Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Heboh Skandal Daihatsu Sampai Beda Kijang Super dan Grand

Berita mengenai temuan kasus skandal kecurangan Daihatsu karena melakukan manipulasi data hasil uji tabrak di Jepang ternyata benar-benar memicu perhatian maysarakat Indonesia.

Penyebabnya, kasus ini menyeret sejumlah model Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia, seperti Ayla, Gran Max, hingga Rocky.

Bahkan skandal Daihatsu tersebut juga menemukan bukti kalau data yang tidak valid ini ditemukan pada beberapa mobil Daihatsu yang diproduksi dengan merek Toyota seperti Avanza serta Rush.

Nah selain skandal Daihatsu tadi, ada juga beberapa artikel lain yang paling banyak dicari di Autofun dan menjadi Top 5 selama sepekan.

Termasuk soal berpandingan varian Nissan X-Trail T30 hingga bedanya Toyota Kijang Super dan Grand yang kerap banyak terkecoh.

Biar lebih jelasnya, berikut Top 5 artikel Autofun selama sepekan ke belakang.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Pilihan Mobil Baru Rp 150 Jutaan dan Tarif Tol Menjelang Liburan

1. Berkendara Saat Hujan Deras Sebaiknya Perhatikan 7 Hal Ini

Waspadai aquaplanning

Berkendara saat hujan deras adalah kondisi yang mungkin saja akan ditemui bagi Anda yang melakukan perjalanan darat jarak jauh. 

Berkendara jarak jauh di musim hujan, memerlukan persiapan khusus karena kondisi jalan menjadi licin, timbul genangan air, dan membuat jarak pandang pengendara terbatas.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan jika harus berkendara saat hujan deras?

Yang pertama diantaranya sebelum memulai perjalanan, pastikan kondisi mobil beserta komponen-komponen pendukungnya berfungsi optimal dan tidak ada kerusakan.

Termasuk juga perangkat pendukung lain yang terlihat sepele padahal penting, satu diantaranya wiper mobil.

Bertugas menyapu guyuran air hujan ke arah kaca mobil, maka harus dipastikan karet wiper kondisinya masih baik, tidak getas apalagi robek.

2. 64 Mobil Daihatsu Terbukti Lakukan Kecurangan Saat Uji Keselamatan, Termasuk Avanza

Toyota Avanza juga diproduksi oleh Daihatsu

Daihatsu Motor Co., Ltd secara resmi mengumumkan untuk menghentikan sementara distribusi model baik di Jepang maupun di negara lain.

Hal ini karena adanya temuan investigasi Komite Independen Pihak Ketiga yang menemukan adanya penyimpangan prosedur saat proses pengujian.

Investigasi tersebut menemukan ada 174 kasus baru pada 64 model di 25 item pengujian berbeda, termasuk model Daihatsu yang dipasarkan oleh Toyota Motor Corporation (Toyota), Mazda Motor Corporation (Mazda), dan Subaru Corporation.

"Kami sangat meminta maaf kepada pelanggan kami dan pemangku kepentingan lainnya karena telah menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran serta mengkhianati kepercayaan mereka," tulis pernyataan resmi Daihatsu Rabu (20/12/2023).

Hasil temuan penyidik Komite Independen Pihak Ketiga itu melihat adanya beberapa kejanggalan saat proses pengujian mobil-mobil Daihatsu.

Setelah ditelusuri berdasarkan data forensik digital, kuesioner, wawancara dengan karyawan, dan cara lainnya, maka terdeteksi ada modifikasi trim pintu yang tidak tepat pada saat uji tabrakan samping.

3. Langka di Pasaran, Ternyata Ini Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Pertama kali Suzuki Ertiga bermesin mild hybrid masuk Indonesia

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pernah menjadi salah satu varian tipe dari Ertiga yang dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia.

Salah satu mobil keluarga terlaris di Indonesia Suzuki memang cukup banyak menghadirkan varian Ertiga.

Salah satunya yang pernah dihadirkan adalah Ertiga dengan dapur pacu diesel. Kerennya, Ertiga diesel ini juga mengusung sistem mild hybrid. 

Mobil yang masuk kategori low multi purpose vehicle (LMPV) ini pertama kali diluncurkan ke pasaran pada Februari 2017 dan saat itu PT SIS mendatangkannya langsung dari India.

Di Negeri Bollywood itu, varian bermesin diesel dari Ertiga menggunakan kode huruf tengah 'D' yang tersedia dalam tipe VDi, ZDi, dan ZDi+, sedangkan yang dikirim ke Tanah Air hanya tipe ZDi.

4. Tenaga Besar Tapi Lebih Irit BBM, Nissan X-Trail T30 Varian 2.5L Lebih Diminati dari 2.0L?

Nissan X-Trail T30

Nissan X-Trail T30 merupakan generasi pertama X-Trail yang dipasarkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) di Tanah Air.

Debut mobil ini terjadi di  September 2000 di ajang Paris Motor Show yang kemudian mulai dijual di Jepang pada November 2000, serta selanjutnya masuk ke Indonesia tahun 2001.

Di dalam negeri, SUV asal Jepang ini hadir dengan dua pilihan jantung pacu, yakni mesin bensin berkapasitas 2.5L dan 2.0L.

Saat itu X-trail harus bersaing dengan beberapa kompetitornya sesama Jepang yaitu Suzuki Grand Vitara, Ford Escape, Mazda Tribute, Hyundai Tucson, dan Honda CR-V.

Mesin 2.0L hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan, sedangkan mesin 2.5L hanya tersedia dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

Baik Nissan X-Trail T30 varian 2.5L maupun 2.0L yang ditawarkan, diketahui memiliki tingkat durabilitas dan performa yang cukup baik.

Meski demikian, satu dari dua varian mesin yang dijajakan tersebut hanya satu yang cenderung paling sering dilirik.

5. Perbedaan Toyota Kijang Super dan Kijang Grand Extra, Mobil Keluarga Favorit Era 90-an

Kijang Super dan Grand Extra sama-sama Toyota Kijang generasi ketiga

Toyota Kijang Super dan Kijang Grand Extra sering dianggap serupa oleh banyak orang, padahal keduanya punya perbedaan signifikan.

Wajar saja mengingat pada era 1980-an sampai 1990-an menjadi generasi keemasan Toyota Kijang di segmen mobil penumpang.

Toyota Indonesia menjadikan Kijang tak lagi sebagai mobil niaga tapi juga nyaman sebagai mobil keluarga.

Dan Toyota Kijang generasi ketiga ini, hadir dua varian yaitu Toyota Kijang Super dan Kijang Grand Extra.

Secara spesifik, Kijang Super dan Grand Extra merupakan mobil keluaran Toyota pada tahun 1986 sampai 1996.

Sebagai generasi penerus, Kijang ini hadir lebih modern daripada Kijang kotak, karena mendapat fitur power steering serta full pressed body yang merupakan teknologi baru pada masa tersebut.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Ayla

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

New Astra Daihatsu Ayla, Tampil Lebih Keren Dengan Desain Sporty dan Lebih Bergaya

Pabrikan otomotif terbesar di China, BYD sudah sempat mengungkapkan rencananya untuk masuk ke pasar mobil penumpang Tanah Air awal bulan Desember lalu, namun kini mereka semakin menegaskan bahwa ke depannya mereka juga akan langsung memproduksi mobil listrik BYD sendiri di Indonesia, tanpa bermitra dengan siapapun. Hal ini ditegaskan langsung oleh Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pacific Auto Sales Division, saat bertemu dengan Autofun Indonesia dan media dari Indonesia lainnya di kantor p
Memilih mobil yang tepat untuk wanita pemula terkadang bukan hal yang mudah karena harus mempertimbangkan banyak hal. Ya para kaum perempuan ini ada juga sebagian yang baru pemula menggunakan mobil, sehingga kurang memahami dunia seputar otomotif termasuk bagaimana perawatan pada kendaraan pribadi. Disatu sisi, dalam beberapa tahun belakangan, persentase pengemudi pria dan wanita di Indonesia maupun global cenderung seimbang. Kini semakin banyak wanita yang menggunakan mobil pribadi dalam aktivi
Toyota pastikan konsumen yang ingin melakukan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 menggunakan kendaraan elektrifikasi (xEV) tetap bisa melakukan perjalanan dengan tenang, aman dan nyaman. Pasalnya, Toyota menghadirkan program Layanan Siaga Toyota di 302 titik pelayanan servis, termasuk lima posko siaga dan 297 Bengkel siaga yang beroperasi normal sepanjang Nataru 2023. Tidak hanya itu, di periode kali ini Toyota memastikan xEV pelanggan akan memperoleh layanan yang sama di Toyota Posko Si
Wuling Air ev kembali menorehkan prestasi di Indonesia setelah mendapat predikat FORWOT Car of The Year 2023 untuk kategori battery electric vehicle (BEV). Selain Air ev, dua produk lainnya Wuling Motors (Wuling) juga mendapatkan apresiasi untuk kategori yang berbeda dari Forun Wartawan Otomotif Indonesia tersebut. Yaitu Wuling New Almaz RS Pro Hybrid sebagai favorit di kelas hybrid serta Wuling Alvez juga favorit dalam kategori internal combustion engine (ICE). "Dengan kehadiran 3 lini produk W
Mitsubishi L300 Euro 4 diluncurkan di Indonesia pada Juni 2022. Saat pertama kali diluncurkan, mobil niaga ini menuai banyak polemik lantaran disebut-sebut kurang cocok menggunakan solar dengan kualitas rendah, dan tak sebandel model sebelumnya yang menggunakan diesel legendaris 4D56. Kehadiran generasi terbaru Elsapek sendiri guna memenuhi kebijakan pemerintah akan regulasi standar emisi Euro 4 untuk kendaraan baru bermesin diesel yang diberlakukan sejak April 2022. Bila dibandingkan dengan L30

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ayla vs Brio
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ayla vs Agya
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Ayla vs March
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    Ayla vs Ignis
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Hyundai Grand i10
    Rp 184,00 Juta
    Ayla vs Grand i10
Daihatsu Ayla
Lihat