First Drive Isuzu MU-X 4x4 2022: Performa Tak Sesuai dengan Tampilannya yang Bengis?

Enda · 18 Nov, 2021 14:30

Isuzu MU-X 4x4 2022

First drive Isuzu MU-X 4x4 2022

Segmen Medium SUV 7-Seater bersasiskan model tangga di Tanah Air semakin ramai setelah PT IAMI memperkenalkan Isuzu MU-X 4x4 2022. Saat diperkenalkan pada hari pertama pembukaan GIIAS 2021, sosok MU-X 4x4 terbaru bisa dibilang cukup banyak menarik perhatian para pengunjung pameran.

Hal ini dikarenakan secara tampilan MU-X 4x4 2022 mengimplementasikan gaya desain yang macho, bengis sekaligus berotot berkat garis tegas menyudut yang mendominasi area fascianya. Tak hanya itu, bagian samping dan buritannya pun juga terlihat kokoh dan sporty berkat mengikuti alur garis yang ditampilkan.

Sebagai informasi, Isuzu MU-X 4x4 terbaru diproduksi di pabrik Isuzu Motors Company Thailand, Samrong Plant. Dengan begitu, kehadirannya di Tanah Air mobil ini didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Negeri Gajah Putih.

All New Isuzu MU-X

Tampilan belakang Isuzu MU-X 4x4 2022

Di Indonesia, sosok SUV dengan sasis ladder frame terbaru Isuzu ini hanya ditawarkan dalam satu varian yaitu transmisi matic 4x4 yang dipersiapkan secara khusus untuk segmen fleet yang melakukan bisnis di bidang tambang, plantation, rental, serta oil dan gas sebagai kendaraan operasional. Untuk bandrolnya, mobil ini diniagakan Rp559,8 juta on the road Jakarta.

Penasaran dengan sosok All New MU-X 4x4, di hari kelima pameran GIIAS 2021 kami berkesempatan untuk melihat lebih dekat SUV perkasa jenama Matahari Terbit yang diproduksi di Thailand di area test drive gedung ICE BSD City. Pada kesempatan tersebut, kami melakukan first drive secara singkat untuk merasakan first impression secara langsung di balik kemudi SUV yang membawa tema “Wheels to move” ini.

Pandangan Pengemudi All New MU-X 4x4 Cukup Luas

First Drive Isuzu MU-X 4x4 2022: Performa Tak Sesuai dengan Tampilannya yang Bengis? 01

Visibilitas Isuzu MU-X 4x4 2022 cukup baik

Ketika pertama kali membuka pintu bagian pengemudi, kami langsung merasa sedikit kagum dengan mobil ini. Bagaimana tidak, meskipun secara segmentasi menyasar segmen fleet, pada area dashboard All New MU-X 4x4 diselimuti dengan material soft touch berwarna gelap yang disatukan dengan benang warna putih. Terasa ergenomis, beberapa tombol fiturnya dibuat menyatu di center cluster serta console tengahnya.

Kesan pertama yang dirasakan ketika singgah di bangku driver Isuzu MU-X 4x4 2022 adalah posisi duduk yang bisa dibilang cukup nyaman dengan tingkat pandangan mengemudi yang cukup luas. Namun sayang, untuk pengaturan joknya sendiri masih dilakukan secara manual.

Meskipun Isuzu MU-X 4x4 2022 memiliki bonnet yang cukup panjang, namun kami tidak memiliki masalah untuk pandangan ke depan. Karena penutup mesinnya dibuat tinggi, dengan mudah kami bisa melihat jarak antara bagian depan mobil dengan objek didepannya.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan All New Isuzu MU-X 2022 4X4, Cuma Ada 1 Pilihan Doang Apakah Makin Terlupakan?

Tarikan Awal Kurang Responsif, Apakah Cocok untuk Tambang?

All New Isuzu MU-X

Mesin diesel turbocharger 1.9L Isuzu MU-X 4x4 2022

Secara data di atas kertas, All New MU-X 4x4 mengusung mesin diesel RZ4E-TC In-line 4-cylinder DOHC, 16 Valve featuring electronic high pressure common-rail direct fuel injection with intercooled VGS (Variable Geometry System) berkapasitas 1.898 cc yang menghasilkan tenaga 150 PS @3.600 rpm dengan torsi puncak 350 Nm @1.800-2.600 rpm.

Tenaga yang dihasilkan terebut kemudian didistribusikan ke gearbox A/T 6 speed triptonic dengan transfer case 4WD - Shift On The Fly, menggunakan Rough Terrain mode dengan traksi lebih baik daripada LSD (Limited-slip differential) dengan mode pengaturan 2H, 4H dan 4L model putar.

All New Isuzu MU-X

Transmisi A/T 6 speed triptonic Isuzu MU-X 4x4 2022

Sebelum melakukan test drive, kami dihimbau oleh petugas di lapangan untuk tidak memacunya terlalu kencang. Kecepatan maksimal yang diperbolehkan adalah 40 km/jam.  

Ketika tuas transmisi di geser dari mode P ke D, selanjutnya kami coba tekan pedal gas untuk merasakan tarikan awal mobil ini. Saat itu juga kami merasakan bahwa tingkat responsif untuk tarikan bawahnya cenderung lambat bila dibandingkan kompetitornya.

Sesekali kami meningkatkan putaran mesin guna bisa merasakan kebuasan mesin diesel turbo 1.9L yang sudah menggunakan teknologi common rail ini. Alhasil dorongan turbo baru terasa ketika jarum takometer berada di rentang angka @2.500-2.800 rpm.

Kami pun sedikit nakal tidak mengikuti arahan marshall dari panitia test drive supaya bisa mengetahui kemampuan sesungguhnya dari Isuzu MU-X. Walaupun tarikan bawahnya biasa saja, namun putaran menengahnya cukup responsif berkat sokongan turbo saat kami kickdown. Setelah melewati 2.500 rpm, tenaga menyembur lebih kuat dan halus saat akselerasi dari 20-60km/jam.

Dengan karakter seperti ini, Isuzu MU-X kami rasa malah lebih cocok sebagai SUV urban yang lincah dan responsif dipacu di jalan tol. Suspensi stiff, radius putar kecil, tenaga menyembur kuat di putaran menengah malah asyik untuk berkendara di kawasan perkotaan daripada pedalaman hutan atau perkebunan.

Baca juga: Sabar, Isuzu MU-X 2022 Berfitur ADAS Lagi Disiapkan Buat Lawan Toyota Fortuner di Indonesia

Sudut Radius Putar Isuzu MU-X 4x4 2022 Kecil, Manuver Makin Lincah

All New Isuzu MU-X

Radius putar Isuzu MU-X 4x4 2022 tidak terlalu besar

Menurut spesifikasi, Isuzu MU-X 4x4 2022 memiliki radius putar 5.7 m. Ketika sampai diujung area test drive, kami dipaksa untuk putar arah. Saat melakukan putar arah, kami tidak sedikit pun mengalami kendala. Bagi kami radius putar mobil ini cukup kecil sehingga mudah ketika melakukan manuver.

Namun ada yang disayangkan dari lingkar kemudinya. Meskipun sudah memakai fitur power steering, putarannya terasa sedikit berat khas mobil SUV. Cukup kontras bila dibandingkan dengan sosok Nissan Terra yang begitu ringan serasa bawa MPV.

Suspensi Keras Mewakilkan Karakter SUV 7-Seater Ladder Frame

All New Isuzu MU-X

Suspensi Isuzu MU-X 4x4 2022 terkesan biasa saja

Untuk dapat meraskan kenyamanan setiap mobil baru yang disediakan di area test drive, maka di tengah trek diletakkan speed bump. Ketika melewatinya dengan menggunakan Isuzu MU-X 4x4 2022, tingkat kenyamanan yang diberikan suspensi berjeniskan Independent Coil Spring Suspension with Gas Shock Absorber di bagian depan dan 5-Link Coil Spring with Rear Stabilizer Bar and Gas Shock Absober di roda belakangnya terasa biasa saja.

Saat melewati speed bump pada kecepatan rendah, ayunan suspensinya mirip kebanyakan SUV 7-seater dengan ladder frame, bantingan yang dihasilkan agak keras. Namun dengan karakter seperti ini dapat memberikan kestabilan dan tidak limbung saat berbelok.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan setelah melakukan first drive singkat dengan Isuzu MU-X 4x4 2022, mobil ini kurang responsif untuk tarikan bawahnya mulai dari start awal. Untuk tampilan luar maupun dalam, kami menyukainya. Sekelas mobil fleet, All New MU-X menampilkan karakter yang gagah, bengis dengan material soft touch serta kulit premium yang menyelimuti bagian interiornya.

Persoalan setir yang terasa sedikit berat, kami tidak terlalu mempermasalahkan. Di balik itu, Isuzu MU-X 2022 tentunya menawarkan kestabilan berkendara yang baik. Terlebih radius putarnya yang menurut kami tidak terlalu besar sehingga mudah diajak bermanuver.

Baca juga: Hanya Tawarkan Varian 4x4, Isuzu Akhirnya Rilis New D-Max dan Isuzu MU-X 2021 di Indonesia, Pakai Mesin 1.9 Liter

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru