Ford Ranger Versi Perang, FG-P Bisa Berjalan Sejauh 30 Km Dalam Kondisi Mesin Mati

Ford Global Fleet Sales bersama dengan RMA Group tengah melakukan pembuatan kendaraan taktis ringan berbasiskan Ford Ranger (Spesifikasi | Berita) dengan sebutan Ford FG-P. Dirancang khusus untuk operasi pertahanan dan keamanan negara, mobil berjeniskan D-Cab ini menawarkan beragam aplikasi dan peralatan yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan seperti operasi pengawasan.

Sekilas FG-P terlihat sama seperti generasi terbaru Ford Ranger pada umumnya yang dijual di beberapa negara. Namun sebagai kendaraan tempur, eksteriornya dilabur menggunakan warna hijau army, selain itu juga ditambahkan tanduk pada bumper, serta pipa besi yang melindungi fender roda depan.

Tak ketinggalan, bagian atas mobil turut disematkan roof rail yang bisa digunakan untuk menaruh senjata atau perlengkapan perang, serta tanduk pada bumper belakang.

Baca juga: Ford Recall Ranger dan Everest Akibat Mobil Bisa Berhenti Mendadak

Menariknya, FG-P dilengkapi teknologi hybrid dengan memanfaatkan baterai berukuran kecil serta motor listrik yang diletakan di gandar belakang. 

Tidak disebutkan mengenai spesifikasi khusus pada baterai serta motor listrik yang digunakan, namun saat menggunakan mode EV mobil ini diklaim dapat dikendarai 2-30 km dengan kecepatan makimal 20 km/jam.

Ford FG-P hadir dalam 4 pilihan mesin ICE (Internal Combustion Engine), yakni; diesel 2.0 liter twin-turbo, single-turbo 4 silinder, diesel turbo V6 3.0 liter, dan bensin 2.3 liter 4 silinder turbo. Untuk transmisinya tersedia otomatis 6-percepatan dan otomatis SelectShift 10-percepatan.

Baca juga: Baru Dua Bulan Diluncurkan, Ford Everest dan Ranger Terbaru Sudah Laku Ratusan Unit

Ford FG-P Dilengkapi Mode Senyap

Mode senyap Ford FG-P

Sebagai kendaraan taktis yang difungsikan untuk dapat mendekati musuh, Ford FG-P dilengkapi dengan mode senyap. Ada juga sistem interlock guna mencegah mesin mobil menyala dari tindakan yang tidak disengaja.

Untuk mengaktifkannya, kendaraan harus berhenti secara total dengan posisi gigi netral. Kemudian mode senyap dapat diaktifkan dan mesin dimatikan. 

Canggihnya, mobil ini turut dilengkapi Black Out System yang berfungsi untuk mematikan sistem kelistrikan berupa lampu dan pengoperasian seluruh sumber suara kendaraan seperti klakson saat melakukan pengawasan khusus. Meski begitu fitur utama kendaraan dapat berfungsi secara normal seperti AC, sistem HVAC, power steering dan seluruh sistem keselamatan kendaraan mulai dari ABS, ESP, serta Airbags tetap aktif.

Dalam mode senyap, kendaraan tidak mengeluarkan suara mesin dan menghilangkan seluruh panas mesin. Hal ini tidak akan berdampak pada pengoperasian mesin, dan jika diperlukan, mesin dapat segera dihidupkan kembali.

Baca juga: Toyota Hilux GR Sport dan Ford Ranger Raptor Salim Dulu, D-Cab China Ini Jauh Lebih Kuat

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Ford Ranger

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

FORD RANGER FX4 FULL REVIEW AND DRIVE IMPRESSIONS!

Berita Terbaru

5 Alasan Tepat Daihatsu Sigra 1.0 Lebih Layak Dipilih Ketimbang 1.2

Daihatsu Sigra (Spesifikasi | Berita) merupakan produk tulang punggung PT Astra Daihatsu Motor. Sebagai LCGC 7-seater yang banyak digunakan sebagai taksi online, per September 2023 ini Sigra ditawarkan mulai dari Rp136 juta sampai dengan Rp180,6 juta. Untuk tipe yang dijajakan sendiri mulai dari 1.0 D MT, 1.0 M MT, 1.2 X MT, 1.2 X MT DLX, 1.2 X AT, 1.2 X AT DLX, 1.2 R MT, 1.2 R MT DLX, 1.2 R AT dan 1.2 R AT DLX. Punya banyak varian, tak sedikit yang menyebutkan bahwa Sigra 1.0 memiliki banyak ke

Daihatsu Ayla Kena Recall karena ECU, Bagaimana Toyota Agya?

Daihatsu Ayla 1.0L yang diproduksi di periode 28 Februari hingga 23 Mei 2023 diinformasikan akan di recall atau mereka sebut dengan program Special Service Campaign (SSC). Recall Daihatsu Ayla varian 1.0L dilakukan demi pemeriksaan dan penyesuaian ulang ECU mesin pada model tersebut, agar kinerja mesin tetap terjaga dengan baik, demi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara. Lantas apakah saudara kembar Daihatsu Ayla yaitu Toyota Agya juga ikut direcall? Baca juga: Ribuan Daihatsu Ayla di In

Ini Alasan Logis Mobil FWD Seperti Daihatsu Sigra Bisa Lebih Kuat Nanjak Kalau Jalan Mundur

Tren di industri otomotif dewasa ini seringkali meluncurkan mobil dengan penggerak roda depan. Masalah yang sering dihadapi mobil FWD seperti Daihatsu Sigra ialah kurang perkasa saat menghadapi tanjakan yang kemiringannya relatif terjal. Salah perhitungan atau ambil ancang-ancang, mesin mobil Anda cuma berdengung dan roda depan spin saat Anda mendekati bukit yang curam. Sebagai gambaran, saat kamu melewati tanjakan yang curam, memiliki traksi yang baik ibarat memakai sepatu yang tepat untuk mend

Simak 7 Kekurangan Toyota Kijang Kapsul yang Jarang Diketahui

Perawatan mudah, muat banyak, serta mempunyai harga bekas terjangkau, Toyota Kijang kapsul menarik untuk dimiliki bagi kalian yang menginginkan mobil keluarga dengan budget di angka Rp50 jutaan. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1997 dan dijual sampai dengan 2003, mobil berjenis MPV ini memiliki beberapa varian, yaitu; SX, SSX dan SGX untuk ukuran yang lebih pendek, sedangkan LX, LSX, LGX, dan Krista yang merupakan model dengan sasis panjang. Sanggup memuat 7 sampai 9 orang sekaligus dengan me

Bocoran Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid 2024, Torsi Lebih Besar Tapi Makin Irit BBM

Sedikit demi seidkit informasi mengenai Toyota Fortuner hybrid 2024 terus terkuak, kali ini dari sektor jantung mekanisnya. Seperti yang sebelumnya sudah banyak diungkap media-media asing, Fortuner hybrid dipastikan tetap pakai mesin diesel yang nantinya juga diturunkan ke Toyota Hilux generasi berikutnya. Baca juga : Bukan Indonesia, Toyota Fortuner Hybrid Bermesin Diesel 1GD Akan Lebih Dulu Mendarat di Thailand Namun mesin peminum solar itu nantinya bakal dikombinasikan teknologi 48V Mild-Hybr

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Ford Ranger
Lihat