window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wuling Air ev Buatan Bekasi Bisa Lebih Murah di Thailand Akibat Banyak Dapat Subsidi

Herdi · 2 Jul, 2023 10:00

Wuling Air ev Buatan Bekasi Bisa Lebih Murah di Thailand Akibat Banyak Dapat Subsidi 01

Mobil listrik Wuling Air ev buatan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat siap dijual di negeri tetangga Thailand. 

Kabarnya, Air ev yang di produksi PT SGMW Indonesia, telah melakukan pengiriman di tahap pertama sebanyak 400 unit ke Thailand.

Kabar ekspor Wuling Air ev ini juga diakui langsung oleh Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmani.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Wuling Air ev dari Bekasi Akan Tiba di Thailand, Harganya Cuma Rp170 Jutaan

Wuling Air ev siap diberangkatkan menuju Thailand

Wuling Air ev buatan Cikarang, Bekasi siap dijual ke Thailand. (Foto: Istimewa)

"Untuk saat ini Air ev telah diekspor ke Thailand, dan ada beberapa negara lainnya," melalui pesan singkat kepada AutoFun, Jumat (30/6/2023).

Menurut Dian, Wuling Air yang di ekspor ke Thailand memiliki spesifikasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar di Thailand. 

Baca juga:  Harga Mirip Wuling Air ev, Citroen E-C3 Diperkenalkan di GIIAS 2023?

Wuling Air ev siap dikapalkan dari Indonesia ke Thailand

Air ev siap dikapalkan dari Indonesia ke Thailand (Foto: Istimewa)

Lantas bagaimana dengan harganya?

Menanggapi hal tersebut Dian menyebutkan, bahwa menyoal harga dirinya tak bisa memberikan informasi. 

"Karena ranahnya bukan di kami," ucapnya. 

Baca juga: Gak Pakai Subsidi, Harga Wuling Air ev di China Bisa Turun Sampai Rp27 Juta

Persiapan Peluncuran Wuling Air ev di Thailand

Persiapan pengiriman mobil listrik Wuling Air ev

Persiapan pengiriman mobil listrik Air ev ke Thailand (Foto: Wuling)

Kehadiran mobil listrik yang memiliki bentuk mungil tersebut akan diluncurkan pada 3 Juli 2023 oleh EV Primus Company Limited selaku distributor Wuling Motors di Thailand. 

Menurut CEO EV Primus Co Ltd, Pittaya Thanadumrongsak 400 unit Air ev diharapkan tiba di pelabuhan Laem Chabang, Chonburi pada akhir Juni 2023.

"Kami perkirakan peluncuran Air ev akan berlangsung sekitar awal bulan depan (Juli 2023), yang saat ini sedang dalam proses finalisasi harga dengan paket promosi dan sistem pemesanan serta rencana pengiriman ke pelanggan," ungkap Pittaya.

Wuling Air ev

Mobil listrik Wuling (Foto: Wuling

Dia juga menyebutkan, demi menyambut kedatangan Air ev, setidaknya 23 dealer Wuling di Thailand menjadi heboh, karena langsung melakukan renovasi.

“Kami mempercepat semua tindakan untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi seperti yang biasa terjadi. Kami sangat yakin bahwa kami telah mengambil tindakan yang tepat. Kami sangat yakin dapat mengirimkan kendaraan dengan registrasi kepada pelanggan dalam bulan Juli ini," ujar Pittaya.

Harga Wuling Air ev di Thailand Bisa Lebih Murah

Wuling Air ev

Wuling Air ev hadir dengan warna pink.

Di Indonesia, Wuling Air ev saat ini dibanderol Rp243 juta buat varian Standard Range dan Rp299,5 juta untuk yang Long Range, padahal harga ini sudah termasuk subsidi PPN dari pemerintah RI.

Lalu bagaimana di Thailand?

Kabar yang beredar di Negeri Gajah Putih, Wuling Air ev bakal dijual lebih murah dari Indonesia.

Menurut sumber AutoFun di Thailand, insentif kendaraan listrik yang menggunakan baterai kurang dari 30 KWh, maka pajak impor menjadi 0 persen. 

Wuling Air ev

Siap di ekspor ke Thailand (Foto: Facebook Wuling Thailand)

Selain itu ada juga tambahan subsidi untuk baterai dengan daya kurang dari 30 Kwh hingga subsidi sebesar 70.000 baht atau sekitar Rp30 juta.

Sementara untuk penggunaan baterai lebih dari 30 Kwh, maka subsidi mencapai 150.000 baht atau sekitar Rp63 juta.

"Karena sebagian besar EV di sini (Thailand) menggunakan baterai lebih dari 30 kWh dan jika dilihat dari produksinya, mobil ev yang lebih besar membutuhkan investasi yang lebih besar," ucap sumber AutoFun di Thailand.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia