First Drive Mitsubishi Xforce: Alternatif Menarik Selain Xpander Cross

Segmen SUV kompak di Tanah Air makin gemuk pasca PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan Mitsubishi Xforce dalam pagelaran GIIAS 2023.

Datang melawan Honda HR-V, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, sampai Kia Sonet, tentunya banyak yang ingin tahu bagaimana impresi berkendara menggunakan mobil baru Mitsubishi ini.

Autofun pun mendapat kesempatan melakukan test drive Mitsubishi Xforce Ultimate secara singkat memanfaatkan area Test Drive GIIAS 2023 dengan trek terbatas di lokasi outdoor ICE BSD City, Tangerang.

Pandangan Mengemudi Luas, Posisi Duduk Nyaman

Visibilitas mengemudi luas

Singgah di jok pengemudi, kesan pertama yang kami rasakan untuk posisi berkendara nyaman.

Jok dengan bahan kulit premium terasa empuk sekaligus merekat di badan berkat penggunaan desain semi bucket.

Selain pas untuk postur badan orang Asia, visibilitas berkendara yang disuguhkan terasa luas meski dashboardnya memiliki head unit serta panel instrument model floating dengan ukuran hingga 12,3 inch.

Menariknya mobil ini juga memiliki jendela samping lebar serta pilar A menyempit, yang tidak mengganggu pandangan mengemudi.

Baca juga: Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur?

Akselerasi Mirip Xpander Cross

Posisi berkendara nyaman

Seperti Xpander dan Xpander Cross, Xforce dibekali mesin berkode 4A91 4-silinder segaris DOHC 16 Valve Euro4 MIVEC berkapasitas 1.499 cc dengan tenaga 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. 

Untuk transmisinya mobil ini sudah menggunakan CVT yang terasa lebih baik daripada transmisi AT 8 percepatan.

Saat menggunakan mode Normal serta tuas gigi di posisi D, untuk akselerasi yang dihasilkan menurut kami mirip dengan Xpander dan Xpander Cross.

Khas mobil bertransmisi CVT, ketika melakukan kick-down, mobil ini baru menunjukan taringnya ketika putaran mesin berada di atas 3.500 RPM.

Lincah, Putar Balik Terasa Mudah

Radius putarnya tidak terlalu besar

Di atas kertas, mobil ini memiliki radius putar 5,2 m, tidak terlalu impresif memang, namun bisa dituntaskan masih cukup mudah pada area test drive yang cukup sempit.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi di Mitsubishi Xforce 2023 yang Bisa Bikin Minder Rival-rivalnya

Audio Juara

Dynamic Sound Yamaha Premium

Xforce hadir sebagai model Mitsubishi pertama yang disematkan Dynamic Sound Yamaha Premium.

Speaker premium ini dapat menjaga kualitas suara, bass tetap hidup, dan nada-nada lain terdengar jernih bahkan saat mobil melewati permukaan jalan berkontur.

Sebanyak 8 speaker Yamaha tersebar diseluruh kabin Xforce guna memberikan kenyamanan selama berkendara.

Selain itu sistem audio mobil tersebut juga memiliki teknologi pengaturan volume dan kualitas suara yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.

Suspensi Mitsubishi Xforce Sedikit Keras

Suspensi lebih rigid

Di beberapa area lintasan tes drive terdapat garis pita kejut serta speed bump yang bertujuan mengetahui bagaimana kenyamanan mobil ketika melewati jalan yang tidak rata.

Saat kami melewatinya, bantingan suspensi yang dihasilkan sistem kaki-kaki Xforce cenderung lebih stiff dibandingkan Xpander Cross yang sudah menggunakan shock absorber atau suspensi kepunyaan Pajero Sport dengan katup berperforma tinggi.

Kerasnya bantingan makin terasa saat duduk di jok belakang, namun biasanya mobil dengan karakter suspensi yang keras terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, sayang kami tidak mendapat kesempatan menguji manuver mobil ini.

Kesimpulan

Setelah mencoba langsung test drive singkat Mistubishi Xforce di GIIAS 2023, dapat disimpulkan bahwa untuk bantingan suspensinya terasa sedikit lebih stiff dibandingkan Xpander Cross.

Sedangkan performa mesin yang dihasilkan terasa 11-12, mengingat mobil ini disematkan mesin yang sama.

Lainnya, mobil ini memiliki visibilitas mengemudi yang baik, radius putar tidak terlalu besar, lincah, pilar A kecil minim blind spot, serta Dynamic Sound Yamaha Premium dengan menghasilkan suara tingkat atas yang dapat mengatur volume secara otomatis mengikuti laju kendaraan.

Baca juga: Skema Kredit Mitsubishi Xforce, Cicilan Mulai Rp6 Jutaan!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xforce

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross?

Pendatang Baru, Siap Jadi Pengganggu! | First Look Mitsubishi Xforce

Berita Terbaru

Ford Recall Ranger dan Everest Akibat Mobil Bisa Berhenti Mendadak

Ford Australia baru saja mengumumkan recall Ford Ranger dan Everest model 2021-2023 akibat adanya kendala teknis yang bisa mengancam keselamatan penggunanya. Dikutip dari 9news.com.au, Kamis (31/08/2023), recall Ford Ranger dan Everest ini diumumkan setelah Australian Department of Infrastructure, Transport, Regional Development, Communications mengeluarkan dokumen resmi adanya masalah pada 4.841 unit Ranger dan Everest. Baca juga: Ford Ranger Raptor dan Everest Titanium 2023 Meluncur di Indones

Toyota Rumion Dijual Jauh Lebih Mahal dari Suzuki Ertiga, Padahal Speknya Sama

Toyota Rumion 2023 yang merupakan kembaran Suzuki Ertiga baru saja rilis di India setelah sebelumnya lebih dulu debut di Afrika Selatan (Afsel). Ada enam varian yang ditawarkan Toyota Bharat sebagai APM Toyota di Negeri Bollywood itu untuk LMPV terbarunya ini, termasuk tipe yang berbahan bakar CNG. Namun harga Toyota Rumion ini ternyata jauh lebih mahal dibanding Suzuki Ertiga. Bagaimana tidak Rumion tipe terendah dibanderol 1.029.000 rupee atau kira-kira Rp189 jutaan, sementara harga Suzuki Ert

Outlet MINI Eurokars Studio PIK Resmi Dibuka, Tampilkan Kecanggihan MINI Electric

MINI Countryman, MINI 3 Door dan MINI Electric merupakan tiga model yang sangat diminati di Tanah Air. Agar lebih dekat dengan customer, MINI Indonesia meresmikan outlet terarunya MINI Eurokars Studio yang berlokasi di Central Market PIK, Rabu (30/8). Baca juga: Dibandrol Mulai dari Rp945 Juta, MINI Electric Mampu Menarik Minat Masyarakat Indonesia? “Strategi dari MINI, kita mau lebih dekat dengan customer. Dengan begitu kita luncurkan outlet baru hari ini. Karena marketnya sekarang makin berkem

BBM Pertalite Bakal Dihapus Mulai 2024, Pertamina Ganti dengan Pertamax Green 92

BBM Pertalite dengan RON 90 rencananya dihapus oleh PT Pertamina (Persero) dan menggantinya menjadi Pertamax Green 92 mulai tahun 2024. Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023). Menurut Nicke, langkah ini merupakan lanjutan dari program Pertamina 'Langit Biru, dimana saat dua tahun lalu, Pertamina menaikan BBM subsidi dari RON 88 menjadi RON 90. Baca juga: Sah,

Toyota Yaris Cross Terus Tinggalkan Honda HR-V, Calon Jawara SUV Crossover?

Pertarungan di segmen SUV Crossover memang lagi hot-hotnya, mengingat banyak sekali pemain di kelas ini. Mulai dari model SUV Crossover yang boleh dibilang sebagai penguasa, yaitu Honda HR-V, kemudian kiprahnya ditantang Hyundai Creta. Masih dari brand Korea Selatan (Korsel), muncul juga KIA Seltos untuk turut meramaikan segmen tersebut. Berikutnya yang masih terbilang baru ada Suzuki Grand Vitara, disusul Chery Omoda 5 dan Wuling Alvez yang muncul bersamaan. Jangan lupakan juga Mazda CX-3 yang

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi Xforce
Lihat