Banyak Disalahgunakan, Ini Kode Baru Pengganti Plat Nomor RF

Plat nomor RF sebenarnya dikhususkan untuk kendaraan dinas pejabat negara yang menjabat sebagai eselon 1 hingga 3, dengan prioritas yang digunakan sebagai kode khusus.

Namun tak sedikit masyarakat sipil justru menyalahgunakannya dengan alih-alih supaya terhindar dari razia dan berkendara secara arogan di jalan, terlebih jika plat nomor RF tertempel di mobil jenis SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Penggunaan plat nomor RF pun tidak boleh sembarangan, dimana pejabat terkait harus mendapat surat rekomendasi dari badan yang menaungi lalu dikirimkan ke Samsat untuk mendapatkan surat jalan dan plat nomor tersebut.

Kerap digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, kini plat nomor dengan kode huruf RF di belakang empat angka resmi dihapus dan digantikan menggunakan kode baru.

Baca juga: Pakai Plat RF dan Strobo Bukan Mobil Sakti! Polisi: Kalau Arogan Jangan Kasih Jalan!

Kode Plat Nomor RF Diganti dengan ZZ

Plat nomor RF

Melansir beberapa sumber termasuk Korlantas Polri, bukan cuma plat nomor RF yang kodenya diganti namun juga termasuk IR dan QH.

Plat nomor tersebut selanjutnya digantkan dengan kode ZZ, yang berikutnya disesuaikan oleh masing-masing instansi serta jumlahnya pun dibatasi.

Plat nomor ZZ

Tertulis bahwa instansi kepolisian yang sebelumnya menggunakan kode RFP menjadi ZZP, kemudian pemerintah RFO, RFH, dan RFQ menjadi ZZH, serta untuk TNI yang awalnya RFD, RFL dan RFU berubah menjadi ZZT.

Baca juga: Korlantas Polri Hentikan Penggunaan Plat RF, Terlalu Banyak Masyarakat Sipil yang Paka

Daftar Kode Plat RF yang Pernah Digunakan di Pemerintahan

Mobil dengan plat nomor RFS

Plat nomor RF dengan akhiran yang berbeda mengikuti instansi tempatnya bekerja.

Untuk kepentingan dinas penggunaan plat nomor ini diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 134 dan 135 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Kendaraan berkode RF bisa saja mendapatkan prioritas asal kendaraan tersebut memang sedang dalam pengawalan polisi lalu lintas atau voorijder.

Apabila kendaraan tersebut melaju di jalanan tanpa pengawalan, menurut peraturan maka kendaraan RF tidak berhak mendapatkan prioritas penggunaan jalan.

  1. RFS merupakan kepanjangan dari Reformasi Sekretariat Negara. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan pejabat sipil negara. Lebih spesifik, kode RFS khusus diperuntukkan bagi kendaraan pejabat negara eselon I (setingkat Direktur Jenderal di kementerian).
  2. RFO, RFH, dan RFQ dikhususkan untuk kendaraan pejabat negara eselon II (setingkat Direktur di kementerian). Kode RFH sendiri merupakan kepanjangan dari Reformasi Hukum (kendaraan petinggi departemen pertahanan dan keamanan).
  3. RFP merupakan kepanjangan dari Reformasi Polisi. Kode ini dikhususkan untuk pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI).
  4. RFD merupakan kepanjangan dari Reformasi Darat. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan milik pejabat TNI Angkatan Darat (AD).
  5. RFL merupakan kepanjangan dari Reformasi Laut. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan milik pejabat TNI Angkatan Laut (AL).
  6. RFU merupakan kepanjangan dari Reformasi Udara. Kode ini dikhususkan untuk kendaraan milik pejabat TNI Angkatan Udara (AU). 

Baca juga: Bukan Cuma RFS, RFP, dan RFD, Ini Dia Plat Nomor Khusus yang Juga Ditakuti

Sebagai informasi, plat RFS juga digunakan oleh Presiden RI dan Ibu Negara saat sedang tidak bertugas.

Sudah tidak lagi digunakan sebagai kendaraan dengan kode rahasia, plat RF untuk masa aktif dinas hanya selama setahun saja, dan diawali dengan angka 1 atau 2 serta 4 digit.

Jika terdapat plat RF yang awalannya bukan angka 1 atau 2 dan hanya memiliki 3 atau 2 digit serta masa aktif plat nya 5 tahun, bisa dipastikan plat nomor tersebut merupakan plat identitas kendaraan pribadi atau warga biasa yang dipesan secara khusus.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Gran Max MB

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita mengenai temuan kasus skandal kecurangan Daihatsu karena melakukan manipulasi data hasil uji tabrak di Jepang ternyata benar-benar memicu perhatian maysarakat Indonesia. Penyebabnya, kasus ini menyeret sejumlah model Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia, seperti Ayla, Gran Max, hingga Rocky. Bahkan skandal Daihatsu tersebut juga menemukan bukti kalau data yang tidak valid ini ditemukan pada beberapa mobil Daihatsu yang diproduksi dengan merek Toyota seperti Avanza serta Rush. Nah selain
Dikenal sebagai brand mobil premium, Lexus Indonesia menyatakan perusahaannya akan bertransisi menjadi luxury lifestyle brand, yaitu hanya menghadirkan mobil listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) di tahun 2035. Hal ini disampaikan General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma, dimana dirinya menyebutkan Lexus akan melanjutkan realisasi visi Lexus Electrified, melalui kendaraan elektrifikasi terlengkap untuk masyarakat Indonesia. "Target ini direalisasikan secara bertahap m
Harga bekas Toyota Land Cruiser Prado LC150 lansiran 2009-2010 kini setara dengan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4x2 produksi tahun 2022. Untuk diketahui pasaran harga bekas keduanya kini ditawarkan mulai dari Rp530 jutaan. Sebagai SUV premium, Land Cruiser Prado LC150 ditempatkan di bawah Toyota Land Cruiser dan di atas Toyota Fortuner. Pasaran harga bekas mulai dari Rp530 jutaan, pilih Land Cruiser Prado LC150 2009-2010 atau Fortuner 2.8 GR Sport 4x2 2022? Supaya tidak penasaran, simak perbandin
Peraturan Ganjil Genap atau Gage di sejumlah jalanan di wilayah Jakarta ditiadakan pada hari Senin-Selasa (25-26 Desember 2023) atau bertepatan dengan Perayaan Natal 2023 dan cuti bersama. Kebijakan untuk meniadakan ganjil genap Jakarta juga diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap. Hal ini sesuai dengan pasal 3 ayat 3 Pergub No 88/2019, yang berbunyi: Baca
Membandingkan konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid vs Hyundai Stargazer X memang sangat menarik, lantaran kedua mobil ini menyasar segmen yang serupa yaitu Low SUV 7 penumpang. Ya, segmen LSUV 7 seater ini sebelumnya hanya diisi empat pemain utama yaitu Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross. Namun per Agustus 2023, tepatnya saat dihelat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Hyundai mengumumkan masuk ke kelas yang serupa dengan Stargazer X.

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil