window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Kelebihan Isuzu Panther Matic yang Jarang Diketahui, Gak Kalah dengan Kijang Innova

Yongki Sanjaya · 5 Apr, 2023 08:00

3 Kelebihan Isuzu Panther Matic yang Jarang Diketahui, Gak Kalah dengan Kijang Innova 01

Banyak orang yang tak menyadari kalau Isuzu Panther dulu pernah hadir dalam varian matic. Karena popilasinya yang minim, orang pun tak mengetahui bila Isuzu Panther Matic ini punya beberapa keunggulan.

Sebagai informasi, sangat sedikit populasi Isuzu Panther Matic ini, dan yang terbanyak ada di generasi Panther kapsul dan Touring. Sejauh ini, masyarakat umumnya cenderung memilih Isuzu Panther versi manual karena terkenal responsif dan perawatannya tak serumit matic. Kini seiring makin banyaknya pengguna matic, maka bengkel spesialis transmisi otomatis juga banyak bermunculan dan mampu melakukan perawatan transmisi milik si 'kucing hitam'.

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Resmi Pensiun, Bagaimana Harga Bekas Isuzu Panther Saat Ini?

Adu MPV di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Isuzu Panther Bekas Atau Mending Wuling Confero Baru?

Sejarah Ketangguhan Mesin Isuzu, Mulai Dari Elf yang Disiksa di Antartika Hingga Panther Melegenda di Indonesia

Dalam situasi seperti ini, menjadi sebuah kesempatan yang tepat untuk membeli Isuzu Panther matic. Terlebih, harga jualnya pun relatif lebih terjangkau ketimbang Kijang Innova Diesel. Soal teknologi mesin mungkin kalah dari Kijang Innova, tapi tidak dengan kenyamanan khas Panther.

3 Kelebihan Isuzu Panther Matic yang Jarang Diketahui, Gak Kalah dengan Kijang Innova 01

Bicara harga, kita bisa membeli sebuah Panther Matic di harga Rp80 jutaan, untuk keluaran 2001. Sementara itu untuk Panther Touring keluaran 2005 yang seangkatan dengan Kijang Innova Diesel gen 1, harga pasarannya masih di angka Rp150 juta.

Lantas apa saja hal menarik yang dimiliki oleh Isuzu Panther Matic? Berikut ini rangkuman faktanya.

1. Transmisi Matic di Isuzu Panther yang Bandel, Bikinan Grup Toyota

3 Kelebihan Isuzu Panther Matic yang Jarang Diketahui, Gak Kalah dengan Kijang Innova 02

Perbedaan mendasar pada varian ini jelas di bagian transmisi yaitu memakai otomatis konvensional 4-percepatan. Isuzu menggunakan transmisi Aisin AW03-72 konvensional 4 speed. Sebagai informasi, Aisin merupakan perusahaan transmisi yang masih tergabung sebagai anak usaha Toyota. 

Artinya, jenis transmisi ini begitu populer di banyak mobil. Untuk di Indonesia, persamaannya yang juga memakai transmisi ini antara lain Suzuki APV, Kijang Kapsul, Suzuki Vitara, Mitsubishi Kuda, hingga Volvo 960.

Perawatan rutin transmisi matic di Isuzu Panther juga tidak sulit, hanya butuh penggantian oli transmisi setiap 20 ribu kilometer. Untuk jumlah oli yang dibutuhkan ini sebanyak tiga liter. Kita hanya perlu rutin membersihkan  strainer atau filter olinya.

Performa Lemot Sirna Karena Mudah Dioprek

3 Kelebihan Isuzu Panther Matic yang Jarang Diketahui, Gak Kalah dengan Kijang Innova 03

Secara spesifikasi mesin, Panther masih full konvensional dengan mesin masih OHV 8 valve. Baik AT maupun MT torsinya sama-sama 190Nm. Sekalipun Turbo, ternyata kode pun cuma 4JA-1L bukan 4JA-1T, yang berarti Low Charge, Turbo cuma buat 'memperbaiki emisi gas buang'.

Banyak yang mengakui kalau karakter matic di Isuzu Panther ini tarikannya lemot. Ini biasanya karena settingan TPS (Throttle Position Sensor) tidak sesuai. Sistem transmisi konvensional di Isuzu Panther ini perpindahan giginya diatur oleh TPS ini.

"Untuk setting TPS-nya, cuma modal avometer digital. Lepas soket TPS kabel '+' tengah pada soket, minusnya ke body/accu, kendorkan baut TPS setting sesuai voltase yang diinginkan. Posisi normal/standar ada di 0.58-0.59 volt kita geser ke 0.44-0.45 volt, sudah sesuai yang kita inginkan kemudian kencangkan lagi baut TPS-nya," tulis Donny ES di grup Facebook Motuba.

Untuk modifikasi supaya tarikan makin kencang, bisa dengan oprek bosch pump dengan mengganti rotor head yang ukurannya lebih besar. Bisa juga dengan custom lever arm untuk menjaga bukaan throttle bosch pump lebih besar di awal.

3. Kuat Minum Solar Subsidi dan Cenderung Irit

3 Kelebihan Isuzu Panther Matic yang Jarang Diketahui, Gak Kalah dengan Kijang Innova 04

Dengan teknologi mesin yang masih sederhana, membuat Panther ini masih aman dan kuat memakai solar bersubsidi. Pada varian matic ini konsumsi solarnya bisa mirip iritnya dibanding versi manual.  

Transmisi matic Isuzu Panther ini nyaman dan halus dikendarai pada masanya, dan lock up bekerja di awal pada saat masuk gigi 3. Karena lock up converter bekerja lebih awal, maka transmisi matic Panther ini tergolong bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Panther matic memiliki fitur OD/OFF sehingga memudahkan saat hendak menyalip, atau melahap tanjakan panjang yang ketinggiannya tanggung dan butuh bertahan di gigi tiga. Sistem perpindahan gigi otomatis di Panther juga sudah full electrical, sehingga perpindahan gigi otomatis lebih tepat waktu dan presisi.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil