Mobil Listrik Ternyata Bisa Pakai Knalpot yang Mengeluarkan Suara, Jadi Mirip Supercar

Satu hal yang bikin mobil listrik sangat berbeda dengan lainnya, yaitu tidak memiliki knalpot yang menghasilkan suara seperti kendaraan mesin konvensional. 

Bentuk Thor Electronic Exhaust

Menurut Executive Marketing Thor Electronic Exhaust, Raihan, suara yang dihasilkan dibuat serealistis mungkin yang diletakan sama seperti mobil konvensional, yaitu di bagian bawah bodi, bisa di belakang atau di tengah. 

"Untuk suara dihasilkan menyesuaikan tarikan pedal gas, makin ngebut, suara makin keluar (seperti mobil pakai knalpot)," ungkap Raihan kepada Autofun di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (01/10/2023). 

Agar seperti knalpot mobil pembakaran internal, mobil listrik yang menggunakan Thor Electronic Exhaust juga mengeluarkan angin dan getaran.  Maka dari, itu jika Anda berdiri di belakang knalpot akan terasa semburan angin dan getarannya.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Jenis Muffler Knalpot Mobil, Jangan Asal Berisik

Penempatan layaknya posisi knalpot mobil mesin bakar internal

Raihan menyatakan, suara yang dihasilkan ini merupakan bagian dari modul dan aplikasi mobile, yang kemudian disambungkan ke sensor pada bagian ujung di belakang mobil. 

Oleh karena itu, sebuah speaker mirip seperti knalpot berkelir krom dipasang pada bagian belakang, yang posisinya sama seperti knalpot pada umumnya. 

"Kalau dicuci masih aman, selama air sengaja tidak dimasukin ke lubang. Tapi kalau banjir, sama seperti mobil listrik lainnya, kalau terendam ya pasti error. Jadi tidak direkomendasikan melewati banjir," ujar Raihan. 

20 Jenis Suara Thor Electronic Exhaust

Aplikasi  Thor Electronic Exhaust

Hal unik yang ditawarkan dari Thor Electronic Exhaust yaitu bisa ganti-ganti suara, yang jumlahnya mencapai 20 jenis. 

Lalu bagaimana suaranya bisa dipilih? Ya, pemilik mobil terlebih dahulu mendownload aplikasi Thor di App Store atau Play Store, yang juga bisa dilakukan melalui smartphone atau gadget.

"Nantinya akan ada banyak pilihan suara mobil seperti Mercedes AMG C63, Lamborghini Urus, Porsche Panamera, Ferrari 488 GTB, BMW M8, dan lainnya. Bahkan ada juga suara pesawat Jet hingga Ufo," jelasnya.

Aplikasi Thor Electronic Exhaust bisa mengatur jenis suara dan tingkat volume suara.

Selain suara yang disebutkan di atas, ada juga suara Audi RS7, Hot Rod, Mercedes-AMG S63, Audi R8, Chevrolet Corvette C7, Mercedes-Benz G 500 4x4, Renault Megane RS, Nissan GT-R, BMW X6M, Dodge RAM TRX, Mercedes-AMG G 63, hingga Jaguar F Pace SVR.

"Dengan menggunakan smartphone, bisa juga tinggi rendah suara bisa disesuaikan. Selain itu ke depan, bukan tak mungkin ada suara-suara baru," ucap Raihan.

Thor Electronic Exhaust hadir dalam dua jenis, yaitu Single dan Double Knalpot. Maka dari itu, harganya juga menjadi berbeda.

Untuk itu, harga jenis Single Knalpot dijual Rp23,5 juta, sedangkan Double Knalpot Rp33,8 juta. Adapun untuk pemasangan nya antara 1-3 jam.

Mau dengar suaranya, bisa lihat langsung di bawah ini:

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Carry

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Ketua MPR Dorong Supaya Mobil Modifikasi Legal Dikendarai di Indonesia

Industri modifikasi mobil di Indonesia dipercaya menjadi lokomotif penggerak sub sektor industri kreatif Nasional. Industri modifikasi dan aftermarket yang didominasi pelaku UMKM Nasional juga bertujuan mendorong para tuner lokal mengenalkan kreativitasnya secara lebih masif. Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ketua Dewan Pembina National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, pelaku modifikasi dan aftermarket lokal buk

Huawei Siap Luncurkan Mobil Listrik Luxeed S7 yang Lebih Baik dari Tesla Model S

Jika Anda hanya tahu Huawei merek smartphone, memang benar adanya. Akan tetapi, Huawei bersama Chery Automobile telah melahirkan merek mobil listrik yang dikenal dengan nama Luxeed. Nah, Luxeed dikabarkan tengah mempersiapkan peluncuran mobil listrik mewah perdananya yang disebut Luxeed S7. Baca juga: Tesla Berencana Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Bukan di Indonesia Melansir sejumlah sumber, Chairman of Huawei Smart Car Solutions Business Unit, Richard Yu Chengdong mengatakan, Luxeed S

Top 5 Autofun: Alasan Tidak Beli Kijang Innova dan Swift Gen 1

Walau banyak mobil baru hadir ke Indonesia namun selera masyarakat sudah bisa ditebak pada model-model populer. Salah satu model yang selalu laris dari tiap generasi ialah Toyota Kijang. Meskipun jadi idola, tapi ada beberapa hal yang ternyata membuat Kijang Innova tak perlu jadi incaran. Poin inilah yang rupanya menjadi sorotan dari para netizen pembaca Autofun selama sepekan terakhir. Selain kabar soal Kijang Innova, netizen juga menyoroti soal kelemahan Suzuki Swift generasi pertama. Lebih le

Selisih Rp40 Juta, Ini 5 Perbedaan Chery Omoda 5 GT AWD dengan FWD

Hadirnya Chery Omoda 5 (Spesifikasi | Berita) GT di Indonesia baru-baru ini merupakan opsi tepat bagi yang menginginkan sebuah SUV kompak premium dengan performa buas. PT Chery Sales Indonesia (CSI) selaku agen pemegang merek mobil Chery di Indonesia hadirkan Omoda 5 GT dalam dua varian, yakni AWD dan FWD. Bicara mengenai harga, varian FWD dibandrol Rp448,8 juta dan AWD diniagakan Rp488,8 juta OTR Jakarta. Memiliki selisih harga baru mencapai Rp40 juta, usut punya usut antara Chery Omoda 5 GT AW

Mitsubishi Xpander Cross Outdoor Edition Ditambahkan Tenda dan Perlengkapan Camping

Mitsubishi Xpander Cross Outdoor Edition baru saja dirilis oleh pihak Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC). Ini adalah edisi spesial dari Xpander Cross yang hanya dijual oleh MMPC untuk pasar Filipina. Tentunya sebagai edisi khusus, ada banyak komponen tambahan yang diberikan APM Mitsubishi di negara tersebut. @autofun.indonesia Komparasi LSUV 7-seater, kalian tim Mitsubishi atau Suzuki nih? #reviewmobil #reviewmobilbaru #mobilbaru #suzukixl7 #mitsubishi #xpandercross #komparasi ♬ Ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil