Kena Imbas Skandal Daihatsu, Ekspor Toyota Indonesia Ditangguhkan Sementara

Imbas dari kabar tak sedap yang disampaikan bos Daihatsu Motor Co. Ltd, mengenai tidak sesuainya standar produk yang digarap, PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akhirnya ikut mengeluarkan pernyataan penting. 

Ya, Toyota Indonsia mengaku telah melakukan penangguhan sementara pengiriman beberapa model Toyota di Indonesia, khususnya untuk produk-produk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu.

Dalam keterangan di situs resmi Toyota Indonesia, penangguhan ini merupakan tindak lanjut penemuan beberapa prosedur yang tidak sesuai standar oleh Daihatsu Motor Co. Ltd.

Baca juga: Daihatsu Klaim Tidak Memiliki Masalah Kualitas dan Keselamatan di Indonesia

Toyota Calya dan Avanza

Dimana komite independen dibentuk untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh berbagai prosedur dalam perusahaan, yang mencakup total 64 model kendaraan yang saat ini sedang dikembangkan sebagai brand Daihatsu maupun untuk dipasarkan sebagai brand Toyota.

"Kami ingin mengonfirmasi bahwa saat ini, pelanggan yang menggunakan produk Toyota termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu tidak perlu khawatir atau melakukan tindakan apa pun, dan dapat terus menggunakan kendaraan seperti biasa," tulis Toyota. 

Kendati demikian, Toyota mengatakan, seluruh mobil yang dibuat atau dikembangkan bersama dengan Daihatsu, serta dijual di Indonesia telah memenuhi aturan dan proses homologasi yang berlaku.

Baca juga: 64 Mobil Daihatsu Terbukti Lakukan Kecurangan Saat Uji Keselamatan, Termasuk Avanza

Proses Pengiriman Toyota di Indonesia Masih Normal

Tiga produk andalan Toyota yaitu Rush, Avanza dan Veloz

Kasus yang menimpa Daihatsu dan Toyota tentu saja sangat mencengangkan, mengingat kedua brand ini memiliki pangsa pasar tertinggi di industri otomotif nasional.

Maka dari itu, sebagai bagian dari penangguhan pengiriman sementara, Toyota telah berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia untuk menjelaskan fakta-fakta terkait kasus tersebut. 

"Setelah berkonsultasi mengenai tindakan selanjutnya, diputuskan bahwa proses pengiriman kendaraan termasuk model-model yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu oleh Toyota Indonesia sudah kembali normal dimulai pada 22 Desember 2023 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia," tulis Toyota.

Baca juga: Waduh, Daihatsu Manipulasi Hasil Uji Tabrak Toyota Agya 2023 Hingga All New Vios!

Untuk beberapa mobil Toyota yang diekspor akan mengalami penangguhan sementara 

Hanya saja, untuk pengiriman unit yang kembali normal adalah untuk pasar domestik, sedangkan ke pasar ekspor, Toyota sendiri belum melakukannya. 

Pemerintah Indonesia juga berharap ekspor yang terdampak dapat dilakukan kembali sesegera mungkin setelah ada konfirmasi dari otoritas terkait di negara tujuan ekspor.

"Sekali lagi, Toyota Indonesia dengan tulus, ingin meminta maaf kepada seluruh pelanggan dan pemangku kepentingan di Indonesia terkait ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang ditimbulkan oleh aktivitas ini.Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pelanggan kami," tutupnya.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Xenia

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

All-new Daihatsu Xenia 2022, Ini Pilihan LMPV Paling Masuk Akal First Drive

Daihatsu Xenia Baru Jadi Canggih, Paling Mahal Gak Sampai Rp 250 juta

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku perusahaan yang memproduksi sederet mobil untuk Daihatsu dan Toyota mengklaim produknya sudah memenuhi regulasi yang berlaku. Ya, PT ADM memastikan bahwa sejumlah produknya tidak ikut terlibat dengan skandal regulasi penyimpangan prosedur saat proses pengujian seperti yang diumumkan bos Daihatsu Motor Co Ltd (DMC) dan Toyota Motor Corporation (TMC), Rabu (20/12/2023) waktu Jepang. Hal ini pula yang membuat Corporate Planning and Communication Director PT ADM
Toyota Kijang Innova Venturer merupakan varian tertinggi dari Kijang Innova generasi kedua yang mulai diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Januari 2017. Venturer hadir menggantikan Innova Reborn tipe Q yang lebih dulu hadir di tahun 2015 serta membawa beberapa perbedaan dibanding pendahulunya. Untuk Venturer, Toyota memberikan tambahan bodykit di bagian eksterior seperti front bumper spoiler dengan aksen krom, side rocker moulding juga dengan aksen chrome, dan rear bumper spoiler
Toyota Kijang Innova Zenix tercatat resmi diluncurkan di Indonesia pada 21 November 2022, inilah generasi ketiga dari Toyota Innova, sekaligus jadi Toyota Kijang generasi ketujuh. Innova Zenix dibangun menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) tepatnya TNGA-C berkonstruksi unibody dan berpenggerak roda depan. Ini berbeda dibanding Innova generasi kedua yang menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) seperti yang dipakai pada Toyota Hilux dan Fortun
Tarif Tol Jakarta - Bandung perlu Anda ketahui jika ingin melakukan liburan Natal dan Tahun Baru 2024 di kota Kembang, Ciamis, Garut, Tasikmalaya, dan sekitarnya. Terlebih libur Natal dan Tahun Baru 2024 kali ini dibarengi dengan liburan semester anak sekolah yang tentunya sangat tepat mengajak anggota keluarga. Belum lagi, enaknya liburan ke Bandung, tak lepas dari akses jalan tol Jakarta - Bandung yang cukup mudah dan jadi lebih cepat. Baca juga: Segini Tarif Tol Jakarta - Surabaya Terbaru, Aw
Berkendara saat hujan deras adalah kondisi yang mungkin saja akan ditemui bagi Anda yang melakukan perjalanan darat jarak jauh. Berkendara jarak jauh di musim hujan, memerlukan persiapan khusus karena kondisi jalan menjadi licin, timbul genangan air, dan membuat jarak pandang pengendara terbatas. Lalu apa saja yang harus diperhatikan jika harus berkendara saat hujan deras? Berikut tips yang dibagikan oleh Michelin. Baca juga: Persiapan Musim Hujan, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik 1. Cek W

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Xenia
Lihat