Biar Harga Mobil Listriknya Makin Murah, Pabrik Baterai Hyundai di Cikarang Segera Beroperasi

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) cukup serius untuk menggarap ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Setelah menghadirkan dua produknya Hyundai IONIQ 5 (Spesifikasi | Berita) dan IONIQ 6, merek mobil Korea Selatan ini kini sedang mempersiapkan pabrik baterai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang rencananya akan beroperasi 2024 mendatang. 

Menurut Chief Operating Officer PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto, pabrik baterai yang bekerjasama dengan LG Energy Solution menghabiskan total investasi senilai US$ 1,1 miliar. 

Baca juga: Jakarta - Bali Pakai Hyundai IONIQ 6, Berapa Biaya untuk Pengisian Baterainya?

Proses peletakan batu pertama PT Hyundai Energi Indonesia sudah dilakukan pada Mei 2023, dan rencananya akan beroperasi pada April 2024

"Kita mau produce battery local, supaya bisa dipasarkan dan diinstal, di assembly bersamaan dengan kendaraan listrik hyundai di Indonesia," ungkap Soerjo saat ditemui di Jakarta belum lama ini.

Dia juga menyebutkan, dengan adanya pabrik baterai lokal, maka hal tersebut dapat membuat komitmen Hyundai dan pemerintah semakin kuat.

Tak hanya itu, dengan adanya pabrik baterai ini, produk Hyundai yang diproduksi secara lokal tidak hanya menyasar pasar domestik, tapi juga ekspor.

Baca juga: Hyundai IONIQ 5 Kini Dilengkapi Bluelink, Bisa Atur Charging Baterai dari Ponsel

Baterai Hyundai Ioniq 6

"Kita memang sudah komitmen sama pemerintah, bahwa tahun ini kita itu produksi yang namanya mobil listrik 20.000 unit dan tahun depan kita mau naikan menjadi  50.000 unit," jelas Soerjo.

Lebih lanjut dia menyatakan, dengan adanya pabrik baterai secara lokal, hal ini bertujuan untuk menambah lini produk terbaru yang akan diperkenalkan pertengahan tahun 2024 mendatang. 

Baca juga: Gak Bisa Asal Charging, Begini Cara Gampang Merawat Baterai Mobil Listrik Agar Awet Bertahun-tahun

Hyundai dan LC Produksi Baterai NMC

Platform baterai Hyundai Ioniq 6

Seperti diketahui, pabrik baterai baru kerjasama Hyundai dan LC akan menghasilkan Lithium Nickel Manganese Cobalt Oxide (NMC) atau baterai yang materialnya terdiri dari Lithium, Nikel, Mangan dan Kobalt.

"Kenapa kita pakai NMC? Karena nikel dan kobalt di Indonesia sumber utama untuk material baterai kita, dan nikel nomor 1," tutur Soerjo. 

Kata Soerjo, NMC merupakan teknologi yang saat ini sudah dikembangkan Hyundai dan cukup stabil untuk sebuah mobil listrik.

Platform baterai Hyundai Ioniq 5

"Tapi tidak menutup kemungkinan kalau teknologinya terus berkembang. Dan pastinya, baterai seperti yang kita tahu, dahulu handphone (daya) baterainya cuma sebentar, mungkin mesti bawa baterai, gendong cadangan dan sebagainya," terangnya.

Soerjo mencontohkan, teknologi pengecasan fast charging saat ini sudah jauh lebih aman, karena saat pertama kali dibuat sempat muncul masalah, termasuk mudah terbakar dan lain-lain. 

Namun lambat laun, teknologi fast charging kini sudah banyak digunakan dan dibutuhkan untuk kendaraan listrik agar dapat mempercepat pengisian daya.

"Nah itu yang kita hindari di kendaraan, jadi kita paling menomor satukan safety. Jadi kita pakai teknologi yang sudah dipakai," tutupnya.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Ioniq 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Bawa Jalan Hyundai Ioniq 5, Proper Pol

Pantas Dikasih Harga Berapa? Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq - Walkaround with Fitra Eri

Penyebab oli mesin cepat habis bisa karena berbagai faktor yang harus Anda ketahui jika tidak mau komponen mesin tersebut jebol. Selain mengurangi gesekan, oli mesin mobil juga berfungsi membersihkan kerak sekaligus mendinginginkan suhu mesin. Bukan cuma itu, oli mesin berguna untuk menjaga performa mobil supaya tenaga yang dihasilkan tetap optimal. Tak sedikit pengguna mobil khususnya Motuba alias Mobil Tua Bangka mengalami kasus kehabisan oli mesin. Untuk mengetahui gejala apa yang menyebabkan
Toyota Rangga Concept sepertinya sudah tak sabar untuk melantai di pasar otomotif dunia. Setelah sebelumnya hadir di ajang Japan Mobility Show 2023 di Tokyo, Jepang, kini informasi selanjutnya beradar jika Rangga Concept akan pakai nama Toyota Hilux Champ saat nanti diproduksi massal. Bahkan jadwal peluncuran pick up truk ini sudah ditentukan, yaitu 27 November 2023 serta bakal berlangsung di Thailand. Apakah semua informasi mengenai Rangga Concept ini benar, memang belum ada satu pernyataan khu
Anda saat ini wajib paham cara cek tilang elektronik sekaligus mengetahui berapa besar denda tilang elektronik jika memang terbukti melanggar peraturan lalu lintas. Pasalnya sebagian besar wilayah di kota-kota se-Indonesia, terutama Jakarta, sudah dipasang ratusan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Kamera berbentuk seperti CCTV itu akan merekam setiap pelanggaran lalu lintas di jalan raya sehingga tilang yang diberikan bisa lebih tepat sasaran dan efisien. Nah jika tidak mengetahu
BMW Indonesia jadi salah satu brand otomotif yang cukup konsen terhadap ekosistem elektrifikasi di Tanah Air. Bahkan merek mobil asal Jerman tersebut, secara eksklusif memamerkan koleksi mobil listrik di acara Joy is Electric, yang berlangsung di Plaza Senayan, Jakarta, pada 1-5 November 2023. Baca juga: Cara BMW Astra Kenalkan Lini Produknya Lewat Video Dokumenter Menurut Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O’Tania, dengan mengusung tema Joy is Electric, maka hal tersebut sesuai denga
Tepat di 1 November 2022 pihak SAIC-GM-Wuling merilis gambar-gambar resmi Wuling Hongguang Mini EV Macaron terbaru 2024. Hadirnya generasi anyar mobil listrik Wuling paling laris ini diklaim berdasarkan masukan dari jutaan penggunanya, sehingga Wuling bukan hanya merevisi desain eksterior dan interior, namun juga meningkatkan kepraktisan mobil tersebut. Meski tidak dipasarkan di Indonesia, namun Wuling Motors (Wuling) juga sempat memamerkan Mini EV Macaron di beberapa pameran otomotif Tanah Air.

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Ioniq 5
Lihat