Tesla Cybertruck Dilarang Dijual di Tiongkok, Takut Ganggu Penjualan Mobil Listrik Lokal?

Truk listrik Tesla Cybertruck saat ini sedang melakukan aktifitas tour show di China dengan menjajaki kota Beijing yang berlangsung sejak 28 Januari 2024.

Kehadiran Cybertruck di Negeri Tirai Bambu sanggup memikat banyak orang yang ingin melihat secara langsung kendaraan listrik yang memiliki desain tidak seperti mobil pada umumnya tersebut.

Meskipun mendapat sambutan positif dari warga Tiongkok, dikutip dari media lokal Carnewschina.com bahwa terdapat perubahan yang menurut laporan industri, Cybertruck tidak dapat dijual di Tiongkok karena alasan teknis tertentu yang sulit diatasi.

Selain itu juga Tesla belum mengumumkan rencana apa yang akan digunakan untuk mengatasi hambatan teknis serta rencana khusus supaya Cybertruck dapat dijual di sana.

Tesla Cybertruck hadir di Beijing

Seperti yang diinformasikan kehadiran Cybertruck di Tiongkok berpotensi mengganggu pasar.

Tidak dijadwalkan untuk dijual secara resmi, membuat para penggemar Tesla Cybertruck di Tiongkok kecewa karena tak sedikit warga China ingin memilikinya.

CEO Tesla Elon Musk sendiri pernah menyatakan di X (sebelumnya Twitter) dengan pernyataan bahwa menjual mobil listrik di China akan menjadi tantangan.

Baca juga: Lebih Nyata Dari Tesla Cybertruck, Ford Rilis F-150 Lightning 2022 Bertenaga Listrik

Pembatasan Truk Pick Up di Wilayah Perkotaan Membuat Tesla Cybertruck Sulit Merambah Pasar Tiongkok

Kehadiran Cybertruck di China mendapat sambutan positif

Alasan di balik langkah strategis ini menjadi lebih jelas ketika mempertimbangkan standar teknis Tiongkok yang ketat.

Di Tiongkok, truk pick up termasuk dalam kategori "truk multiguna" yang mendapatkan berbagai pembatasan terutama di wilayah perkotaan.

Kota-kota seperti Beijing telah menerapkan pembatasan ketat pada truk pick up, termasuk pembatasan akses ke zona tertentu dan jangka waktu penggunaan tertentu.

Situasi tersebut menimbulkan pertanyaan di kalangan netizen Tiongkok terkait keputusan Tesla yang memamerkan Cybertruck tanpa niat menjualnya.

Jawabannya terletak pada tantangan regulasi yang terkait dengan pendefinisian Cybertruck sebagai truk pick up, sesuai dengan peraturan penggunaan kendaraan saat ini khususnya di kota-kota besar.

Namun tak sedikit para ahli industri di China berkata bahwa hadirnya Tesla Cybertruck bisa saja masuk dalam kategori kendaraan off-road sehingga dapat terhindar dari peraturan truk pick up yang ketat.

Oh iya, kegiatan tour show Cybertruck di Tiongkok lebih bertujuan untuk mengembangkan kekuatan teknologi dan brand image dibandingkan penjualan langsung.

Langkah yang dilakukan perusahaan ini kemungkinan besar disebabkan oleh upayanya dalam mendukung model kendaraan yang ada di pasar Tiongkok.

Baca juga: Masa Depan Pick Up Toyota Hilux EV 2024, Bakal Jadi Rival Berat Tesla Cybertruck

Kondisi Baterai Terisi Penuh Cyrbertruck Sanggup Menempuh Jarak Hingga 800 Kilometer

Pick up listrik Cybertruck

Cybertruck hadir dalam tiga pilihan, single motor, dual motor dan tri motor.

Belum banyak spesifikasi yang terungkap, namun untuk jarak tempuh yang ditawarkan mulai dari 402 kilometer, 482 kilometer dan 800 kilometer.

Pada varian teratas, catatan waktu yang diperolehnya 0-100 km/jam hanya memerlukan 2,9 detik dengan top speed mencapai 210 km/jam.

Cyberster hadir dalam pilihan penggerak AWD yang memungkinan penggunanya saat ingin melakukan olahraga off-road atau sedang berakitifitas yang diharuskan melewati kontur jalan ekstrim.

Baca juga: Tesla Cybertruck Sudah Bisa Dipesan, Cukup Serahkan Uang Tanda Jadi Sebesar Rp100 Juta

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Tesla Model X

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

2021 Tesla Model X First Look: Interior and Media gets a fancy upgrade

Ciri injeksi mobil rusak belum banyak diketahui para pemilik kendaraan. Semua mobil Internal Combustion Engine (ICE) kini sudah menggunakan sistem injeksi guna menyemprotkan bahan bakar di ruang bakar yang diatur dengan komputer. Mobil dengan sistem kombusi injeksi sendiri lebih mudah dari segi perawatan ketimbang mobil yang masih menggunakan kaburator. Seperti yang diketahui pemilik tidak perlu melakukan penyetingan udara serta bahan bakar secara manual untuk masuk ke dalam mesin. Selain itu pu
Kelebihan BYD Atto 3 bukan cuma dari sisi keunggulan baterai dan performa motor listriknya, tapi juga mobil ini penuh dengan hal-hal unik. Ya, BYD Atto 3 masuk ke segmen mobil listrik berbasis baterai (BEV) untuk model SUV yang pemainnya di Indonesia ternyata cukup ramai. Misalnya Atto 3 harus berhadapan langsung dengan rekan senegaranya Chery Omoda E5, lantas ada juga MG ZS EV (Spesifikasi | Berita) yang berdarah Inggris meskipun sudah satu grup dengan SAIC. Tentunya masuk ke segmen yang cukup
Skandal Toyota kembali berlanjut, kali ini Toyota Industrie Toyota Industries Corporation (TICO) melaporkan kepada Toyota Motor Corporation terkait ada penyimpangan uji emisi pada mobil bermesin diesel milik mereka. Dalam investigasi yang dilakukan, tim investigasi menemukan, terdapat tiga jenis mesin diesel dan beberapa model mobil yang dipasarkan secara global terindikasi dari dampak tersebut. "Selama pengujian sertifikasi, kinerja output tenaga kuda mesin diukur menggunakan ECU dengan softwar
Tak sedikit orang mencari informasi dimana letak lokasi diler dan bengkel resmi mobil Citroen di Indonesia. Diketahui sebelumnya pabrikan mobil jenama asal Perancis ini hengkang dari industri otomotif Tanah Air di 1994, dan kembali ke Indonesia pada Desember 2022. Dinahkodai PT Indomobil National Distributor (IND), untuk memudahkan pelanggan melakukan pembelian mobil dan perawatan kendaraan, sampai dengan Januari 2024 Citroen Indonesia sudah memiliki 11 outlet yang tergabung dalam diler dan beng
Kehadiran Jaecoo7 menambah daftar pesaing Honda CR-V. Sebelum meluncur di Tanah Air, mobil ini sudah lebih dulu diperkenalkan di Malaysia. Sekilas Jaecco7 terlihat seperti SUV premium pada umumnya yang diperuntukan untuk penggunaan kota-kota besar. Namun siapa sangka, dibalik tampilannya yang futuristik Jaecoo7 memiliki DNA off-road yang solid. Hal ini dibuktikan saat mobil melakukan uji coba di Malaysian 4WD Training and Experience Center (M4TREC), seperti yang dikutip dari rekan kami Wapcar Ma

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 616,80 Milyar

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Tesla Model X
Lihat