window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya?

Adit · 14 Feb, 2022 08:07

Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya? 01

Vinfast Fadil mobil nasional Vietnam
  • Vinfast Fadil mobil nasional terlaris di Vietnam selama 2021.
  • Mobil tersebut mengungguli Toyota Vios yang beberapa tahun sebelumnya jadi model terlaris
  • Mobil Vinfast Fadil adalah model rebadge Opel Karl Rocks

Vinfast Fadil menjadi mobil nasional terlaris di Vietnam sepanjang 2021. Torehan ini menggeser Toyota Vios yang selama beberapa tahun terakhir merupakan model yang paling banyak terserap pasar di sana, demikian mengutip data wholesales Vietnam Automobile Manufactures's Association (VAMA).

Selama setahun kemarin, mobil dalam bentuk SUV crossover berbodi kecil itu telah terdistribusi dari pabrik ke diler sebanyak 24.128 unit. Mengekor di posisi kedua Hyundai Accent 19,956 unit, kemudian menutup tiga besar dihuni oleh mobil sejuta umat di sana yaitu Toyota Vios yang terjual 19.934 unit. 

Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya? 02

Mobil Vinfast Fadil merupakan rebadge dari Opel Karl Rocks

Baca Juga: Ternyata Paten "Mobil Nasional" Vietnam Vinfast Telah Terdaftar di Indonesia!

Mobil terlaris di Vietnam, Vinfast Fadil akhirnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri setelah dikenalkan pada 2018 lalu. Bestsellingcarsblog melaporkan, penjualan model ini mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 77,4 persen dari periode sebelumnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Usut punya usut, pakar industri di sana mengemukakan, penjualan produk anyar tersebut naik pesat di pasar domestik sebagian besar dari kualitas produknya yang tinggi, kebijakan perawatan purnajual serta pendekatan yang unik kepada pelanggan. 

Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya? 01

Sepanjang 2021, penjualan Vinfast Fadil ungguli Toyota Vios

Pabrikan diketahui memasarkan Vinfast Fadil secara online, sebuah cara yang tidak dilakukan oleh merek lain sebelumnya. Dengan begitu pelanggan dapat mengakses situs untuk membandingkan model mobil, hingga kemudahan mengajukan aplikasi perihal pengajuan pinjaman bank untuk membelinya secara kredit. 

Dengan strategi itu, pabrikan mampu mendulang penjualan yang tinggi. Selama beberapa bulan sebelum penutupan 2021, perusahaan yang tergabung Vingroup itu mendominasi penjualan, mengungguli Hyundai, Toyota, Kia dan Ford. 

Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya? 02

Vinfast Fadil hadir dalam balutan crossover berukuran kompak

Baca Juga: Mobil Nasional Turki Mejeng di Pameran Teknologi Amerika 2022, Indonesia Kapan Nyusul?

Model Rebadge Opel Karl Rocks

Mobil nasional Vinfast Fadil bukan sepenuhnya merupakan produk hasil pengembangan dari nol. Tetapi adalah produk rebadge dari Opel Karl Rocks, berkat kerjasama dengan General Motors. Harga jualnya Rp241,7 jutaan di Vietnam, ya setara harga Toyota Avanza 1.3 lah mudahnya. 

Secara tampilan sebenarnya tidak begitu menonjolkan desain yang futuristik. Sebelas dua belas dengan Chevrolet Spark generasi keempat karena menggunakan basis yang sama. Dari depan, masih menggunakan lampu utama yang besar, belum pipih menyipit ala mobil baru kekinian. Kemudian di tengahnya tersemat logo V yang merujuk pada Vinfast.

Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya? 03

Vinfast Fadil jadi mobil terlaris di Vietnam 2021

Selayaknya sebuah crossover, bagian bumper depannya juga ditempel underguard silver. Kemudian dari samping Vinfast Fadil juga dilengkapi over fender di lingkar panel bodi samping, roof rail, hingga side skirt silver supaya karakter dinamis, sporty nan petualang si mobil terpancar. 

Lanjut ke belakang juga tidak semenggugah bagian depannya. Bokongnya berupa plastik trim hitam terlalu dominan, sehingga pintu bagasi yang dihiasi lampu belakang, wiper, dengan high mount stop lamp tampak lebih kecil. Hanya saja si desainer tetap menyematkan kosmetika silver di bumper guna menyesuaikan tampangnya.

Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya? 04

Tampilan belakang Vinfast Fadil, oke nggak? 

Soal interior Vinfast Fadil juga terlihat simpel dan sederhana. Jaduh dari kata modern. Pengaturan AC masih pakai kenop putarm belum digital. Namun begitu sudah ada head unit layar sentuh 7 inci di dalamnya, yang dipadukan dengan 6 spekaer. Lalu ada banyak slot penyimpanan di dalam kabin mobil dengan format 5-penumpang ini. 

Lanjut ke dapur pacu, Vinfast membenamkan mesin bensin 1.400 cc tanpa induksi paksa. Di atas kertas menjanjikan tenaga hingga 100 PS di 6.200 rpm dan torsi maksimum 128 Nm yang diraih di putaran 4.400 rpm. Daya maksimumnya itu dikawinkan ke roda depan melalui transmisi matic CVT. 

Vinfast Fadil Jadi Mobil Nasional Terlaris di Vietnam 2021, Esemka Kapan Ya? 05

Interior Vinfast Fadil

Dari data spesifikasi tampak biasa bukan si Vinfast Fadil ini? Tapi terlepas dari hal itu, paling tidak ada merek mobil nasional di Asia Tenggara yang berjaya di negerinya sendiri. Tinggal Indonesia yang juga harus bisa mengikuti jejak Vinfast, setelah merek Timor, Esemka mungkin nggak ya? 

Baca Juga: Sekilas Sama, Ini Perbedaan Timor S515 dan S515i, Sang Mantan 'Mobil Nasional'

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil