Petinggi Produsen Mobil VinFast Bertemu Menteri Perdagangan, Bahas Kerjasama dengan RI

Sejumlah manajemen perusahaan mobil asal Vietnam, VinFast, datang ke Indonesia, untuk bertemu langsung Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag). 

Melansir situs Kemendag, pertemuan yang dilakukan pada Senin, 4 September 2023 itu membahas tentang peluang kerja sama dan investasi antara Indonesia dan Vietnam di bidang kendaraan listrik.

"Indonesia terbuka untuk kerja sama dan kolaborasi dengan negara-negara mitra dalam rangka pengembangan kendaraan listrik, termasuk peningkatan infrastruktur dan pengisian daya, menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif, mengoptimalkan produksi dan penggunaan sumber daya berkelanjutan," ungkap Zulkifli Hasan.

Baca jugaMobnas Vietnam VinFast Siap Bangun Pabrik di Amerika Serikat, Buat Pasarkan Mobil Listrik

Petinggi produsen mobil VinFast bertemu Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan

Meski tidak dijelaskan secara detail, namun seperti sebelumnya, bahwa pemerintah Indonesia sangat mendukung pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) di Tanah Air. 

Selain itu, Indonesia juga disebut telah menetapkan target untuk pengembangan, penerapan, dan penggunaan KBL di Indonesia.

Baca juga: Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya?

Indonesia Punya Material Penting

Pabrik perakitan mobil VinFast

Niatan perusahaan otomotif milik konglomerat, Vingroup untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam perkembangan KBL ini tentu tak lepas dari prediksi Presiden Joko Widodo. 

Dimana Presiden yang akrab disapa Jokowi itu sudah memprediksi, bahwa Indonesia akan didekati negara-negara lain, karena memiliki sumber daya alam utama yang digunakan untuk baterai listrik, seperti nikel, timah, bauksit, hingga tembaga.

"Saya sampaikan kepada Menko Marinves, kepada Menteri Investasi, tidak usah ke mana-mana mau marketing soal investasi. Mereka yang akan datang ke kita. Percaya saya. Mereka yang akan datang ke kita, untuk mencari, untuk beli, baterai EV kita,” ungkap Jokowi seperti dalam kompas 100 CEO Forum Tahun 2022 yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Mobil listrik VinFast FV8 

Maka dari itu, Kemendag sendiri telah menetapkan ketentuan impor baterai lithium tidak baru sebagai bahan baku industri. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan mendorong pengembangan industri KBL dalam negeri.

"Indonesia merupakan negara penghasil nikel dan kobalt terbesar di dunia. Kedua bahan tersebut merupakan bahan baku untuk baterai Kendaraan Bermotor Listrik ," tulis situs Kemendag.

Baca juga: Tak Hanya Satu, Vinfast, Mobil Kebanggaan Rakyat Vietnam Ini Bahkan Daftarkan 5 Mobil Lain di Indonesia

VinFast mendirikan pabrik di Amerika Serikat untuk perluasan pasar

Pada pertemuan tersebut, Mendag didampingi oleh Duta Besar RI untuk Hanoi, Denny Abdi; Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono; Direktur Perdagangan Luar Negeri, Budi Santoso; Staf Khusus Mendag Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Krishna Hasibuan; Staf Khusus Mendag Bidang Peningkatan Ekspor dan Perluasan Pasar Luar Negeri, Al Hilal Hamdi; dan Sekretaris Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional, Ganef Judawati.

Sementara itu, para delegasi VinFast terdiri atas Head of Government Relations Vingroup Ly Nguyen, Head of Capital Investment Vingroup Hai Le, VinFast Market Expansion Director Temmy Wiradjaja, dan VinFast Indonesia Managing Director Huy Tran.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Livina

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

3 Alasan Kenapa Truk dan Kontainer Sering Jadi Kambing Hitam Kecelakaan Lalu Lintas

Saat kita berkendara terutama di jalur antar kota, mungkin pernah melihat insiden kecelakaan lalu lintas dan biasanya melibatkan truk atau kontainer. Kendaraan raksasa itu kerap jadi kambing hitam penyebab kecelakaan. Asumsi tersebut bisa logis bila melihat dimensi kendaraan yang super besar. Truk kontainer memiliki blind spot yang besar, sudut yang lebar, serta gaya inersia yang besar atau rawan terguling. Itulah mengapa para pengemudi yang sudah kawakan tidak menyarankan untuk berkendara dekat

Nissan Indonesia Recall 2 Mobilnya, Kicks e-Power dan Leaf

Merek mobil asal Jepang, Nissan mengumumkan penarikan kembali atau recall terhadap dua produk andalannya yaitu Nissan Kicks e-Power dan Nissan Leaf. Informasi recall Nissan pada kedua produk ini disampaikan langsung melalui situs dan akun media sosial resmi Instagram Nissan @nissanid. "Jika diperlukan, Nissan harus melakukan layanan recall atau penarikan ulang kendaraan untuk menjamin kualitas produk dan menjaga kepuasan pelanggan," tulis Nissan. Baca juga: Nissan Terra 2023 Meluncur di China, P

Sedan Jepang Rp60 Jutaan, Ketahui 5 Keunggulan Suzuki Neo Baleno

Generasi ketiga Baleno, Suzuki Neo Baleno pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2008. Keberadaan mobil ini dalam meramaikan pasar otomotif Tanah Air di segmen small sedan terbilang singkat. Berhadapan langsung dengan Toyota Vios dan Honda City, tercatat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya menjualnya hingga 2010. Untuk harga bekasnya sendiri Neo Baleno kini pasarannya mulai dari Rp60 jutaan. Punya harga bekas terjangkau, berikut ini keunggulan Suzuki Neo Baleno yang menjadi daya tari

3 Kelemahan Honda BR-V Gen 1 yang Sering Dikeluhkan, Low SUV yang Fiturnya Banyak Disunat

Pada saat launching pertama kali di 2015, hype Honda BR-V bisa dibilang tinggi. Ini karena kemunculan BR-V jadi suatu langkah revolusioner di kelas LSUV pada saat itu yang masih didominasi duo Astra. Seiring berjalannya waktu, banyak yang cukup kecewa dengan Honda BR-V gen 1 karena kelemahan di sana sini. Honda BR-V meluncur ke Tanah Air pada 2015 dan kemudian dipasarkan pada 2016. Pada saat itu tren Low SUV atau LSUV sedang banyak diminati, dan BR-V dulu hadir hanya berhadapan dengan Toyota Rus

Ridwan Kamil Nyetir Sendiri Volvo XC90 Recharge dari Bandung ke Jakarta, Yuk Intip Hebatnya Tank Swedia Ini

Ridwan Kamil secara resmi mengakhiri masa baktinya setelah menjabat sebagai gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, pada Selasa (5/9/2023). Di hari yang sama, Ridwan yang juga mantan walikota Bandung, menghadiri penunjukan Bey Machmudin saat pelantikan Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat. Baca juga: Live Update GIIAS 2023: Volvo C40 EV dan Mobil Listrik Neta V Sudah Bisa Dipesan Menariknya, saat datang ke kantor Kemendagri, pria yang ak

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil