window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jakarta - Bali Pakai Hyundai IONIQ 6, Berapa Biaya untuk Pengisian Baterainya?

Herdi · 6 Okt, 2023 18:05

Jakarta - Bali Pakai Hyundai IONIQ 6, Berapa Biaya untuk Pengisian Baterainya? 01

Mobil listrik Hyundai IONIQ 6 telah resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2023.

Nah, setelah resmi meluncur, kali ini Autofun Indonesia berkesempatan untuk menjajal bagaimana rasanya mengendarai mobil listrik yang dibanderol Rp1.197.000.000 itu.

Kebetulan pengujian kali ini adalah undangan langsung dari Hyundai Motors Indonesia (HMID), dimana road trip dengan Hyundai IONIQ 6 mengambil rute adalah Jakarta-Bali.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Hyundai Indonesia Tambah 52 Charging Station Hingga Akhir Tahun, Ngecas Kona Electric Sampai Ioniq 6 Jadi Makin Mudah!

Selama perjalanan road trip menggunakan Hyundai IONIQ 6

Selama perjalanan, kami juga sempat berkunjung untuk melihat proses produksi mobil-mobil Hyundai di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat

Sama saat kami melakukan first drive atau beberapa saat setelah peluncuran di GIIAS 2023 lalu, kesan pertama mobil listrik ini cukup mempesona.

Hal ini bisa terlihat dari desain bergaya sedan nan elegan, yang terlihat pada bagian luar aerodinamis serta  kabin futuristik juga mewah. 

Nggak heran, tampilan memukau dari IONIQ 6 ini menjadikan mobil tersebut menyabet beberapa penghargaan World Car of the Year, World Electric Vehicle, dan World Car Design of the Year yang diumumkan di New York International Auto Show, April 2023 lalu.

Baca juga: Diimpor Dari Korea, Inden Hyundai IONIQ 6 Kini Cukup Cepat

Review Hyundai IONIQ 6

Hyundai IONIQ 6

Menjajal Hyundai IONIQ 6 dan juga IONIQ 5 dari Jakarta menuju Bali

Sebenarnya saat pertama kali berada dibalik lingkar kemudi IONIQ 6, rasanya tidak jauh berbeda ketika mengemudi di GIIAS.

Hanya saja, kali ini rutenya memang cukup jauh, sehingga bisa menjadi simulasi jika Anda ingin mudik lebaran nanti dengan jarak cukup jauh.

Interior

Interior Hyundai IONIQ 5

Interior memiliki tampilan elegan

Karena mobil ini memiliki panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1,495 mm, maka hal ini sangat berpengaruh pada kondisi kabin yang dibuat agak landai.

Kendati begitu, aura kabin juga sangat elegan, dimana warna hitam mendominasi di seluruh kabin, dan konon material pada interior banyak menggunakan bahan ramah lingkungan. 

Seperti halnya benang diekstraksi dari tebu digunakan pada crash pad, kemudian jok dibuat dari kulit yang dibalut minyak alami biji rami.

Interior Hyundai IONIQ 5

IONIQ 6 juga memiliki moonroof

Bahkan dasbor dan door trims dilapisi dengan bio paint yang terbuat dari rapeseed flowers dan ekstrak jagung, tak lupa headliner menggunakan serat yang diekstraksi dari tebu.

Adapun untuk karpet dan alas mobil terbuat dari daur ulang jaring penangkap ikan.

Kenyamanan lain yang di dapat dari mobil ini berkat penggunaan fitur-fitur yang cukup memanjakan pengemudi dan penumpang.

Baca jugaFirst Drive Hyundai IONIQ 6, Sedan Listrik Buat Para Bos yang Doyan Nyetir Sendiri 

Hyundai IONIQ 6

Melintasi jalan tol Trans Jawa dengan pemadangan di sekitar sangat asri

Hanya saja, karena sedan ini memiliki kesan sporty dengan posisi duduk lebih rendah baik di posisi pengemudi maupun penumpang depan, maka Anda yang biasanya duduk manis menggunakan MPV atau SUV, jadi akan merasa kurang biasa, lantaran terkesan minimalis 

Terlebih, pada bagian belakang tidak ada pengaturan jok, sehingga ketika duduk akan jadi lebih tegak, dan perjalanan jarak jauh badan Anda harus sedikit dibuat rileks.

Performa Hyundai IONIQ 6

Bagian jeroan kap mesin Hyundai IONIQ 6

Di balik kap IONIQ 6

Untuk performa IONIQ 6 ini, memang cukup mumpuni, terlebih Anda yang menjadi pengemudi, akan merasa senang, karena mobil ini memang mempunyai nuansa dan rasa sedan sport, sehingga akan memuaskan.

Handling mobil sangat interaktif dengan genggaman kemudi, belum lagi tiap mode berkendara memiliki respons berbeda,  ari mulai sensitivitas pedal akselerator, bobot putaran stir akan semakin berat jika pindah mode; Eco, Normal, dan Sport.

Hal ini jadi tidak heran, jika Hyundai IONIQ 6 bisa berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya sekitar 5 detik, dan kecepatannya bisa tembus 192 km per jam. 

Tampak belakang Hyundai IONIQ 6

Tampak belakang futuristik

Oia, kecepatan sudah tidak bisa naik lagi. Entah dari kemampuan single speed reduction, atau memang ada limiter.

Ketangguhan mobil ini tak lepas dari jeroan mesin yang cukup menarik, yaitu menggunakan baterai Liquid cooled Lithium-ion berkapasitas 77,4 kWh, tipe motor Permanent Magnet Synchronous, yang menghasilkan daya 239 kW dan torsi 605 Nm. 

Oia, karena ini pengujian IONIQ 6 ini bergantian dengan beberapa rekan media, maka Autofun cuma kebagian mengemudi Jakarta-Semarang.

Nah, untuk berapa banyak habis baterainya dan berapa biaya untuk pengisian dayanya lagi, maka Anda bisa melihatnya di akun Tiktok atau Instagram di bawah ini. 

@autofun.indonesia Bawa IONIQ 6 dari Jakarta ke Semarang, Berapa Kali Charging? #mobillistrik #ioniq6 #reviewmobil #mobilbaru #hyundai #ioniq ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Ioniq 6 Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil