window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ford Recall Ranger dan Everest Akibat Mobil Bisa Berhenti Mendadak

Prasetyo · 31 Agu, 2023 14:00

Recall Ford Ranger dan Everest

Ford Australia baru saja mengumumkan recall Ford Ranger dan Everest model 2021-2023 akibat adanya kendala teknis yang bisa mengancam keselamatan penggunanya.

Dikutip dari 9news.com.au, Kamis (31/08/2023), recall Ford Ranger dan Everest ini diumumkan setelah Australian Department of Infrastructure, Transport, Regional Development, Communications mengeluarkan dokumen resmi adanya masalah pada 4.841 unit Ranger dan Everest.

Baca juga: Ford Ranger Raptor dan Everest Titanium 2023 Meluncur di Indonesia, Bukan Kelas Hilux dan Fortuner!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ford Ranger

Ford Ranger

Pihak pemerintahan setempat itu pun meminta seluruh jaringan dealer Ford untuk melakukan perbaikan atas temuan yang sudah dilakukan.

Recall Ford Ranger dan Everest Akibat Transmisi E-Shifter

Dalam dokumen resminya, pihak pemerintah Australia menyebut kalau kalau masalahnya ada pada perangkat lunak di mobil tersebut.

Baca juga: 5 Keunggulan Ford Ranger Raptor 2023, Bikin Toyota Hilux GR Sport Serasa Kuno

Ford Everest Titanium

Ford Everest Titanium

"Karena masalah perangkat lunak, dalam keadaan tertentu jika daya baterai turun di bawah ambang batas, transmisi dapat berpindah otomatis ke posisi P (Parking) pada saat kendaraan sedang melaju dengan kecepatan di abwah 6 km/jam," tulis pernyataan pemerintah Australia itu.

Pada kondisi tersebut nantinya bisa menyebabkan mobil berhenti mendadak tanpa lampu rem belakang menyala sebagaimana mestinya.

Dengan demikian catat tersebut berpotensi menyebabkan benturan dari arah belakang oleh kendaraan lain.

Ford Ranger Transmisi

Masalah ada di transmisi dengan teknologi E-Shifter

Sementara itu media otomotif Australia, Drive sudah mewawancarai juru bicara Ford, dan pihak pabrikan menegaskan kalau masalah ini terjadi pada model yang memakai transmisi E-Shifter (electronic shifter).

"Masalahnya ada di software Powertrain Control Modul (PCM) yang membatasi pengisian daya listrik alternator," kata juru bicara tersebut.

Baca juga: Baru Dua Bulan Diluncurkan, Ford Everest dan Ranger Terbaru Sudah Laku Ratusan Unit

Ford Everest di Indonesia Juga Pakai E-Shifter

Ford Everest

Ford Everest juga dipasarkan di Indonesia

Kalau melihat unit Ford di Indonesia, pihak RMA juga baru saja memasakan Ford Ranger dan Ford Everest 2023.

Namun dari model-model yang dibawa ke Indonesia itu, hanya Ford Everets Titanium yang menggunakan transmisi otomatis 10 percepatan dengan teknologi E-Shifter.

Sementara untuk Everest XLT, Ranger Base, Ranger XLT, Ranger Wildtrak dan Ranger Raptor, semuanya menggunakan transmisi otomatis 10 percepatan.

Ford Ranger Wildtrak

Ford Ranger Wildtrak

Sebagai informasi, Ford Ranger dan Everest di Autralia dikirim dari pabrik Rayong di Thailand serta dari pabrik Silverton di Afrika Selatan.

Untuk Indonesia, RMA mengimpor unit Ford dari Thailand, namun Muhamad Irvan Mustafa, Marketing Manager RMA Group yang berhasil kami hubungi malah mengaku belum menerima info seputar recall tersebut.

"Maaf saya malah belum dapat info tersebut, tapi jika ada info lebih lanjut nanti saya coba teliti," jelas dia melalui pesan singkatnya kepada Autofun, Kamis (31/08/2023).

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Ford Everest

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil