Tips Modifikasi Audio Mobil Listrik, Awas Ganggu Kinerja Baterainya

Modifikasi audio mobil listrik saat ini mulai meningkat seiring populasi kendaraan elektrifikasi yang juga terus alami kenaikan.

Apalagi ditambah munculnya kendaraan mulai dari bersistem Hybrid Electric Vehicle (HEV) seperti Toyota Innova Zenix Hybrid, model PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) seperti Mitsubishi Outlander PHEV, sampai mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) macam Wuling Air ev, Hyundai Ioniq 5, dan KIA EV6 di Indonesia.

Dan tak berbeda dengan pemilik mobil mesin bakar internal (ICE), para pengguna mobil-mobil elektrifikasi ini juga mau mempersonalisasikan kendaraannya melalui teknik modifikasi.

Hal tersebut diamini pula Eddie Soesanto, Installer Car Audio dari Cartens Audio Jakarta yang sudah berpengalaman lebih dari 21 tahun di industri audio mobil.

"Tingginya antusiasme masyarakat terhadap EV membawa revolusi baru di industri otomotif Nasional, dan kami sebagai pendukung industri otomotif harus bisa memanfaatkan kebutuhan di sektor modifikasi ini secara maksimal," kata dia melalui keterangan tertulisnya.

Namun Eddi menyarankan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat hendak modifikasi audio mobil listrik, supaya tidak mengganggu sistem kelistrikan pada kendaraan itu.

Baca juga: Modifikasi Audio Wuling Air ev, Tampilan Standar Kualitas Suara Jauh Lebih Baik

Perhatikan Sistem Instalasi

Perhatikan jalur kabel saat pemasangan perangkat tambahan

Eddie yang memiliki workshop di Niaga Duta Mas Fatmawati Rukan Blok D2 No.22-23 Jakarta Selatan itu memberikan beberapa saran jika Anda hendak upgrade audio system mobil elektrifikasi.

Paling utama adalah memperhatikan keamanan instalasi listrik untuk penambahan perangkat audio di mobil tersebut.

Jangan lupa, kabel wajib rapih dan pasang sekring tambahan

Karenanya penting menggunakan power supply tambahan yang dilengkapi super capasitor, serta wajib memakai fuse master dan eksternal di semua jalur kabel audio.

Hal ini dilakukan demi menjaga pasokan listrik diseluruh sistem mobil tetap normal, apalagi beberapa kendaraan elektrifikasi ini masih menggunakan baterai kapasitas kecil.

Modifikasi Audio Mobil Listrik Sistem Kawin Silang

Mobil listrik juga bisa pakai sistem audio 3 way

Jika Anda termasuk yang sangat memperhatikan kualitas sistem tata suara di sebuah kendaraan (audiophile), untuk mendapatkan lantunan irama lagu yang jernih dan berkualitas bisa menggunakan berbagai perangkat aftermarket.

Di Indonesia, sejumlah merek-merek car audio seperti Alpine, FOCAL, Audison, Ground Zero juga terkenal akan kualitas audio yang dihasilkannya.

Dan memadupadankan antara audio mobil bawaan dengan perangkat-perangkat aftermarket tadi bisa menciptakan hasil yang sangat mengagumkan.

Ditambah subwoofer, power, dan capasitor

Eddie sudah menerapkan teknik ini pada satu unit KIA EV6 GT Line, dengan mengkawinkan audio system bawan mobil yang memakai Meridian Sound 12.1, dengan beberapa komponen aftermarket.

"Hasilnya sangat luar biasa dengan kualitas suara premium, tapi tetap menerapkan sistem integrasi seamless OEM looks," jelas dia.

Baca juga: Mengedepankan Kualitas Audio, Pajero Sport Rockford Fosgate Layak Dibeli?

Pastikan Dikerjakan Installer Berpengalaman

Instalasi apik dipadu komponen berkualitas akah menghasilkan suara mengagumkan

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika hendak modifikasi audio mobil listrik adalah tempat dimana Anda akan menyerahkan kendaraan itu untuk dibangun sistem tata suaranya dengan harapan mendapat hasil maksimal.

"Kami sarankan kepada pemilik mobil listrik untuk menyerahkan hal ini kepada audio workshop yang ahli dan profesional," tutur Eddie.

Misalnya Anda bisa datang ke Cartens Audio Jakarta, karena disana mereka menyediakan paket "Sound Redefined", yaitu upgrade sistem audio untuk mobil-mobil hybrid hingga full EV.

Modifikasi KIA EV6 GT Line garapan Cartens Audio Jakarta

Disini setidaknya sudah sukses mengerjakan tiga mobil elektrifikasi seperti Hyundai Ioniq 5, KIA EV6 GT Line, dan Kijang Innova Zenix Hybrid dengan sistem OEM Looks dan mengaplikasikan beberapa perangkat audio aftermarket.

"Urusan kustomisasi merek bawaan mobil seperti Meridian, BOSE, Infinity, Harman Kardon, atau Mark Levinson dengan perangkat audio merek aftermarket bisa kami lakukan tanpa pmengurangi kemampuan baterai yang mengganggu range jarak tempuh mobil," tukas Eddie. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Ioniq 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Bawa Jalan Hyundai Ioniq 5, Proper Pol

Pantas Dikasih Harga Berapa? Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq - Walkaround with Fitra Eri

Berita Terbaru

Edisi Khusus Toyota GR86 Untuk Rayakan 40 Tahun Corolla AE86 Hanya Tersedia 200 Unit Di Jepang

Para penggemar mobil JDM alias Japan Domestic Market sejatinya tak akan pernah lupa dengan Toyota AE86 alias Trueno yang tenar sebagai mobil tunggangan Tukang Tahu di film Initial D. Mobil yang lahir tahun 1983 ini kini telah berusia 40 tahun dan Toyota merayakannya dengan meluncurkan edisi khusus Toyota GR86 sebagai suksesornya di Jepang. Semakin istimewa, karena mobil edisi khusus ini sekaligus merupakan edisi terbatas yang hanya tersedia sebanyak 200 unit, dan untuk mendapatkannya Anda harus

5 Keunggulan Suzuki Swift Gen 1, Hatchback Rp60 Jutaan yang Mulai Naik Daun

Suzuki Swift gen 1 diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2005. Saat itu Swift didatangkan secara utuh dari negara asalnya, Jepang. Kehadiran Swift di Indonesia saat itu secara sontak langsung menarik minat masyarakat Tanah Air. Lantaran hatchback ini memiliki tampilan yang sporty, mesin responsif serta gaya berkendara fun to drive dengan menyasar segmen anak muda bergayakan hidup urban. Jangan dilupakan, Swift juga jadi pesaing Honda Jazz GD3 dan Toyota Yaris bakpao. Setelah dua tahun

Toyota GR Yaris Facelift Meluncur Tahun Depan, Semakin Ganteng dan Bringas!

Setelah dirilis pertama kali pada 2020, Toyota berencana akan meluncurkan Toyota GR Yaris (Spesifikasi | Berita) facelift di Jepang tahun depan. Pada versi penyegaran, GR Yaris 2024 bakal mendapatkan sejumlah pembaruan di bagian eksterior. Dikutip dari salah satu media Jepang, bestcarweb.jp, pada bagian fasad GR Yaris facelift mendapat lampu baru yang diprediksi sudah menggunakan teknologi BI-LED serta DRL LED dengan bentuk lebih dinamis. Selain itu ubahan lain terletak pada bumper yang mana pad

5 Etika Mengemudi Mobil di Jalan Kampung yang Sempit, Anti Nyenggol

Kondisi jalan di kota besar tak selalu harus melewati ruas jalan utama yang lebar. Tak jarang, kita harus berkendara blusukan melewati jalan perkampungan yang agak sempit. Situasi mengemudi mobil di jalan sempit bisa jadi momok menakutkan bagi sebagian pengemudi. Wajar saja, entah karena kemampuan daya pandang yang terbatas atau skill mengemudi yang belum terlalu mahir membuat sebagian orang merasa ngeri saat harus berpapasan di jalan sempit. Padahal, kemampuan mengemudi di jalan sempit ini menj

5 Alasan Tidak Memilih Toyota Kijang Innova Diesel Saat Ini, Pikir Lagi Sebelum Membeli

Toyota Kijang Innova (Spesifikasi | Berita) diesel baik model lawas maupun generasi kedua dengan julukan Reborn hingga kini masih banyak diminati kondisi bekasnya. Selain irit bahan bakar, alasan lain Innova diesel bekas masih banyak diburu diantaranya karena dianggap mudah dari segi perawatan, torsi melimpah, harga jual stabil serta aman mengkonsumsi solar jenis Bisolar. Punya banyak keunggulan, tentu mobil ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut ini alasan Kijang Innova diesel tidak coc

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Ioniq 5
Lihat