3 Kelemahan Isuzu MU-X i-Series Bekas 2019, Bikin Orang Lari ke Pajero Sport?

Kiprah Isuzu MU-X sebenarnya sudah cukup lama di Indonesia, yaitu sejak 2014. Bahkan pada 2019 lalu Isuzu melakukan penyegaran dengan merilis generasi kedua MU-X ke Indonesia. Dengan harga seken Rp380 jutaan, Isuzu MU-X bekas apakah begitu menarik sebagai  alternatif Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner?

Selama sekitar 7 tahun beredar, Isuzu MU-X generasi pertama sempat menghadirkan tipe i-Series, pada 2019 yang sekaligus merupakan varian penutup dari generasi pertama MU-X di Indonesia. Agak disayangkan karena cuma tersedia satu tipe saja membuat konsumen jadi tidak leluasa memilih varian yang lebih cocok sesuai selera. 

Baca juga : 

Nah, itu tadi sedikit terkuak kelemahan atau kekurangan dari Isuzu MU-X ini. Berikut beberapa kelemahan lain yang perlu kalian waspadai ketika akan membeli Isuzu MU-X 2019 tipe i-Series.

Sparepart Slow Moving Sangat Sulit Dicari

Komponen slow moving MU-X seperti body part yang sulit dan indennya begitu lama.

Kelemahan pertama yang satu ini tidak banyak orang yang menyadarinya. Sebagian kalangan beranggapan karena MU-X ini di bawah bendera Isuzu maka bakal cukup mudah mendatangkan sparepart.

Itu benar, tapi kasusnya untuk fast moving yang memang ketersediaannya harus selalu ada dan sering dicari. Komponen seperti misalnya kaki-kaki, atau mungkin radiator, masih gampang didapat di bengkel resmi.

Lain cerita dengan komponen slow moving seperti body part yang sulit dan indennya begitu lama. Kalau terjadi insiden atau kecelakaan yang butuh penggantian body part seperti bumper akan sangat merepotkan. Populasi mobilnya pun jarang sehingga sulit mencari body copotan atau kampakannya. 

Interior di Isuzu MU-X i-Series Bekas Kurang Menarik Dipandang

Desain interior dan material yang digunakan sederhana.

Kelemahan lain yang membuat calon konsumen SUV beralih ke Pajero Sport atau Fortuner yaitu ketersediaan fitur yang 'minimalis' bila dibandingkan tipe Premiere. Pada Isuzu MU-X i-Series interiornya agak bersahaja, walau tidak terkesan murahan.

Interior Isuzu MU-X tipe i-Series ini beraksen hitam, pada sisi dashboard dan doortrim. Cara ini bertujuan untuk menyembunyikan banyak kelemahan pada desain yang biasa saja. 

Lebih lanjut, fitur yang dilucuti pada tipe i-Series yaitu motor dan sensor untuk buka tutup bagasi secara elektrik. Fitur ini pernah ada di tipe tinggi Isuzu MU-X yaitu Premiere namun sayangnya sudah tak lagi dijual oleh Isuzu Astra Motor Indonesia.

Tidak ada material premium seperti wood panel atau soft touch.

Untungnya fitur yang dimiliki cukup modern dan lengkap, sehingga tak membuat Isuzu MU-X i-Series bekas terkesan murah dan pelit. Pada sisi pengemudi, pengaturan jok seluruhnya telah memakai sistem elektrik, sedangkan untuk penumpang depan masih manual. 

Adapun fitur hiburannya telah didukung sistem audio 8 inci terintegrasi di area dashboard, dengan koneksi USB, Aux, Bluetooth, dan memiliki fitur tambahan Radio dan DVD. 

3. Suspensi Limbung di Kecepatan Tinggi

Suspensi di Isuzu MU-X hanya nyaman di medan off road.

SUV diciptakan untuk berjibaku di jalan tanah dan medan off road. Untuk mendukung habitat tersebut maka suspensi MU-X dibuat empuk supaya nyaman di jalan cadas. Karakternya lebih pas untuk sekedar berkendara sehari-hari dengan nyaman di berbagai kondisi medan. 

Isuzu memasang stabilizer lima cincin serta kaki-kaki memakai Independent Double Wishbone di depan dan 5-link suspension di belakang. Kemudian, Isuzu MU-X i-Series pun terdapat coil spring dan stabilizer bar pada keempat rodanya.

Nah, kelemahan dari suspensi empuk dan postur mobil yang tinggi yaitu pada pengendalian di jalan aspal yang rentan limbung. Karena suspensi yang empuk tentu menimbulkan efek body roll besar, terutama saat berkendara pada kecepatan cukup tinggi ketika di jalan tol misalnya. 
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu MU-X

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mazda CX-5 GT 2.5

Rp 444,00 Juta
Rp 9,05 Juta/bln

16.763 km

3,5 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2021 Mitsubishi PAJERO SPORT DAKAR 4X2 2.4

Rp 539,00 Juta
Rp 10,98 Juta/bln

19.734 km

2,5 tahun

Banten

Lihat Detail

2022 Toyota COROLLA CROSS HYBRID 1.8

Rp 456,00 Juta
Rp 9,29 Juta/bln

17.451 km

1,5 tahun

Java East

Lihat Detail

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 526,00 Juta
Rp 10,72 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2018 Mercedes-Benz GLA 200 AMG 1.6

Rp 563,00 Juta
Rp 11,47 Juta/bln

33.013 km

5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail
Lihat Lebih

Related Videos

All New 2021 Isuzu MU X!

ALL-NEW 2021 ISUZU MU-X, INTERIOR, EXTERIOR DETAILS

Berita Terbaru

Kulik Kelebihan BMW 330i M Sport Pro, Sedan Sport untuk Para Speed Freaks

BMW 330i M Sport Pro saat ini menjadi kasta tertinggi dari jajaran BMW Seri 3 di Indonesia. Tentunya sebagai yang terhebat, bukan cuma penampilan rupawan yang dimiliki sedan empat pintu bertenaga buas ini. Varian terbaru dari BMW Seri 3 ini resmi diluncurkan BMW Group Indonesia pada akhir tahun 2022 lalu. Mobil ini menawarkan pengalaman mengemudi yang memuaskan bagi para penggemar mobil mewah dengan performa tinggi. Ada beberapa kelebihan BMW 330i M Sport Pro yang bisa menjadi pertimbangan jika

Mitsubishi Destinator, Jadi Nama Resmi XFC Concept yang Siap Hadapi Honda HR-V cs

Mitsubishi Motors Corporation dipastikan menggelar World Premiere untuk SUV terbaru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung 10 Agustus 2023 mendatang. Namun sebelum resmi meluncur, SUV terbaru berbasis XFC Concept dari perusahaan tiga berlian ini digadang-gadang akan disebut Mitsubishi Destinator. Baca juga: World Premiere di GIIAS 2023, Mitsubishi XFC Concept Paling Banyak Dites di Indonesia Nama Destinator sendiri memang sempat jadi perbincangan hangat di m

3 Kelemahan Mazda Biante Bekas yang Harus Diwaspadai, Tidak Semewah Alphard Lawas

Berburu mobil keluarga 7-seater kini begitu banyak opsi yang tersedia, mulai dari mobil baru hingga unit bekas. Salah satu model yang menarik untuk jadi incaran ialah Mazda Biante. Dengan image premium Mazda, kalian harus tahu kelemahan Biante sebagai mobil bekas. Mazda Biante pertama kali diluncurkan tahun 2012 yang hadir dengan desain dan dimensi yang menarik. Mobil ini berwujud MPV dengan desain boxy, dengan pintu baris keduanya memakai model sliding otomatis. Desainnya sporty dengan banyak g

Skema Cicilan Kredit Terbaru Toyota Calya Buat Taksi Online, Angsuran Termurah Hampir Rp4 Jutaan!

Sebagai mobil keluarga terjangkau, per Juli 2023 Toyota Calya (Spesifikasi | Berita) ditawakan mulai dari Rp164,7 juta OTR Jakarta. Menempati segmen Low MPV 7-seater, Calya mendapat penyegeran di sektor tampilan khususnya pada fasad yang membuatnya terlihat semakin mewah. Mengadopsi New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris dan berlapis chrome yang menghadirkan kesan sporty dan elegan, lampunya kini juga menganut New Smoked LED Headlamp. Selain itu untuk velgnya hadir dengan desain baru

6 Mobil Baru di Indonesia Periode Juni 2023, Ada Terios Baru Sampai Mobil Listrik BMW dan Mercedes

Ada sejumlah brand premium yang meluncurkan mobil baru di Indonesia sepanjang Juni 2023. Misalnya BMW yang memperkenalkan Seri 7 generasi terbaru bahkan sudah dirakit di Indonesia. Lantas ada Mercedes-Benz yang kembali merilis EQ terbaru sebagai lini mobil listrik premium mereka. Tapi bukan cuma kelas premium, di segmen menengah juga ada Daihatsu Terios facelift, kemudian Suzuki XL7 yang kini mengikut Ertiga dengan disematkan teknologi Smart Hybrid. Untuk lengkapnya, berikut enam mobil baru di I

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Isuzu MU-X
Lihat