Ini Modal Mobil Listrik BYD untuk Bersaing di Indonesia

Build Your Dreams atau BYD yang merupakan merek mobil listrik asal China yang siap memasuki pasar otomotif Indonesia untuk bersaing dengan pabrikan lain mulai tahun 2024. 

Tekad kuat dan berbagai persiapan yang telah dilakukan BYD untuk bertempur dengan berbagai brand otomotif yang telah masuk Indonesia lebih dulu terutama produsen Jepang, memang bukan isapan jempol semata. 

Apalagi BYD kini disebut sebagai produsen kendaraan elektrifikasi terbesar di dunia, yang tersebar di 70 negara dan 400 kota di enam benua.

Baca juga: Melihat Langsung Efisiensi Pabrik Mobil Listrik BYD di China, Produksi Hingga 6 juta Unit Mobil Elektrifikasi di Dunia

BYD Han 

Tak hanya itu, saat AutoFun Indonesia berkunjung ke kantor pusat mereka di Shenzhen, Guangdong, China, BYD memamerkan sejumlah teknologi canggih yang siap mendukung mobilitas masyarakat. 

Menurut Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, BYD telah melakukan pengembangan mulai dari mobil, baterai, serta  kendaraan elektrik atau New Energy Vehicle (NEV), dan teknologi energi baru lainnya.

"Produk-produk NEV dari BYD adalah solusi mobilitas listrik yang berkelanjutan dan cerdas," ungkap Eagle dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: Tunggu Regulasi yang Jelas, Mobil Listrik BYD Akan Diproduksi Sendiri di Indonesia Tanpa Pakai Nikel!

Modal BYD di Indonesia 

Taksi Blue Bird sudah menggunakan mobil listrik Blue Bird

Jika Anda masih terasa asing dengan BYD, namun begitu kemungkinan Anda pernah melihat langsung unitnya di jalanan. 

Ya, BYD sejatinya sudah menjadi armada taksi, khususnya milik perusahaan Bluebird dan juga bus TransJakarta untuk divisi mobil listrik. 

Namun yang perlu Anda ketahui, untuk menjadi mobil taksi sejatinya tidak mudah, demikian juga dengan bus TransJakarta. 

Hal ini karena untuk menjadi transportasi massal harus memiliki durability dan beberapa keunggulan lainnya. 

Punya Teknologi Baterai Terkini

Battery BYD  Lithium-ion berdensitas energi tinggi. 

Untuk bersaing kendaraan pribadi, BYD ternyata punya modal cukup besar untuk hadir di Indonesia, salah satunya melalui berbagai teknologi mutakhir yang dikembang, yaitu baterai Lithium-ion berdensitas energi tinggi. 

"Baterai Lithium-ion berdensitas energi tinggi yang menawarkan jangkauan yang lebih jauh dengan biaya yang lebih rendah, platform Blade Battery yang aman dan tahan lama, serta sistem manajemen termal AI cerdas yang memastikan optimalisasi pada kinerja dan efisiensinya," ujar Eagle Zhao.

Baterai Blade yang inovatif menawarkan tingkat pengisian daya yang cepat, jangkauan yang lebih jauh, dan, yang terpenting, tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan baterai lithium-ion konvensional.

Baca juga: Mobil Listrik BYD Akan Meluncur Awal 2024, Siapkan Ekosistem Teknologi Elektrifikasi Terlengkap

E-Platform untuk Mobil Listrik

e Platform yang dikembangkan mobil listrik BYD

Selain baterai, BYD juga punya modal yang bisa jadi keunggulannya, yaitu platform elektronik atau e-platform inovatifnya yang diklaim cerdas, efisien, aman, dan stylish. 

Platform elektronik ini dibangun dari gabungan berbagai teknologi canggih, seperti baterai lithium-ion, motor listrik, dan sistem kontrol elektronik, untuk memberikan kinerja yang optimal dan pengalaman berkendara yang menyenangkan. 

E-platform dari BYD juga disebut memberikan cara pandang baru dalam pengembangan kendaraan elektrik. Termasuk banyak aspek positif yang dikombinasikan pada e-platform ini. 

Integrasi ketahanan, keselamatan, teknologi, dan kecerdasan membuat kinerja e-platform NEV BYD menjadi efisien. 

Pada e-platform buatannya, BYD menempatkan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya dalam satu unit, sehingga terjadi penghematan ruang body mobil. 

Display Rangka YangWang

Unit ini dapat mengurangi berat, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan ruang untuk kabin yang lebih luas.

Sebagai sebuah sistem, e-platform juga dapat mengelola suhu baterai agar tetap terkontrol dalam cuaca ekstrim sekalipun, dapat memperpanjang jangkauan berkendara dan meningkatkan kenyamanan, serta dapat meningkatkan integrasi yang mendalam antara sistem penggerak, pengereman dan kemudi yang membuat berkendara menjadi lebih responsif.

E-platform ini terbuka untuk produsen kendaraan elektrik lainnya, sehingga memungkinkan teknologi BYD dapat dirasakan oleh lebih banyak orang.

Sumber Tenaga dari Energi Terbarukan

Tenaga Surya milik BYD

Selain NEV, BYD juga mempunyai solusi dari pembangkit listrik tenaga surya dari hulu ke hilir. 

Dari bagian Generation Side, Grid Side, hingga User Side, sehingga BYD menyediakan seluruh jawaban dari energi terbarukan dari beberapa sumber daya.

Teknologi BYD juga tidak terbatas pada kendaraan saja. Dalam usaha membangun ekosistem NEV yang lengkap, BYD juga mengembangkan infrastruktur pengisian daya dan solusi manajemen energi pintar. 

Hal ini tentunya mendukung percepatan adopsi NEV secara komprehensif.

Dengan berbagai modal keunggulan tadi, sanggupkah mobil listrik BYD bersaing di Indonesia?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Rocky

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Memberlakukan jalur Contra Flow di jalan tol jadi salah satu strategi yang dilakukan pemerintah untuk memberi kelancaran dan ketertiban lalu lintas di masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Hal ini pula yang membuat pihak kepolisian melakukan buka-tutup satu lajur berlawanan arah sesuai jadwal dan kondisi lapangan untuk mengurai kepadatan jalan. Di lapangan, kepolisian melakukan dua tahap penerapan sistem Contra Flow, yaitu: Baca juga: Ingat, Ini Jadwal One Way, Contra Flow dan Ganj
Plat nomor RF sebenarnya dikhususkan untuk kendaraan dinas pejabat negara yang menjabat sebagai eselon 1 hingga 3, dengan prioritas yang digunakan sebagai kode khusus. Namun tak sedikit masyarakat sipil justru menyalahgunakannya dengan alih-alih supaya terhindar dari razia dan berkendara secara arogan di jalan, terlebih jika plat nomor RF tertempel di mobil jenis SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Penggunaan plat nomor RF pun tidak boleh sembarangan, dimana pejabat terkait
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali menghadirkan layanan Posko Siaga 24 Jam Mitsubishi yang berlangsung sejak 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Menurut Director of After Sales Division PT MMKSI Eiichiro Hamazaki, Posko Siaga 24 Jam Mitsubishi sengaja dihadirkan sebagai pelayanan terbaik bagi konsumen yang berlibur dengan memanfaatkan momentum liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Baca juga: Pemilik Mitsubishi L300 Euro 4 Wajib Lakukan Cara Ini S
Masih ingat dengan mobil listrik Kurnia Motors? Ada dua tipe yang saat ini dipasarkan oleh Kurnia Motors, yaitu K-Kooper dan KX Upgrade Meskipun kerap menimbulkan kontroversi, namun kini pihak Kurnia Motors memberikan kejutan isitimewa di penghujung tahun 2023. Bagaimana tidak, setiap pembelian mobil listrik Kurnia Motors tipe KX-Upgrade Hyper, maka bisa dapat hadiah langsung satu unit Suzuki Grand Vitara 2023! Baca juga: Mobil Listrik Murah dari Kurnia Motors Ternyata Banyak Peminatnya Ya, peng
Perusahaan teknologi terkemuka di dunia asal China, Build Your Dream atau lebih dikenal sebagai BYD mengklaim dirinya sebagai perusahaan yang mengedepankan energi baru dalam berbagai inovasi teknologi yang dihasilkannya, terutama mobil listrik. Autofun Indonesia bersama beberapa media lain dari Indonesia, belum lama ini diajak untuk melihat langsung pabrik mobil listrik BYD yang juga diklaim sangat efisien. Tepatnya di Changzhou, China, pabrik perakitan mobil listrik BYD yang kami kunjungi bukan

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil