window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur?

Yongki Sanjaya · 19 Agu, 2023 08:00

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 01

Pertarungan segmen compact SUV atau crossover kian ketat setelah Mitsubishi meluncurkan Xforce di ajang GIIAS 2023. Xforce akan menantang para model kawakan seperti Honda HR-V, Hyundai Creta, Hingga Chery Omoda 5. 

Untuk kelas Rp400 jutaan, Chery Omoda 5 ini berinovasi dari sisi fitur dan performa mesin. Sementara itu, Mitsubishi Xforce hadir menawarkan kenyamanan dan akurasi berkendara yang diturunkan dari Xpander Cross. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Komposisi harganya juga menarik, sebagai informasi harga resmi Chery Omoda 5 tipe RZ dijual Rp404.800.000. Di harga segitu, Omoda 5 akan berhadapan dengan Pendatang baru dari kubu tiga berlian yaitu Mitsubishi Xforce Ultimate di harga Rp412.900.000 juta.

Melihat harganya, Xforce ditawarkan lebih mahal dari Omoda 5. Namun apakah fiturnya lebih baik dan lebih komplit? Untuk itu mari kita bandingkan kedua model tersebut.

Chery Omoda 5 RZ, Fiturnya Paling Variatif

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 01

Omoda 5 resmi diluncurkan pada ajang IIMS 2023 lalu, dengan konsep desain futuristik berdasarkan filosofi “Art in Motion”. Kesan futuristik OMODA 5 diperlihatkan melalui motif gril depan tanpa frame dengan aksen potongan diamond. 

Dengan gaya futuristik, sistem pencahayaan Omoda 5 didukungLampu LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan Lampu belakang LED Dinamis X–Trough. 

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 02

Mobil ini memiliki lekukan garis yang fleksibel namun tegas, dengan desain belakang yang agresif. Konsep ini dipadukan velg berukuran 18 Inci untuk memberikan kesan sporty. Buat harga segini, Omoda 5 udah punya sunroof, sesuatu yang kini jadi simbol fitur mobil mewah. 

Interior Modern dengan Fitur Canggih di Chery Omoda 5

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 03

Sisi interior Omoda 5 tampil futuristik, karena memakai layar selebar 20 inci yang menyatu dari sisi tengah hingga ke bagian pengemudi. Terdapat lampu ambient LED multi-warna yang dapat terhubung dengan mode mengemudi dan irama musik. 

Lebih lanjut, Omoda 5 dilengkapi dengan kemudi berbahan kulit multifungsi berbentuk D flat bottom dan dilengkapi tombol yang memudahkan pengaturan multimedia. Tersedia wireless charging sama ini pengaturan AC sudah pakai tombol capacitive. 

Tak cuma itu, crossover ini ternyata juga mendukung fitur voice command untuk mengoperasikan AC, membuka jendela dan sunroof, dan menyalakan musik player hanya dengan perintah suara. Nah, pada model andalan Chery ini didukung sound system berkelas dari Sony pada speakernya. 

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 04

Lebih lanjut, Omoda 5 juga telah didukung fitur remote tailgate. Dengan demikian kita bisa membuka pintu bagasi hanya dengan mengarahkan remote ke mobil. 

Walau kelas harganya belum mendekati level mobil premium, namun fitur di Chery Omoda 5 ini serasa mobil di atas Rp500 jutaan. Omoda 5 dilengkapi dengan fitur canggih seperti Automatic Driving, 8 speaker Sony, door mirror heating, acoustic glass, inteligent voice assistant. sequential LED turning light, ambient lighting dan beberapa fitur lainnya.

Chery Omoda 5 Sudah Dibekali ADAS

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 05

Fitur keselamatan di Chery Omoda 5 juga cukup mutakhir karena dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS)dan electronic parking brake (EPB) + AUTOHOLD. ADAS yang terdapat di mobil ini mencakup:

  • lane keeping system (LDP), 
  • traffic signal recognition system (TSR), 
  • adaptive cruise system (ACC),
  • Integrated Cruise Assist (ICA), 
  • Autonomous emergency brake, 
  • Front collision warning, 
  • Rear cross traffic alert, 
  • Blind spot warning, 
  • Emergency lane keeping, 

Performa Mesinnya Cukup Oke Dengan Turbo 

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 06

Dari sisi teknologi mesin, Omoda 5 didukung dapur pacu berkapasitas 1500cc Turbo. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum 145 Hp, dan torsi maksimum 230Nm.

Mitsubishi Xforce, Pendatang Baru dengan Desain Stylish

 

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 07

 

 

 

Sebagai produk baru, Mitsubishi merancang Xforce sebagai crossover yang stylish dan juga fun to drive untuk aktivitas harian. 
Sisi fascia Xforce menganut bahasa desain ‘Dynamic Shield’ dengan LED daytime running light berbentuk L shape tepat di bawah bonnet serta lampu utama LED di bawah LED bar. 

Bicara soal fitur, Xforce Ultimate dilengkapi hansfree power tailgate with kick sensor, serta auto lightning control yang secara otomatis akan menyalakan lampu ketika melewati jalan gelap. Untuk tipe teratas Xforce ini belum memiliki sunroof yang sudah tersedia pada beberapa kompetitor di kelas harganya. 

Interior dengan Fitur Modern

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 08

Sistem hiburan yang disematkan pada center cluster pada tipe Ultimate dibekali head unit layar sentuh berukuran 12,3 inci dengan konektivitas CarPlay dan Android Auto serta wireless charging. 

Dari segi kualitas suara, Xforce Ultimate menggunakan Dynamic Sound Yamaha Premium yang dikembangkan Mitsubishi Motors Corporation bersama Yamaha Corporation. Speakernya menjaga kualitas suara, bass yang dihasilkan terasa hidup, dan nada-nada yang terdengar jernih. 

Untuk informasi berkendara Xforce Ultimate mendapat tampilan full digital 8 inci. Guna menjaga kualitas udara kabin yang sehat, tipe ini juga mendapatkan Nanoe X pada sistem pendingin udara.

Fitur Keselamatan Modern Minus ADAS

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 09

Menyoal fitur keselamatan berkendara, Mitsubishi Xforce Ultimate mendapatkan 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), ABS, EBD dan BA. Lebih lanjut, tipe ini juga dibekali dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan sensor parkir.

Selain itu Xforce Ultimate juga memiliki beberapa fitur canggih seperti: Active Stability Control, Active Yaw Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert. 

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 10

Hal yang jadi pembeda pada Xforce Ultimate yaitu memiliki empat Mode berkendara, yakni; Normal, Wet, Gravel, Mud yang dapat dipilih guna menyesuaikan  kondisi jalan yang sedang dilalui. Termasuk juga “Wet Mode” yang pertama kali dibekali untuk model Mitsubishi Motors.

Wet Mode dikembangkan secara khusus untuk konsumen yang tinggal di wilayah dengan tingkat intensitas hujan yang cukup tinggi umum terjadi di wilayah Asia Tenggara.

Aspek kelincahan berkendara pada Xforce tak lepas dari adanya fitur Active Yaw Control (AYC) yang dapat menjaga performa dan kestabilan mobils saat menikung. Fitur AYC akan memastikan penggunanya tidak akan keluar dari jalur yang ditentukan. Selain itu fitur ini membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan khususnya ketika di jalan yang licin.

Performa Serupa Gen Xpander 

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Apakah Chery Omoda 5 Mampu Ungguli Mitsubishi Xforce Soal Fitur? 11

Xforce dibekali mesin 4A91 yang juga dipakai oleh Xpander dan Xpander Cross. Memiliki konfigurasi 4-silinder segaris DOHC 16 Valve Euro4 MIVEC berkapasitas 1.499 cc, untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. 

Bicara transmisi yang digunakan, mobil ini dipadukan transmisi jenis CVT. Hadirnya mode Sport ini memberi pilihan berkendara yang tak cuma halus tapi juga memiliki kemampuan antara akselerasi maksimal dan agresif. Namun bila dibandingkan kompetitornya, output dari Xforce ini tergolong kecil.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih mahal, Mitsubishi Xforce terbukti sulit mengimbangi kelengkapan dan kecanggihan fitur yang terdapat pada Omoda 5. Jagoan baru Mitsubishi ini lebih berorientasi pada aspek kenyamanan dan fun to drive. 

Untuk harga Rp400 jutaan, Chery Omoda 5 menjadi crossover paling value for money karena kelengkapan fiturnya yang paling beragam. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Xforce Ultimate CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil