Review Chery Tiggo 8 Pro Premium 2022: Bisa Bikin Minder Fortuner dan Pajero Sport

Serbuan produk mobil China di Indonesia semakin tak dapat dibendung, apalagi setelah kehadiran kembali Chery di Indonesia. Mengawali dengan perkenalan Chery Tiggo Series, PT Chery Sales Indonesia mengusung Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro untuk menantang segmen SUV di Tanah Air, utamanya Fortuner dan Pajero Sport. Kami pun membuat review Chery Tiggo 8 Pro untuk mengetahui keunggulannya.

Ya, gak tanggung-tanggung, Chery Tiggo 8 Pro memang lebih layak untuk menantang dua SUV besar penguasa jalan tol di Indonesia, yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Meski dari sisi dimensi Tiggo 8 Pro (sedikit) lebih kecil dibandingkan kedua rivalnya tadi, namun banyak sisi yang menjadikannya lebih unggul.

Perbandingan Dimensi Chery Tiggo 8 Pro vs Rival
Mobil Chery Tiggo 8 Pro Toyota Fortuner Mitsubishi Pajero Sport

Panjang

4.722 mm 4.795 mm 4.825 mm

Lebar

1.860 mm 1.855 mm 1.815 mm

Tinggi

1.746 mm 1.835 mm 1.835 mm

Wheelbase

2,710 mm 2.745 mm 2.800 mm
Ground Clearence 190 mm 216 mm 218 mm

Baca juga: Pilih Chery Tiggo 8 Pro Atau SUV Bekas Seperti Land Cruiser yang Harganya Nggak Jauh Beda?

Review Chery Tiggo 8 Pro: Performa

Mesin menjadi salah satu kekuatan utama bagi Chery Tiggo 8 Pro. Mesin 4-silinder 2.0 liter dengan turbocharger menyuguhkan performa yang tak dapat Anda lupakan ketika berada di balik kemudinya. Jantung pacu ini memiliki tenaga puncak hingga 250 daya kuda (253 PS) dan torsi puncak hingga 390 Nm yang sudah dapat diraih sejak 1.750 rpm.

Hal ini menjadikan saat kami melakukan review Chery Tiggo 8 Pro dan menguji akselerasinya, 0 - 100 km/jam dapat kami raih dalam 8,16 detik. Sebagai catatan, begitu besarnya torsi yang dimiliki Tiggo 8 Pro ini menjadikan proses pengujian cukup sulit karena mobil ban mobil ini kerap spin saat berakselerasi. Artinya, waktu akselerasi lebih cepat masih mungkin untuk dapat diraih.

Akselerasinya yang singkat ini juga didukung penggunaan transmisi 7-speed dengan kopling ganda yang diusungnya. Perpindahan transmisinya terasa lembut dan cepat mendukung pengemudian yang agresif, apalagi dengan pemilihan mode pengendaraan di mode Sport.

Belum lagi angka tenaga puncak yang mencapai 250 tenaga kuda, hal ini membuat kecepatan 180 km/jam dapat dicapai dengan mudah saat kami menjajalnya di jalan bebas hambatan. Sekali lagi, transmisi 7-speed DCT menjadikan jarum kecepatan dapat dengan mudah bergeser karena perpindahan transmisi yang lembut dan cepat.

Review Chery Tiggo 8 Pro: performanya luar biasa

Dengan kemampuannya ini, artinya para pemilik Tiggo 8 Pro sejatinya bisa sangat percaya diri ketika bertemu dengan dua rival terdekatnya, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, apa lagi saat di jalan tol. Performa yang dimiliki oleh Tiggo 8 Pro jauh lebih mumpuni dibandingkan kedua rivalnya itu. Namun tak hanya itu, masih ada keunggulan lain yang dimiliki oleh mobil ini.

Baca juga: Modifikasi Chery Tiggo 8 Pro, Makin Mewah Dijejalkan Velg Ring 22

ADAS Jadi Pembeda untuk Tiggo 8 Pro Premium

Fitur canggih pembantu pengemudi alias Advanced Driving Assistance System (ADAS) menjadi salah satu keunggulan lain yang ditawarkan oleh Tiggo 8 Pro varian Premium yang kami coba. Jika kita bandingkan langsung dengan rivalnya, Fortuner tak memiliki fitur ADAS sama sekali. Sementara Pajero Sport, memiliki beberapa fitur ADAS, meski tak selengkap milik Tiggo 8 Pro, itupun hanya tersedia di varian tertinggi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4.

Pada Tiggo 8 Pro Premium, fitur ADAS yang tersedia adalah: Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Lane Departure Warning (LDW), Blind-Spot Detection (BSD), Rear Cross Traffic Alert (RCTA),  Front Collision Warning (FCW) Vehicle Identification, Autonomous Emergency Braking (AEB), Intelligent High-Beam Control - Headlamp (IHC), Traffic Sign Recognition (TSR) dan Door Open Warning (DOW).

Fitur ACC dengan kemampuan untuk mengikuti mobil di depannya dalam kecepatan rendah menjadi fitur ADAS paling dapat dirasakan manfaatnya. Hal ini sangat membantu dalam menghadapi lalu-lintas perkotaan yang padat dan saat terjebak macet, karena kita dapat membiarkan mobilnya untuk berjalan sendiri mengikuti mobil di depannya. Jelas hal ini memangkas kelelahan.

Yang unik, pihak Chery justru tidak menyematkan fitur Lane Keeping Assist (LKA) pada jajaran fitur ADAS mereka ini, dimana biasanya fitur ini dapat beriringan dengan ACC untuk memberikan sensasi berkendara semi otonom layaknya pada Toyota Safety Sense atau Honda Sensing. Meski begitu, fitur LDW cukup aktif dalam memperingati pengemudi saat mobil mulai meninggalkan lajurnya, terutama pada kecepatan di atas 60 km/jam.

Salah satu fitur ADAS yang unik adalah kehadiran TSR alias pembaca rambu lalu-lintas. Fitur ini tak banyak dimiliki oleh merek lain yang juga menyematkan ADAS, namun pada Tiggo 8 Pro justru hadir. Pada prinsipnya, fitur ini akan memberikan informasi berupa peringatan dan display pada panel instrumen yang menunjukkan rambu yang dilewati, terutama terkait dengan rambu pengingat kecepatan maksimal yang diijinkan.

Baca juga: Chery Tiggo 7 dan Tiggo 8 Pakai Audio System Setara Mobil Premium, Bikin Makin Betah di Kabin

Review Chery Tiggo 8 Pro: Konsumsi BBM 

Biasanya, jika sebuah mobil menawarkan performa yang kuat, maka kompensasi yang terjadi adalah konsumsi bahan bakar yang cenderung tidak efisien. Hasil berbeda justru ditunjukkan saat kami melakukan review Chery Tiggo 8 Pro dan menguji konsumsi bahan bakar SUV flagship dari Chery kali ini. 

Seperti biasa, dalam review Chery Tiggo 8 Pro ini, kami menguji dengan metode full-to-full layaknya pengujian mobil-mobil lainnya. Rute yang ditempuh juga relatif sama, kami menguji pada kondisi kepadatan lalu lintas, serta pada rute luar kota dengan simulasi di jalan tol dengan kecepatan rata-rata di antara 60 - 70 km/jam.

Pada uji konsumsi bahan bakar dalam kota, hasil pengujian kami menunjukkan angka konsumsi bahan bakar mencapai 14,4 km/liter dengan kecepatan rata-rata 20,5 km/jam. Sementara pada pengujian konsumsi bahan bakar luar kota, hasilnya kami peroleh 18,7 km/liter dengan kecepatan rata-rata 66,7 km/jam. Tak heran karena pada saat kami menjelajah dengan kecepatan 100 km/jam, putaran mesinnya hanya 1.800 rpm.

Baca juga: Bakal Bangun Pabrik di Tanah Air, Chery Indonesia Suplai Mobil Setir Kanan Untuk Pasar Global

Kabin dengan Kualitas dan Kenyamanan Istimewa

Salah satu keunggulan lain yang perlu diperhatikan dari Tiggo 8 Pro adalah soal kualitas kabin yang bisa dibilang istimewa. Balutan material berkualitas dengan paduan warna hitam, coklat muda dan beberapa aksen perak tampil harmonis tak berlebihan. Lapisan soft touch membuat kesan mewah dominan di dalam kabinnya.

Tempat duduknya empuk berbalut kulit sintetis yang bertekstur lembut dan memiliki pola jahitan berbentuk wajik yang menarik. Salah satu yang istimewa adalah pada bagian headrest yang fleksibel dan dapat diatur tak hanya naik-turun namun juga memiliki “sayap” yang dapat dilipat untuk menahan kepala.

Kesan mewah, modern dan canggih di dalam kabin semakin kuat dengan banyaknya layar digital di bagian dashboard dan konsol depan. Di tengah ada layar sentuh 10,25 inci sebagai head unit infotainment yang telah dilengkapi dengan koneksi Android Auto dan Apple CarPlay. Di bawahnya, pada konsol tengah di dekat tuas transmisi ada layar sentuh 8 inci sebagai pengendali penyejuk kabin. Sementara panel instrumen di balik kemudi juga berupa layar LCD berukuran 12,3 inci full digital.

Di dalam kabin masih ada kotak pendingin di bagian armrest dan juga wireless charging. Yang menarik, sistem audionya menggunakan 8 speaker premium yang dibuat oleh Sony, pabrikan audio asal Jepang yang sudah sangat dikenal di dunia. Satu lagi, Tiggo 8 Pro juga memiliki atap panoramic super lega yang bisa menggunakan perintah suara untuk membukanya.

Fitur Sederhana Tapi Fungsional

Tak hanya keunggulan utamanya di atas, Tiggo 8 Pro masih banyak menyuguhkan fitur-fitur bermanfaat lainnya seperti intelligent smart key yang membuat Anda dapat menyalakan mesin dari luar mobil serta distance back door open, yang memungkinkan Anda membuka pintu bagasi hanya dengan berada dekat dengan pintu belakang mobil dan kemudian sedikit menjauh. Walk away door lock juga memungkinkan Anda cukup menyisipkan kunci di dalam saku untuk membuka dan mengunci pintu mobil. 

Hanya beberapa kekurangan kecil yang kami rasakan saat mencobanya. Salah satunya seperti yang disampaikan di atas, dengan tidak adanya fitur Lane Keeping Assist pada ADAS yang dimiliki. Kemudian, dengan tawaran performa hebat, sayangnya Chery juga tak menyematkan paddle shift untuk menyuguhkan kesenangan berkendara lebih baik. 

Kesimpulan: SUV 7-seater Value for Money

Jadi apakah mobil ini layak untuk dipinang jika yang Anda cari adalah sebuah SUV 7-seater sekelas Fortuner dan Pajero Sport? Jawabannya tentu saja layak, jika Anda tidak mempertimbangkan citra merek sebagai preferensi Anda. Chery adalah merek asal China yang pernah punya riwayat tak menyenangkan di Indonesia. Karena itu, mereka mencoba menebusnya dengan menyuguhkan produk dengan build quality terbaik saat ini.

Pertimbangan yang juga membuat mobil ini menarik untuk dipinang adalah harga jualnya yang sangat kompetitif dibandingkan rivalnya. Saat ini (Maret 2023) Chery Tiggo 8 Pro Premium dibanderol Rp558,5 Juta dan Rp528,5 Juta untuk varian Tiggo 8 Pro Lux (keduanya OTR Jabodetabek). Perbandingan dengan rivalnya Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport serta Hyundai Santa Fe bisa Anda lihat di tabel berikut ini.

Perbandingan Harga Chery Tiggo 8 Pro vs Rival
Chery Tiggo 8 Pro Toyota Fortuner Mitsubishi Pajero Sport Hyundai Santa Fe
Tiggo 8 Pro Lux Rp528,5 Juta Fortuner 4x2 2.4 G A/T Rp568 Juta Pajero Sport Exceed (4x2) AT Rp562,3 Juta Santa Fe G 2.5 6AT Style Rp575,2 Juta
Tiggo 8 Pro Premium Rp558,5 Juta Fortuner 4x2 2.7 GR Sport A/T Rp590,35 Juta Pajero Sport Dakar (4x2) AT Rp620,9 Juta Santa Fe G 2.5 6AT Prime Rp605,5 Juta
  Fortuner 4x2 2.8 VRZ A/T Rp607,9 Juta Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2) AT Rp670,6 Juta Santa Fe G 2.5 6AT Signature Rp685,3 Juta

Hal lain yang juga dilakukan Chery untuk memuaskan konsumennya adalah tawaran garansi yang panjang. Chery memberikan garansi kendaraan hingga 6 tahun atau 150.000 km, bahkan untuk mesin, Chery memberikan jaminan garansi hingga 10 tahun atau 1.000.000 km. Untuk perawatan kendaraan, Chery juga memberikan gratis biaya perawatan di dealer resmi selama 4 tahun atau 60.000 km.

Artinya, jika Anda tak mempertimbangkan soal apakah mobil ini merek China atau Jepang. Apakah mobil ini resale value-nya akan anjlok saat dijual kembali atau tidak. Jika yang Anda cari adalah mobil dengan tawaran fitur dan build quality yang baik, maka Chery Tiggo 8 Pro bisa jadi pilihan paling masuk akal dan value for money dibandingkan rival-rivalnya. Setuju?


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Chery Tiggo 8 Pro

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

New 2021 Toyota Fortuner facelift: more power and a new Legender variant

All New 2021 Toyota Fortuner Australia version!

ALL NEW FORTUNER 2021 Toyota - ADS

TOYOTA FORTUNER 2021 LEGENDER 2.4

Mistubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4

Waspadalah Pajero Sport dan Fortuner ! Kia luncurkan SUV Sorento 2021 fitur melimpah tampang sangar!

Pajero rock ford bulan september 2020 Hp.081348091225

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Chery Tiggo 8 Pro
Lihat