Almaz, Cortez hingga Air ev.

Meter cluster full digital

Dengan adanya fitur WIND ini, maka Anda akan mengakses pengaturan di beberapa bagian mobil hanya dengan ucapan di mulut, seperti membuka sunroof, mengatur suhu AC, hingga memilih frekuensi radio favorit. Adapun caranya cukup memulai perkataan dengan mengucapkan ‘Halo Wuling’ dan diikuti dengan perintah yang diinginkan. Untuk fitur ini harga kurang dari Rp300 jutaan keren sih.

Diketahui, selain WIND, Alvez juga punya fitur lainnya yang sudah menerapkan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS). Selain itu, mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan mulai dari Rear Parking Camera, Electronic Stability Control, hingga SRS Airbag di bagian depan.

Merasakan Langsung Duduk Dibangku Kemudi

Saat pertama berada di bangku kemudi, untuk menyalakan mesinnya cukup menekan tombol start stop dan injak pedal gas. Ya, mobil ini sudah tak menggunakan anak kunci.

Setelah menyalakan mesin, ketika duduk dibangku kemudi, jok memang tidak terlalu empuk. Tapi cukup nyaman. Namun lagi-lagi kami tidak bisa merasakan bagaimana ayunan suspensinya saat menghadapi jalanan berkontur. 

Sata hujan kekedapan kabin cukup baik

Adapun saat pedal gas diinjak mobil ini torsinya cukup menggigit, apalagi handle stir sangat ringan, sehingga akan mudah ketika melakukan manuver ketika parkir atau di jalanan. Akan tetapi, ketika pedal gas diinjak lebih dalam, tarikan mesin mobil ini untuk berakselerasi masih terasa lama. Mungkin ini lantaran tak adanya tambahan turbo di mesin tersebut.

Kendati masih terasa minus saat berakselerasi, tentunya ini bukan isu yang berarti. Mengingat jika melihat aturan di jalan tol saja kecepatannya hanya dibatasi maksimal 80 km per jam. Kalau mau 100 km per jam, awas kena rekam CCTV yang nantinya justru kena tilang elektrik.

Adapun mengenai performance Alvez, mobil ini sudah dibenamkan mesin bensin 1.5L yang menyemburkan daya hingga 105 Tk dan torsi 143 Nm, yang disalurkan melalui transmisi CVT. Oia, Wuling Alvez juga punya varian transmisi manual 6-percepatan.

Kesimpulan

Untuk secara tampilan, desain Wuling Alvez sangat menarik untuk kaum muda sebagai target pasarnya. Apalagi jika melihat bagian kabin dan dibenamkan fitur serta teknologi canggih. 

Ya, meski ini mobil jenama China, namun hal itu bukan suatu alasan kalau Alvez jadi terlihat murahan. Sebaliknya dengan fitur dan teknologi yang lengkap, memberikan penilaian positif, bahwa Wuling Motors ingin memberikan hasil maksimal untuk setiap produk yang ditawarkan di Indonesia. Dan terpenting, dengan harga kurang dari Rp300 juta, ini menandakan bahwa Wuling Motor tidak pelit fitur dan teknologi seperti merek mobil lainnya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Alvez

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Wuling Alvez Lebih Irit dari Kompetitor?

Langsung Test Drive Wuling Alvez! | Lawannya HR-V-Creta, Harganya Raize Rocky! | First Drive

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Alvez vs XL7
  • Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Alvez vs Rush
  • Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Alvez vs Raize
  • Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Alvez vs Almaz
  • Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Alvez vs Terios
Wuling Alvez
Lihat