Ini Alasan Logis Mobil FWD Seperti Daihatsu Sigra Bisa Lebih Kuat Nanjak Kalau Jalan Mundur

Tren di industri otomotif dewasa ini seringkali meluncurkan mobil dengan penggerak roda depan. Masalah yang sering dihadapi mobil FWD seperti Daihatsu Sigra ialah kurang perkasa saat menghadapi tanjakan yang kemiringannya relatif terjal. 

Salah perhitungan atau ambil ancang-ancang, mesin mobil Anda cuma berdengung dan roda depan spin saat Anda mendekati bukit yang curam. Sebagai gambaran, saat kamu melewati tanjakan yang curam, memiliki traksi yang baik ibarat memakai sepatu yang tepat untuk mendaki.

Baca juga: 

Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh

Toyota Kijang Innova Diesel Lemah Syahwat di Tanjakan? Nggak Cuma Karena Filter Udara Kotor!

Hindari Kebiasaan Setengah Kopling di Tanjakan, Bikin Kampas Aus dan Gampang Kebakar

Saat menghadapi tanjakan panjang atau tanjakan curam, sebuah mobil membutuhkan perpaduan torsi ekstra dan cengkeraman yang lebih baik, Kalian perlu memiliki cara ampuh untuk menaklukan jalan menanjak.

Salah satu trik yang kerap dilakukan oleh pengemudi ialah dengan berjalan mundur. Rupanya, ada alasan logis kenapa mobil FWD bisa menaklukkan tanjakan yang cukup ekstrim bila berjalan mundur.

sebagian besar mobil modern menggunakan penggerak roda depan. Proses perpindahan bobot saat menanjak akan mengurangi beban roda depan, sehingga menghasilkan traksi yang lebih sedikit.

Alasan Logis Gigi Mundur di Mobil FWD Bisa Bantu Menanjak

Pada mobil berpenggerak roda depan bermesin depan, terdapat keuntungan mengendarai mobil menanjak saat mundur karena adanya tambahan traksi (berat mesin menekan roda penggerak). 

Dengan beban mesin yang berpindah ke belakang saat jalan mundur, maka bisa memberi Anda traksi yang lebih baik untuk memutar roda.

Penggunaan gigi mundur terkadang memberikan hasil yang luar biasa saat Anda berkendara menanjak dengan mobil berpenggerak roda depan. Bukan cuma sekedar memindahkan beban dari depan ke belakang agar mendapat traksi cukup untuk roda yang berputar.

Rasio Gigi Mundur Avanza FWD dan Daihatsu Sigra Cukup Besar

Pada umumnya, rasio gigi mundur biasanya memiliki rasio yang disetel lebih rendah atau hampir sama besar daripada gigi maju. bisa kita lihat dari rasio gigi Avanza generasi ketiga yang telah memakai penggerak roda depan. Rasio perbandingan gigi 1 sebesar 3.769, dengan rasio gigi mundur di angka 4.128.

Pada model lain yaitu Daihatsu Sigra manual, perbandingan roda gigi I di angka 3,417 dan untuk rasio gigi R sebesar 3,143. Selisih yang tak terlalu besar ini bisa memberikan nilai torsi yang tak jauh beda.

Dengan trik berjalan mundur, mesin Anda akan tetap berada pada rpmm rendah sambil memompa torsi yang Anda perlukan. Bandingkan dengan gigi maju yang lebih tinggi yang mungkin membuat mesin Anda terengah-engah pada kecepatan rendah saat menanjak.

Hanya Gunakan Gigi Mundur Saat Kondisi Darurat di Tanjakan

Meskipun gigi mundur bisa menjadi penolong saat menanjak di perbukitan, perangkat itu tidak dimaksudkan untuk selalu digunakan dalam aktivitas berkendara sehari-hari. Gerakan maju dalam waktu lama dengan memakai gigi mundur dapat berdampak buruk pada sistem transmisi mobil.

Gunakan gigi maju yang tepat untuk berkendara biasa dan hanya gunakan tenaga mundur saat Anda menghadapi tanjakan yang menantang. Jadi, gunakan dengan bijak teknologi yang tersedia di mobil untuk menjaga durabilitas mobil Anda dalam jangka panjang.
 

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sigra

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

New Daihatsu Sigra dapat mewujudkan Impian Keluarga Jadi Nyata

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Simak 7 Kekurangan Toyota Kijang Kapsul yang Jarang Diketahui

Perawatan mudah, muat banyak, serta mempunyai harga bekas terjangkau, Toyota Kijang kapsul menarik untuk dimiliki bagi kalian yang menginginkan mobil keluarga dengan budget di angka Rp50 jutaan. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1997 dan dijual sampai dengan 2003, mobil berjenis MPV ini memiliki beberapa varian, yaitu; SX, SSX dan SGX untuk ukuran yang lebih pendek, sedangkan LX, LSX, LGX, dan Krista yang merupakan model dengan sasis panjang. Sanggup memuat 7 sampai 9 orang sekaligus dengan me

Bocoran Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid 2024, Torsi Lebih Besar Tapi Makin Irit BBM

Sedikit demi seidkit informasi mengenai Toyota Fortuner hybrid 2024 terus terkuak, kali ini dari sektor jantung mekanisnya. Seperti yang sebelumnya sudah banyak diungkap media-media asing, Fortuner hybrid dipastikan tetap pakai mesin diesel yang nantinya juga diturunkan ke Toyota Hilux generasi berikutnya. Baca juga : Bukan Indonesia, Toyota Fortuner Hybrid Bermesin Diesel 1GD Akan Lebih Dulu Mendarat di Thailand Namun mesin peminum solar itu nantinya bakal dikombinasikan teknologi 48V Mild-Hybr

Top 5 Autofun: Kelebihan Mitsubishi Mirage yang terlupakan hingga Kelebihan Kia Carnival

Segmen city car kini semakin tersisih semenjak pemerintah merilis program kendaraan murah ramah lingkungan (LCGC). Akibatnya, beberapa model harus undur diri dari industri otomotif Indonesia, salah satunya ialah Mitsubishi Mirage. Secara desain, Mirage punya penampilan yang timeless. Hanya saja harga jual yang lebih mahal dari segmen LCGC membuat masyarakat tak lagi meliriknya. Padahal kelengkapan di Mirage juga cukup oke dan tak ketinggalan zaman. Selain kabar mengenai kelebihan Mirage yang ter

Daihatsu Sirion X Jadi Varian Termurah, Dapat Apa Saja?

Generasi terbaru Daihatsu Sirion (Spesifikasi | Berita) meluncur pada Juni 2022. Dibanding model sebelumnya, Sirion kini terlihat lebih stylish dan fun to drive berkat mendapatkan improvement dari segi penampilan, fitur serta kenyamanan berkendara. Menempati segmen city car, Sirion X sebagai tipe termurah kini dibanderol Rp228.850.000 OTR Jakarta. Harga yang ditawarkan tersebut lebih murah dari Brio RS terbaru baik varian matic maupun manual. Lebih murah dari Brio RS, Daihatsu Sirion X sudah dap

MG Advanced Design Studio London, Lahirnya Teknologi Mobil Masa Depan MG

Seperti diketahui brand mobil MG lahir di Inggris pada 1924. Meski kini berpindah ke China, merek mobil legendaris ini memiliki pusat desain dan teknologi yang berbasis di London yang dinamakan MG Advanced Design Studio. Ini merupakan pusat rekayasa dan inovasi kendaraan kelas dunia MG. Didalamnya terdapat robot yang ikut serta membantu merancang dan menguji prototipe kendaraan. Canggihnya, dalam membuat desain kendaraan dapat ditampilkan melalui layar holografis dengan menampilkan sketsa desain

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Sigra
Lihat