Toyota Rumion Dijual Jauh Lebih Mahal dari Suzuki Ertiga, Padahal Speknya Sama

Toyota Rumion 2023 yang merupakan kembaran Suzuki Ertiga baru saja rilis di India setelah sebelumnya lebih dulu debut di Afrika Selatan (Afsel).

Ada enam varian yang ditawarkan Toyota Bharat sebagai APM Toyota di Negeri Bollywood itu untuk LMPV terbarunya ini, termasuk tipe yang berbahan bakar CNG.

Namun harga Toyota Rumion ini ternyata jauh lebih mahal dibanding Suzuki Ertiga.

Rumion versi Afrika Selatan

Bagaimana tidak Rumion tipe terendah dibanderol 1.029.000 rupee atau kira-kira Rp189 jutaan, sementara harga Suzuki Ertiga yang dipasarkan oleh Maruti mulai dari 864.000 rupee atau setara Rp158 jutaan.

Baca juga: Toyota Luncurkan MPV Berbasis Suzuki Ertiga di Afrika Selatan, Tampangnya Mirip Kijang Innova Reborn!

Varian Toyota Rumion

Rebadge dari Suzuki Ertiga

Dikutip dari Autocar India, ada empat varian tipe dari Rumion, yaitu tipe S, G, V dan S CNG, namun untuk tipe S dan V disediakan juga opsi transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6-speed.

Berikut rincian varian dan harganya:

  • Rumion S: 1.029.000 rupee (Rp189 jutaan)
  • Rumion S AT: 1.189.000 rupee (Rp218 jutaan)
  • Rumion G: 1.145.000 rupee (Rp210 jutaan)
  • Rumion V: 1.218.000 rupee (Rp224 jutaan)
  • Rumion V AT: 1.368.000 rupee (Rp251 jutaan)
  • Rumion S CNG: 1.124.000 rupee (Rp206 jutaan)

Kalau dibandingkan harga Ertiga di India, pihak Maruti Suzuki memasarkan LMPV tersebut dengan harga mulai dari 864.000 rupee (Rp158 jutaan) hingga 1.308.000 rupee (Rp240 jutaan).

Baca juga: Susul XL7 Hybrid, Suzuki Bakal Tambah Kapasitas Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Terbaru

Cuma Beda Grill Depan

Grill trapezoidal dengan aksen honey comb

Sama seperti Rumion yang sudah diluncurkan di Afrika, unit untuk pasar India ini merupakan Rumion facelift yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga facelift.

LMPV berlogo tiga oval itu memakai muka yang mirip dengan Kijang Innova Reborn.

Lihat saja bagaimana gril depan model trapezoidal dengan aksen sarang lebah yang terpasang identik dengan Innova.

Joknya beige

Kemudian lekuk bempernya termasuk rumah foglamp dan air dam dengan bentuk trapesium yang dikelilingin aksen krom juga tetap dipertahankan.

Hal yang berbeda malah ditemui pada sisi interior, kalau pada versi Afsel temanya full black, maka untuk Toyota Rumion pasar India dasbornya dual tone black dan beige dengan sisipan aksen kayu hitam, serta jok juga pakai warna krem.

Headunit 7 inci juga sama dengan Ertiga di India

Lantas perbedaan lain ditemukan dari penggunaan headunit layar sentuh 7 inci beda dengan versi Afsel yang punya layar 8 inci. Tetapi perangkat ini sudah memiliki konektifitas Wireless Android Auto dan Apple CarPlay.

Fitur lainnya yang juga ada di mobil ini adlaah Auto AC, meter cluster analog dengan MID Digital, 4 airbags (versi Afsel cuma 2 aribags), ABS, EBD, dan ESC, serta ada fitur smartphone connectivity seperti halnya Ertiga di India.

Baca juga: 3 Kelemahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Dulunya Bikin Susah Laku

Pakai Mesin Smart Hybrid dan Ada Varian CNG

Bisa terkoneksi dengan ponsel atau smart watch

Di bawah bonet, Toyota Rumion untuk pasar India mendapatkan mesin bensin K15C 1.5-liter natural aspirated (N/A) berteknologi Smart Hybrid yang punya daya puncak 103 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 137 Nm di 4.400 rpm yang sama dengan Ertiga.

Mesin bensin ini hadir dengan pilihan gearbox manual 5-percepatan atau otomatis 6-percepatan torque converter. 

LMPV terbaru Toyota

Kemudian setara dengan Ertiga, Rumion di India juga punya varian CNG, dengan mesin yang sama namun menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi 121,5 Nm tapi hanya mendapat opsi girboks manual. 

Toyota mengklaim konsumsi BBM Rumion versi mesin bensin mencapai 20,51 km/liter, sedangkan Rumion CNG menghasilkan 26,11 km/kg.

Sebagai catatan, Rumion diposisikan sebagai lini produk MPV Toyota dibawah Innova Hycross (Innova Zenix) dan Innova Crysta (Innova Reborn), dan tidak ada Avanza untuk pasar India.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Starlight, Mobil Listrik Baru Wuling yang Gak Kalah Mewah dari Camry dan Accord

Wuling Starlight 2023 merupakan sedan terbaru dari Wuling yang disiapkan dalam varian full electric (BEV) dan Plug-In Hybrid (PHEV). Mobil listrik Wuling yang saat ini kita kenal hanyalah berbentuk city car, yakni Wuling Air ev. Kemudian di China, Wuling maupun Baojun juga memiliki sejumlah model EV, mulai dari Hongguang Mini EV, Air ev, sampai yang terbaru Baojun Yep. Tapi dari rentetan mobil-mobil listrik berbasis baterai itu, semuanya berjenis city car meskipun Baojun Yep menyerupai SUV kecil

Canggihnya Kia EV9 GT-Line, Mobil Listrik Buat Keluarga Para Bos di Indonesia

PT Kreta Indo Artha (KIA) kini semakin masif menghadirkan sejumlah produk di Indonesia, termasuk mobil listrik terbaru, Kia EV9 GT-Line. Menurut Presiden Direktur PT KIA, Andrew Nasuri, EV9 GT-Line hadir pertama di Indonesia, sekaligus menjadi debut perdana di kawasan Asia Tenggara. "Kami sangat gembira dengan peluncuran Kia EV9 GT-Line, sebuah Battery Electric Vehicle SUV terbaru yang memiliki berbagai keunggulan,” ungkap Andrew. Baca juga: Mobil Listrik KIA EV6 GT Line Resmi Dijual di GIIAS 20

Diimpor Dari Korea, Inden Hyundai IONIQ 6 Kini Cukup Cepat

Hyundai menjadi brand otomotif dengan produk mobil listrik yang cukup laris di pasaran Indonesia. Bisa dilihat dari proses inden Hyundai IONIQ 5 yang bahkan mencapai setahun. Tak ingin kondisi serupa terulang, PT Hyundai Motors Indonesia kini mendapat alokasi yang lebih besar pada model Hyundai IONIQ 6. Sejauh ini, IONIQ 6 berhasil terjual hampir 200 unit sejak diperkenalkan pada ajang GIIAS 2023 lalu. Hadirnya Hyundai IONIQ 6 ini untuk semakin memperkuat lini elektrifikasi Hyundai yang sebelumn

Babak Belur Digempur BYD, Chery, hingga Wuling, Toyota Dekati China

Toyota baru saja mengumumkan rencana demi mempercepat pengembangan mobil elektrifikasi mereka khususnya untuk pangsa pasar di China. Langkah ini diambil secara mendadak lantaran pabrikan mobil terbesar di dunia itu merasa kalah menghadapi ketatnya persaingan mobil elektrifikasi di Tiongkok. Baca juga: Daftar Mobil China Terbaru yang Siap Menginvasi Indonesia, Nggak Kalah Hebat dari Jepangan Apalagi populasi mobil BEV (Baterry Electric Vehicle), HEV (Hybrid Electric Vehicle), dan PHEV (Plug-in Hy

Harganya Dianggap Mahal daripada Mobil Jepang, Ini Alasan Kia Indonesia

Merek mobil asal Korea Selatan, Kia, kembali memperlihatkan tajinya di pasar otomotif nasional dengan menghadirkan sejumlah produk terbaru. Hanya saja, mobil-mobil Kia disebut memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan brand lainnya bahkan untuk mobil sesama Korea. Contohnya, dua mobil listrik Kia yang terbaru yakni EV9 GT-Line dibanderol Rp1.975.000.000 dan Kia EV6 GT Line dijual Rp1.699.000.000 dengan status on the road Jakarta. Baca juga: Kaum Mendang-mending Minggir Dulu, Ratusan Mo

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Ertiga
Lihat